10 Lampu Emergency Bagus dan Hemat Energi

Lampu emergency ini sangat bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat ,  ketika digunakan dalam kondisi darurat seperti saat terjadinya pemadaman listrik maupun evakuasi, selain itu, lampu ini bisa digunakan untuk membantu  di berbagai kegiatan di lapangan atau outdoor, karena bentuknya yang praktis dan mudah di bawa kemana-mana.

Beberapa produsen elektronik memproduksi lampu emergency dengan berbagai bentuk dan fitur yang bervariasi dengan berbagai keunggulan seperti, baterai yang lebih  sangat tahan lama, cahaya yang lebih terang, hemat energi, atau pun disandingkan dengan adanya benda lain seperti kipas pada produknya.

Untuk itu saya dengan  artikel ini menyajikan beberapa lampu emergency bagus dan hemat energi dan  serta ulasannya, namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang hal-hal yang  penting dan  yang harus dilakukan sebelum membeli lampu emergency serta  bagaimana cara perawatannya.

Mengenal berbagai fungsi lampu emergency

Secara umumnya , untuk fungsi lampu emergency ini dibagi menjadi dua, yaitu penerangan untuk kebutuhan darurat, dan penerangan untuk kebutuhan siaga.

Penerangan darurat merupakan penerangan yang digunakan untuk keselamatan  bagi orang yang akan meninggalkan  sebuah lokasi atau mencoba untuk menghentikan proses yang memiliki potensi  yang sangat bahaya.

Penerangan darurat ini dibagi menjadi dua macam, penerangan dengan pencahayaan area yang  terbuka dan penerangan dengan pencahayaan area tugas berisiko tinggi,  penerangan ini sangat efektif dan efesien  digunakan oleh pemilik perusahaan yang memiliki bangunan gedung yang sangat  kompleks.

Sedangkan penerangan siaga merupakan sistem penerangan darurat yang disediakan untuk memungkinkan kegiatan normal akan tetap berjalan sehingga bisa berfungsi sebagai sebuah cadangan ketika penerangan utama mengalami suatu  pemadaman.

Mengenal jenis lampu emergency

Berbagai jenis lampu emergeny ditawarkan oleh produsen dengan berbagai bentuk yang menarik sesuai dengan  apa fungsinya masing-masing. Berikut ini jenis lampu emergency yang bisa kalian temukan di pasaran sebagai berikut :

1. lampu emergency senter. Lampu ini umumnya sering dipakai dan digunakan oleh sebagian masyarakat untuk hal-hal tertentu, seperti mencari sesuatu di tempat  yang gelap,  namun lampu ini kurang praktis saat digunakan dalam kondisi darurat seperti saat terjadi pemadaman pada  listrik.

2.lampu emergency headlamp. Lampu ini dipakai di kepala dengan karakter lampunya yang hanya  dengan satu arah, biasanya kita menemukan orang memakai lampu ini saat bekerja di tambang, atau saat menyusuri  sebuah goa-goa.

3. lampu emergency lentera. Lampu ini sangat baik digunakan pada  saat kondisi darurat seperti terjadi pemadaman listrik di rumah, Karena lampu ini bisa menyinari ruangan secara maksimal, sebab cahayanya bisa menjangkau ke  berbagai segala arah.

Pilih lampu emergency LED

Salah satu bagian yang sangat  penting dalam memilih lampu emergency adalah dengan mengetahui  sebuah kapasitas dan kualitas baterainya, karena baterai merupakan faktor pendukung yang bisa membantu lampu emergency bisa bertahan  akan lebih lama.

Saat ini, banyak lampu emergency yang memungkinkan bisa menyala selama berjam-jam. Lampu ini bisa kalian temukan pada lampu emergency yang menggunakan LED, karena biasanya lampu LED memiliki durasi waktu menyala yang lebih  sangat lama.

Namun kalian jangan terkecoh dengan harga murah yang di tawarkan oleh produsen. Pastikan memilih lampu emergency LED dengan kualitas yang  terbaik dari merek-merek yang sudah terbukti mutunya di berbagai  pasaran.

Perhatikan bentuk lampu emergency

Hal yang tidak kalah penting sebelum membeli  sebuah lampu emergency adalah dengan memperhatikan bentuknya,  karena bentuk lampu emergency ini sangat bervariasi, ada yang kecil dan adapula yang  lebih besar.

Lampu emergency dengan bentuk praktis bisa memudahkan kalian  dari segi penggunaan. Seperti memilih lampu emergency Double Fitting, di mana lampu ini akan menyala secara otomatis ketika lampu tiba-tiba padam, dan kalian  cukup sekali memasangnya dan tidak perlu repot untuk cas lagi.

Namun jika kalian ingin lampu emergency untuk kegiatan outdoor, maka kalian  bisa memilih lampu emergency dengan berat yang ringan dan bentuk yang minimalis agar mudah di bawa kemana-mana.

