Categories Tips & Trik Umum

4 jenis makanan terbaik untuk berbuka puasa

Pada saat ini dan tahun ini kita sedang menjalankan ibadah puasa khusus nya seluruh umat muslim yang ada di belahan dunia , kali ini saya ingin membagikan beberapa artikel 4 jenis makanan terbaik untuk berbuka puasa , Selama bulan Ramadhan, umat muslim berpuasa, dengan tidak boleh  makan dan minum apapun sejak fajar hingga matahari terbenam. Selama menjalankan ibadah puasa, tubuh menggunakan simpanan karbohidrat (disimpan di hati dan otot) dan lemak untuk menyediakan sebuah energi, setelah semua kalori dari makanan yang dikonsumsi pada malam hari habis, karena tubuh tidak dapat menyimpan air, sehingga ginjal menghemat air sebanyak mungkin dengan mengurangi jumlah urine yang keluar.
Hasil studi tentang efek puasa Ramadhan bagi kesehatan beragam, mungkin karena lamanya puasa dan kondisi cuaca yang dialami sangat berbeda-beda, tergantung pada waktu dan negara tempat berpuasa. beberapa penelitian menemukan, bahwa orang yang kelebihan berat badan atau obesitas mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh selama Ramadhan, meskipun berat badan mereka cenderung kembali setelah Ramadhan,  beberapa penelitian juga menunjukkan, efek puasa Ramadhan berpengaruh pada perbaikan kolesterol darah dan trigliserida (lemak dalam darah), dan Ada juga beberapa penelitian kecil yang menunjukkan, bahwa puasa Ramadhan mungkin memiliki efek menguntungkan jangka pendek pada sistem kekebalan tubuh. Ini tentu penting, mengingat Ramadhan saat ini masih di tengah pandemi Covid-19.
Salah satu cara mendapatkan manfaat kesehatan selama menjalankan  berpuasa adalah dengan memilih makanan yang sehat dan yang paling lebih terutama saat berbuka puasa. apalagi, biasanya setelah berpuasa seharian, orang seringkali lupa  dalam mengonsumsi makanan  yang berlebih, , ketika berbuka puasa, mulailah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. selain minum air putih, kalian  juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang kaya cairan dan mengandung gula alami untuk mengembalikan sebuah energi.

Baca Juga:  Biar Liburanmu Gak Bolong, 4 Kiat Ini Bisa Membantu

Berikut ini adalah pilihan makanan dan minuman yang baik saat berbuka puasa:

1. Minuman

Pilihan yang  terbaik saat waktu mulai berbuka puasa adalah  untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah minum air putih, karena apa  air putih memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau gula tambahan,  selain itu minuman berbahan dasar susu dan buah-buahan, seperti jus buah atau es buah juga bisa menjadi pilihan menu berbuka puasa , dengan catatan hindari tambahan pada gula, untuk mencegah asupan kalori  yang sangat berlebih.

2. Kurma

Buah kering kurma adalah menu berbuka puasa sejak pada  zaman Nabi Muhammad SAW. Kurma menyediakan gula alami untuk menambah suatu energi, serta mengandung tinggi mineral seperti kalsium ,  tembaga dan mangan, bahkan merupakan sumber serat. Selain kurma, kalian  juga bisa mencoba buah-buahan kering lainnya seperti aprikot, buah tin, kismis atau plum, yang juga mengandung serat dan secara  nutrisi.

3. Buah-buahan 

Buah-buahan segar seperti apel, pir, pepaya, atau semangka dan lain sebagainya menyediakan gula alami untuk tambahan energi, cairan, dan berbagai vitamin dan mineral. Mengonsumsi buah-buahan untuk  saat berbuka puasa, terbukti lebih sehat, ketimbang mengonsumsi makanan manis lainnya yang tinggi gula, seperti es krim atau  semacam kue-kue manis.

4. Sup

Umumnya sup dinikmati dalam kondisi  yang hangat, sehingga ‘ramah’ untuk lambung setelah berpuasa. selain itu, biasanya sup juga mengandung tinggi akan  nutrisi, karena dibuat dari bahan-bahan yang sehat, seperti kaldu ayam atau kaldu daging, kacang merah, dan sayur-sayuran,  hal lain yang perlu kalian  diperhatikan saat berbuka puasa adalah mengonsumsi gizi seimbang, bukan hanya buah dan sayuran, tapi juga karbohidrat kompleks dan berbagai sumber protein, seperti daging, ayam, ikan, telur, dan kacang-kacangan serta sejenis lainnya ,  Setelah berpuasa seharian, wajar jika ingin memanjakan diri sendiri dengan makanan –makanan yang menyamankan yang tinggi kandungan gula,  usahakan mengonsumsinya dalam porsi yang sangat  kecil.

Baca Juga:  Sunat Pada Bayi Laki-Laki Baru Lahir. Amankah?

Itulah beberapa 4 jenis makanan terbaik untuk berbuka puasa,  semoga bermanfaat . Ingatlah bahwa kalian  hanya memiliki waktu makan dan minum dengan  relatif yang  singkat untuk memenuhi kebutuhan cairan dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjadi sehat, sehingga, kualitas makanan kalian  sangat penting selama  bulan puasa Ramadhan,  akan lebih baik untuk kesehatan tubuh, jika setelah makan, kalian juga melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki agar menjaga kesimbang tubuh, selamat mencoba dan terima kasih.

 

 

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like