Categories Review Umum

5 Jenis-Jenis Mesin Mobil, Deskripsi, dan Fungsinya

Mobil menjadi sebuah  kendaraan yang banyak dipakai oleh  sebagian masyarakat pada umum nya dan orang-orang masa kini, kalian  harus tahu bahwa mobil terdiri atas beberapa berbagai macam komponen bodi dan mesin. Khususnya bagian mesin, kalian  harus mengetahuinya dengan secara  baik dan benar , apalagi jenis-jenis mesin mobil cukup banyak dan bervariasi.

dengan mengetahui apa saja jenis mesin mobil, maka jika kalian  bisa jauh lebih memahami karakteristik mobilmu. Misalnya, jika terjadi sesuatu yang  sangat kurang menyenangkan pada bagian mesin mobil, maka kalian  bisa mencari tahu bagaimana solusi terbaik untuk hal mengurusnya.

Apa Itu Mesin Mobil

Sebelum kalian  cari tahu tentang apa saja jenis-jenis mesin mobil, maka sebaiknya temukan dulu apa itu mesin mobil. tahukah kalian bahwa mesin mobil merupakan sistem kerja yang terdapat di dalam berbagai  komponen kendaraan tersebut dan dipakai untuk menggerakkannya.

Mesin mobil juga bukan merupakan satu benda utuh saja, melainkan juga terdiri atas beberapa hal bagian. Misalnya, kepala silinder, piston, blok silinder, poros engkol, turbocharger dan transmisi dan lain sebagai nya ,  Kalian harus mengetahuinya dengan baik, khususnya jika memiliki  sebuah kendaraan berupa mobil.

barulah setelah kalian mengetahui dan memahami tentang komponen pada  mesin mobil, maka selanjutnya bisa langsung mencari tahu tentang apa saja jenis-jenisnya. Kalian  harus mencermatinya dengan baik dan benar  sehingga tidak  akan keliru.

Apa Saja Jenis-Jenis Mesin Mobil

Ada begitu  macam banyak jenis mesin mobil yang perlu kalian ketahui. Jenis-jenis tersebut tentunya tidak terlepas dari adanya suatu  perkembangan desain sekaligus model dari kendaraan roda empat tersebut. Jadi, antara mobil dengan mesinnya mempunyai hubungan satu dengan lainnya di antara nya :

1. Mesin Mobil Secara Umum 

Secara umum, mesin mobil dapat dikategorikan menjadi dua bagian  yaitu internal combustion engine dan external combustion engine. Bagi kalian  yang suka dengan dunia otomotif maupun kerap singgah ke salon mobil, pastinya tahu apa saja jenis mesin mobil pada umumnya.

-Internal Combustion Engine 

Jenis mesin mobil ini jauh akan lebih dikenal dengan sebutan ICE. mesin ini mempunyai proses pembakaran bahan bakar pada bagian sebuah mesin,  saat proses pembakaran berlangsung, maka di dalamnya akan meningkatkan  sebuah suhu mesin, tekanan sampai mengaktifkan piston, rotor dan nozzle dan sejenis lain nya.

– External Combustion Engine

Selain ICE, mesin mobil juga ada yang bernama external combustion engine. pada mesin ini pembakaran bakar terjadi di luar mesin. nantinya, terlihat begitu mirip dengan teknis yang terjadi pada mesin  pada uap. kemudian, panas yang dihaslkan akan berubah menjadi uap atau air sebelum menghasilkan suatu  tekanan.

2. Mesin Mobil ICE dari Jumlah Stroke 

Di dalam internal combustion engine terdapat beberapa macam  spesifikasi. salah satunya berdasarkan jumlah stroke. apabila dilihat dari besaran jumlah stoke, maka jenis-jenis mesin mobil tersebut diantaranya adalah:

– Dua Stroke

Salah satu dari jenis-jenis bagian  mesin mobil ini mempunyai penggerak dua stroke. nantinya jenis mesin ini akan menggunakan satu piston guna menghasilkan dua siklus ayunan yang terdapat di dalamnya. ayunan ini bisa bergerak ke atas maupun ke bawah untuk menyelesaikan satu  buah putaran crankshaft.

-Empat Stroke

Ini adalah tipe lanjutan yang kerap dan selalu  dipakai untuk berbagai kendaraan seperti truk, sepeda motor maupun mobil berjenis pickup. Jika dilihat secara hal teknis, sebetulnya mesin ini begitu mirip dengan mesin 2 tak. hanya saja pada mesin ini piston dapat bergerak dua kali secara akan  naik turun.

-Enam Stroke

Terakhir, ada mesin ICE enam stroke. banyak yang mengklaim bahwa mesin ini jauh akan lebih unggul dan kompeten dibandingkan dengan sejumlah mesin motor dengan  konvensional lainnya. tentunya karena mesin ini sangat mampu menghemat bahan bakar yang akan  dipakai.