Perhatikan durasi waktunya

Lampu emergency ini sejatinya digunakan untuk keadaan darurat,  oleh karena itu sangat penting kalian  menentukan lamanya durasi pemakaian sebelum membeli lampu emergency. Karena dengan mengetahui durasi, kalian  akan lebih mudah mengatasi situasi-situasi pada  darurat.

Misalnya untuk evakuasi, minimal kalian  memiliki sistem penerangan darurat dengan kemampuan minimal 1 jam. Sedangkan jika dalam suatu bangunan tidak memiliki sistem evakuasi dengan segera mungkin, maka kalian perlu membutuhkan lampu emergency dengan kemampuan minimal 5 jam.

Cara membersihkan dan lampu emergency

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan, agar lampu emergency lebih awet dan sangat  tahan lama serta tidak mudah rusak. Berikut ini beberapa cara merawat lampu emergency yang dapat anda lakukan sendiri:

Simpanlah lampu emergency di tempat yang kering dan tentunya bersih dari macam  debu. Karena jika kita menyimpannya dengan benar, maka lampu akan lebih awet dan tetap terlihat bagus.

Hindarkan lampu emergency dari air secara langsung. Karena barang-barang elektronik, ketika terkena air maka secara otomatis akan cepat  rusak dan semakin susah untuk memperbaikinya.

Untuk lampu emergency yang isi ulangnya menggunakan tenaga listrik. Ketika baru pertama membeli sebaiknya di charger dahulu selama kurang lebih 4 jam sebelum digunakan, agar baterai lampu lebih awet dan sangat  tahan lama.

Selain itu, tidak diajuran untuk mengecas terlalu lama. Karena akan berpengaruh terhadap baterainya menjadi lebih cepat  akan habis. Karena barang elektronik yang di cas terlalu lama, akan mengalami kebocoran pada sebuah  baterainya.

Selanjutnya untuk lampu emergency LED. Jangan menggunakan lampu tersebut sampai baterai benar-benar sangat  habis. Isi ulang baterai ketika lampu mulai redup, agar ketahanan baterai tetap terjaga dan bisa lebih awet serta tidak mudah  akan rusak.

Lakukan pengisian ulang selama 5 bulan sekali, jika lampu tersebut tidak digunakan. dengan begitu kalian  sedang melakukan pemeliharaan terhadap baterai dan lampu sekaligus.

Bersihkan dengan kain halus dan sedikit air untuk mengelap bagian luar yang terkena debu atau kotoran yang menempel, sehingga lampu emergency kalian  akan tetap kelihatan bersih dan tidak menggangu sistem pencahayaan yang keluar.

10 Lampu emergency bagus dan hemat energi

Setelah kalian  mengetahui berbagai hal tentang lampu emergency serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi lampu emergency bagus dan hemat energi dari berbagai merek  sebagai berikut ini:

1. Philips TWS 200

Lampu akan menyala secara otomatis saat terjadi sebuah  pemadaman listrik

Philips merupakan salah satu produsen lampu yang terkenal di dunia, salah satu produk buatannya adalah Philips TWS 200. Lampu emergency memiliki bentuk persegi panjang dengan desainnnya yang sangat  simple.

Lampu ini memiliki kapasitas baterai 6V 4.5A dengan konsumsi daya listriknya 16 watt. Selain itu, warna cahaya putih terang akan membantu kalian  saat listrik padam dengan dilengkapi sistem otomatis on/off yang sangat praktis dan memudahkan kalian .

2. Panasonic LDR400N

Lampu emergency mata kucing

Lampu emergency dari Panasonic ini memiliki ciri khas twin spot atau mata kucing, sehingga sangat  mudah dan nyaman digunakan untuk kegiatan outdoor seperti, hiking dan berkemah. Selain itu, lampu emergency ini akan memberikan rasa aman karena kapasitas baterainya yang bisa bertahan cukup lama, 12 jam.

Lampu emergency ini juga bisa kalian  gunakan untuk kebutuhan rumah saat terjadi pemadaman listrik, karena kapasitas penerangan 2x6W LED,dengan 8 watt pada setiap lampunya akan membuat rumah kalian  tetap terang.

3. Surya SQL L2207

Lebih terang dan cerah dengan harga yang lebih terjangkau Lampu emergency Surya SQL L2207 ini dilengkapi dengan teknologi LED yang mampu menghasilkan cahaya lampu lebih terang dan cerah. Surya SQL L2207 memiliki 22 LED di dalamnya sehingga sangat efektif dan efesien  digunakan saat kondisi  yang darurat.

Lampu ini dapat menyala kurang lebih 8 jam tanpa sumber listrik. Ketika lampu mulai redup, kalian dapat charger ulang selama 7 jam dengan menggunakan kabel USB. Selain itu, Lampu ini sangat cocok digunakan untuk bepergian karena bentuknya yang sangat  kecil, ringan, dan hemat energi.

4. Kawachi 319

Menyala lebih lama dan hemat energi

Lampu emergency Kawachi 319 memiliki lampu sorot LED berjumlah 7 yang bisa bertahan lebih dari 22 jam, sedangkan lampu darurat LED berjumlah 25 yang dapat menyala lebih dari 12 jam.

