Categories Pengetahuan Umum

5 Jenis Pisang yang Baik untuk Bayi

Buah pisang  merupakan sumber vitamin yang sangat penting untuk balta atau bayi. banyaknya kandungan pada buah-buahan memiliki manfaat yang  sangat berbeda untuk kesehatan sang Buah hati, memasuki usia 6 bulan, si Kecil sudah mulai mengenal menu makanan lain selain ASI atau MPASI. biasanya sangat membingungkan memilih jenis makanan apa yang cocok dan kaya akan  berbagai manfaat.

Jangan bingung, kalian bisa memberikan buah  pisang sebagai salah satu makanan pendamping ASI untuknya,  sebab dalam pisang terkandung banyak serat dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh kalian , tidak hanya itu, dalam pisang terdapat banyak kandungan vitamin nya , diantaranya kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, protein, dan sedikit lemak, tetapi ingat ya, tidak semua jenis pisang cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas. mungkin masih banyak sebagian orangtua, khususnya yang baru saja menjadi,  belum mengetahui pisang apa saja yang cocok dikonsumsi bayinya.

 Ada beberapa 5 jenis pisang yang baik dikonsumsi bayi 6 bulan sebagai berikut :

1. Pisang ambon dengan tekstur lembutnya

Jenis pisang  yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga, bukan,  tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang  yang dewasa, bayi 6 bulan ke atas pun sudah bisa mencernanya dan mekan nya, memiliki tekstur yang lembut, kalian  bisa langsung memberikan pada si Kecil dengan mengerok bagian daging buahnya, kandungan kalsium pada pisang ambon juga baik untuk proses metabolisme  pada bayi, selain itu, jenis pisang ini juga memiliki manfaat lain seperti menambah sumber energi karena mengandung kalori yang sangat  tinggi, serta membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik karena kandungan serat di dalamnya.

2. Pisang emas yang baik untuk pencernaan si Kecil

Tau nggak sih,kalian  Pisang emas memiliki kandungan vitamin, mineral, dan karbohidrat yang cocok digunakan sebagai MPASI. Bayi yang berusia  6 bulan ke atas sangat cocok dan baik mengonsumsi ini karena pisang emas bagus untuk  sebuah pencernaannya, selain itu, pisang emang juga memiliki ukuran yang kecil serta rasa yang sangat manis. hal ini bisa membantu kalian serta bayi mengenal jenis rasa lewat lidahnya, serta memperkuat tulang bayi juga.

3. Pisang susu cocok untuk melatih si Kecil mengunyah

Sama dengan pisang emas, pisang susu juga memiliki kandungan mineral, vitamin, karbohidrat, serta serat. Pisang jenis ini cocok dikonsumsi bayi  dengan usia 6 bulan ke atas karena tekstur yang sangat lembut serta ukurannya yang  sangat kecil., sangat cocok untuk melatih bayi dalam mengunyah, sebab pisang susu sangat mudah sekali dicerna oleh bayi yang belum memiliki gigi. Jenis pisang ini juga bermanfaat untuk membantu pencernaan, melancarkan metabolisme, sebagai sumber energi karena mengandung karbohidrat, serta membantu tumbuh kembang buah hati karena kandungan mineral, vitamin, dan serat yang terkandung di dalam sebuah  pisang susu.

4. Pisang kepok untuk memperkuat sistem imun

Jenis lainnya, ada pisang kepok. pasti kalian  juga sudah tak asing dengan jenis pisang satu ini dong. meskipun pisang jenis ini agak sedikit keras saat dipegang, tetapi tekstur dagingnya lembut untuk dikonsumsi untuk  bayi.

Jika biasanya orang dewasa mengonsumsi jenis pisang ini dengan cara menggoreng atau merebusnya, kalian bisa memberikan pada si Kecil dengan menghaluskannya atau merebusnya terlebih dahulu, penting untuk diketahui juga bahwa pisang kepok sangat baik untuk memperkuat sistem pada  imun tubuh. Cocok sekali untuk bayi, bukan?

5. Pisang cavendish, pisang impor yang kaya akan manfaat

Pisang cavendish merupakan salah satu jenis buah yang paling populer di dunia saat ini . metode yang digunakan untuk membudidayakan pisang ini adalah dengan kultur jaringan yang bebas dari penyakit tanaman seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum serta layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense, kebanyakan masyarakat Indonesia menyebut pisang ini sebagai jenis pisang yang  impor, hal ini karena kulitnya yang mulus, cerah, rasanya manis, serta enak saat kalian memkannya , Pisang cavendish merupakan jenis pisang yang sangat tepat  dan dapat dikonsumsi oleh usia 6 bulan ke atas. meskipun harganya cukup mahal, tetapi khasiatnya dapat dirasakan bagi bayi.

Itulah 5 jenis pisang yang baik dikonsumsi bayi 6 bulan ke atas. Pisang memang sering dijadikan salah satu buah untuk MPASI, namun perlu memperhatikan ya jenis pisang apa yang akan diberikan padanyam , semoga bermanfaat.

Semoga bermanfaat dan si Kecil menyukai pisang yang Mama berikan!

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like