3. Mesin Mobil dari Desain

Bukan hanya dapat dikategorikan berdasarkan stroke saja, akan tetapi mesin mobil juga dapat diklasifikasikan berdasarkan secara  desain. desain yang beragam akan dapat  mempengaruhi fungsi maupun efisiensi  pada mesin, beberapa jenis mesin mobil yang dapat dilihat dari desain, diantaranya:

– Reciproating

Jenis mesin mobil ini mempunyai lebih dari satu piston. tujuannya adalah untuk melakukan konversi tekanan menjadi gerakan rotasi yang jauh akan  lebih baik lagi. piston yang naik turun kemudian akan dikonversikan menjadi gerakan  yang memutar.

– Wankel

Berikutnya, wankel. Desain mesin mobil ini sebetulnya jauh lebih sangat  familiar dengan dunia roda dua bukannya roda empat ke atas,  apabila kalian  lihat secara teknis, maka mesin ini cenderung menerapkan sistem rotasi yang sangat eksentrik dan jauh  akan lebih halus untuk sisi penggunaannya.

4. Mesin Mobil Diesel 

Ada beberapa dengan  kategori  pada mesin mobil yang dilihat berdasarkan diesel,  pastinya tipe ini berbeda dari tipe diesel pada umumnya karena memang jauh lebih sering dipakai sebagai mobil niaga seperti SUV. Pastinya performa mesin jauh lebih sangat  optimal lagi. Beberapa mesin mobil diesel, diantaranya:

-Indirect Injection Diesel

Mesin yang kerap disebut sebagai IDI ini begitu banyak digunakan untuk mobil niaga yang memiliki ukuran  yang sedang, truk kecil maupun SUV. Kapasitas mesin diesel ini sebetulnya cukup rendah yakni hanya 3000 cc saja. sementara itu, ruang untuk bahan bakar terdapat dua buah saja.

-Direct Injection Diesel

Salah satu dari sekian banyak jenis-jenis  pada mesin mobil ini mempunyai desain yang jauh lebih praktis dibandingkan dengan indirect injection diesel, pada bagian dalam mesin terdapat pipa piston, tepatnya di cekungan. tentunya tenaga yang dihasilkan dari DID lebih bagus dibandingkan IDI.

-Common Rail Direct Injection

Mesin mobil yang kerap disebut sebagai CRDI merupakan jenis mesin terbaru pada dunia otomotif saat ini. wajar saja jika banyak orang belum mengetahuinya secara  dengan baik. biasanya CRDI kerap digunakan pada jenis mobil SUV edisi terbaru. adapun teknologi yang ditawarkan berbasis komputer yang  canggih.

5. Mesin Mobil dari Susunan Silinder 

Terakhir, mesin mobil dapat dikategorikan berdasarkan susunan sebuah  silindernya. beberapa mesin mobil yang bisa kalian  lihat dari susunan silinder adalah mesin inline, mesin V dan mesin W. Bagi kalian  yang familiar dengan dunia otomotif roda empat, pasti sangat familiar dengan ini.

-Mesin Inline

Mesin inline mempunyai bentuk  dengan susunan silinder yang telah diatur di dalam satu barisan lurus berderet pada bagian sisi cranksaft. Varian mesin inline yang paling sangat  populer adalah tipe empat line. Varian ini begitu unggul dari segi bahan bakar yang hemat, namun tetap mampu menghasilkan tenaga yang  super besar.

-Mesin V

Selanjutnya, mesin V. Ini merupakan  sebuah jenis mesin dengan bentuk yang cukup unik sekaligus mampu mengurangi beban pada bagian berat dan panjag mesin. biasanya mesin ini diletakkan pada bagian bidang yang  sangat terpisah. Jika dibandingkan dengan mesin inline, maka mesin V jauh lebih sangat  minimalis bentuknya.

– Mesin W

Terakhir, mesin W. Tahukah kalian  bahwa mesin yang muncul sejak tahun 1909 ini mempunyai bentuk silinder persis huruf W. Setidaknya ada tiga konfigurasi yang umum dipakai pada mesin W yaitu 3 cyl, 4 cyl dan 2 cyl. Pada zaman  yang dahulu, mesin W kerap dipakai untuk mesin  pada sebuah pesawat rakitan.

Ada begitu banyak jenis-jenis mesin mobil  yang perlu kalian  ketahui dan kalian  harus memahaminya dengan baik dan benar ,  sehingga nantinya jika terjadi sesuatu dengan mobil kalian , maka bisa langsung memperbaikinya dan sudah mengerti untuk fungsi mesin mobil kalian , semoga bermanfaat bagi kalian semua nya.

 

 

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like