Categories Life Style Pengetahuan

4 Manfaat Tidur Tanpa Bantal bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Tidur tanpa bantal termasuk salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Namun tentunya banyak orang yang tidak nyaman tidur tanpa bantal. Padahal, ternyata tidur tanpa bantal cukup baik.

Tidur dengan bantal sudah menjadi kewajiban bagi banyak orang. Padahal tidak sedikit orang-orang yang tidur menggunakan bantal malah merasakan sakit punggung maupun sakit leher setelah bangun pada pagi harinya. Nah, berikut manfaat tidur tanpa bantal yang perlu kamu ketahui :

Mencegah Sakit Punggung

Tidur tanpa bantal dianggap paling menyehatkan bagi tulang belakang. Tidur tanpa bantal memungkinkan tulang punggung sepenuhnya berada pada kurva alami dari tubuh. Tidur tanpa bantal sambil telentang akan memungkinkan kamu untuk beristirahat secara alami. Saat menggunakan bantal, hal ini malah akan menarik otot-otot leher dan bahkan menurunkan aliran darah ke kepala. Hal ini menyebabkan kamu bangun pagi hari badan bukannya makin segar, malah kepala yang terasa pusing atau sakit kepala.

Terlihat Awet Muda

Daripada tidur meringkuk, kamu lebih baik tidur telentang tanpa bantal. Hal ini akan mengurangi keriput di wajah.  Saat wajahmu menempel pada bantal, kulit wajahmu tidak bisa berkeringat dan bernapas. Debu serta kotoran pada bantal juga akan mudah masuk ke dalam pori-pori wajah, sehingga dapat menyebabkan jerawat. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang sering lupa mengganti sarung bantal. Sehingga tanpa disadari telah banyak kuman dan bakteri yang menempel di permukaan bantal yang membuat kulit menjadi tidak sehat.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur dengan bantal yang besar cenderung lebih sering membuat seseorang terbangun dan mendapatkan kualitas tidur yang buruk. Dengan menyingkirkan bantal dan membiarkan sisa tubuh secara alami, kualitas tidur biasanya membaik.

Baca Juga:  12 Tips cara membuat mobil matic irit BBM

Tidur tanpa bantal dianggap membuat seseorang tidur lebih nyenyak dan rileks tanpa beban. Keadaan ini akan menghindarkan kamu dari terbangun di tengah malam, mimpi buruk, insomnia, dan pegal-pegal ketika bangun tidur. Tubuh akan lebih segar dan fit ketika bangun pada pagi hari.

Mencegah Sakit Leher

Daripada menggunakan bantalan panas untuk mengatasi nyeri leher, coba tidur tanpa bantal. Nyeri pada leher ketika bangun tidur biasanya disebabkan oleh posisi tidur yang salah akibat menggunakan bantal. Cobalah membiasakan diri untuk tidur tanpa bantal. Ini akan membuat tubuh dan tulangmu berada pada posisi optimal sehingga mencegah rasa sakit pada leher. Bila belum terbiasa kamu bisa mengurangi ketinggian bantal dari hari ke hari sesuai dengan kenyamanan.

"Kecil Terbina, Remaja Terjaga, Muda Berkarya, Keluarga Bahagia, Tua Bersahaja"

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like