Selain itu, lampu memiliki baterai 1600 mAh yang dapat diisi ulang lebih dari 500 kali, dan baterai akan penuh dengan hanya waktu 8 jam saja.

5. Surya SYT L 103

Serbaguna, tahan lama, dan sangat terang

Lampu emergency serbaguna ini bisa digunakan sebagai senter dan lampu darurat. Lampu ini memiliki kapasitas baterai 4V 900mAh, dan lampu ini hanya membutuhkan waktu 10 jam saja hingga baterai akan penuh. Lampu ini bisa di cas ulang lebih dari 500 kali sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat  lama. Lampu ini menggunakan LED 1 watt dan 10 SMD yang dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang.

6. Lightspro Kenmaster Lp 8603

Lebih praktis, lebih terang, dan hemat energi

Lampu emergency ini menggunakan lampu LED yang tahan lama, hemat energi serta menghasilkan cahaya yang sangat terang. Lampu ini memiliki 60 buah lampu LED yang tentunya tidak diragukan lagi kapasitas terangnya cahaya yang dihasilkan.

Lampu ini bisa bertahan 9 sampai 12 jam nonstop, dan jika kalian  ingin lebih menghemat baterai maka kalian  dapat melakukan pengaturan dengan menggeser ke tombol low.

7. Surya SQL L1830

Baterai lebih awet dengan kemampuan cahayanya yang lebih terang

Lampu emergency Surya SQL L1830 ini merupakan jenis lampu yang cara dengan  pengisian ulangnya sangatlah  mudah, dan lampu ini banyak diminati oleh masyarakat, karena cara perawatannya lebih mudah dan praktis saat menggunakannya.

Lampu ini memiliki kapasitas baterai yang besar dan tahan lama, yakni 4V 1500mAh, dan dapat menyala sekitar 8 jam. Untuk pengisian baterai hanya dibutuhkan 12 jam.

8. Krisbow APA

Bisa digunakan untuk lampu darurat dan kipas angin

Pada era digital saat ini, siapa yang tidak ingin memiliki barang elektronik  yang serbaguna. Seperti lampu emergency Krisbow dari brand apa  ini yang selain bisa digunakan untuk kebutuhan lampu darurat juga bisa digunakan untuk kipas angin.

Lampu emergency ini dilengkapi dengan baterai rechargeable dengan kapasitas baterai 4v1.6Ah. kalian  akan mendapat keuntungan lain dengan membeli produk ini, karena lampu ini menggunakan teknologi LED yang dapat memberikan pencahayaan tambahan, serta kipasnya yang dapat membantu menyejukkan ruangan yang panas dan pengap.

9. Lampu emergency Stick and Click Touch

Cocok digunakan untuk lemari, loteng, gudang, maupun di kendaraan

Lampu emergency yang satu ini bisa dibilang memiliki bentuk yang unik dan simple serta praktis di bawa kemanapun. Karena lampu emergency ini memiliki ukuran dimensi 6.5 L x 6.5 W x 2 H cm / 2.5 L x 2.5 W x 0.76 H inches.

Cara penempatannya juga cukup mudah, kalian  hanya perlu menempelkan lampu tersebut pada kayu, plastik, logam, kaca. Sangat praktis digunakan dan tentunya mudah di bawa kemana-mana, lebih praktis, dan aman.

10. HK-86

Lebih tahan lama dan hemat energi Lampu emergency HK-86 ini menggunkan lampu LED yang tentunya lebih  sangat awet dan tahan lama serta menghasilkan cahaya yang sangat terang. Lampu ini mudah di bawa kemana-mana dan mudah saat isi ulang baterainya.

Lampu ini memiliki kapasitas baterai 6V yang rechargeable, sehingga membuat lampu lebih tahan lama dan hemat energi. Lampu HK-86 ini dilengkapi 2 LED dengan ukuran 9mm yang dapat menyala hingga 75-90 jam, dan 8 LED yang bisa menyala secara bersamaan hingga 25-34 jam.

Kesimpulan

Sebelum kalian  membeli lampu emergency, pastikan kalian  memilih lampu dengan kualitas yang terbaik, baterai tahan lama, bentuk praktis dan sesuai dengan kebutuhan yang kalian inginkan.

Selain itu, pastikan kalian  merawat lampu emergency secara berkala sesuai dengan buku panduan yang ada pada produknya.

Jika kalian ingin lampu emergency yang lebih tahan lama, hemat energi dan praktis saat menggunakannya, kalian  bisa memilih lampu emergency HK-86.

Namun jika kalian  menginginkan lampu dengan bentuk yang minimalis dan mudah di bawa kemana-mana serta lebih aman, kalian bisa memilih lampu emergency Stick and Click Touch.

Sedangkan, jika kalian ingin lampu emergency hemat energi dengan desain yang kerendan nyaman saat digunakan untuk kegiatan outdoor, kalian  bisa memilih lampu emergency Panasonic LDR400N.

Itulah beberapa pengertian dan fungsi lampu emergency beserta rekomendasi 10 lampu emrgency yang hemat energi, semoga bermnfaat.

 

 

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like