Categories Masakan

5 Makanan Berbahan Daging Sapi dan Kambing Cocok Dimasak Saat Idul Adha

Memperingati hari raya idul adha diawali dengan sholat ied dan dilanjutkan dengan memotong hewan qurban. Hewan qurban sendiri kebanyakan adalah sapi dan kambing karena menjadi favorit masyarakat indonesia untuk dimasak.

Memasak daging dari sapi dan kambing memang banyak sekali pilihannya. Namun, berikut 5 makanan favorit yang cocok dimasak saat Hari Raya Idul Adha :

1. Gulai

Gulai merupakan makanan favorit yang dimasak saat Idul Adha. Gulai adalah makanan berbahan dasar daging sapi atau kambing yang kaya akan rempah-rempah bercita rasa tinggi. Rempah – rempah yang digunakan seperti kunyit, lada, ketumbar, bawang merah dan putih, pala, serai, jinten, dan kayu manis yang dihaluskan, dicampur dan dimasak dalam santan. Ciri khas gulai adalah berwarna kuning hasil dari sari kunyit yang diolah maka disebut pula kari indonesia.

2. Rendang

Masakan khas Sumatera Barat ini yang paling populer dimasak saat Hari Raya Idul Adha. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak rempah – rempah khas minangkabau dan daging yang dipanaskan berulang-ulang menggunakan santan sampai kuahnya kering sama sekali. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat.

3. Tongseng

Tongseng hampir sama seperti gulai, berbahan dasar dari daging sapi atau kambing dengan kuah yang kaya akan rempah-rempah. Hanya saja, tongseng tak ditambahkan santan seperti gulai.

Selain itu kuah tongseng lebih kenta karena dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Tongseng dimasak lebih nikmat jika ditambah dengan kol, tomat dan lada.

4. Sate

Sate merupakan makanan yang paling mudah dibuat saat hari raya Idul Adha. Sate biasanya alternatif jika bosan memasak daging berkuah santan. Sate dimasak dengan berbagai macam bumbu yang sesuai resep sate. Biasanya sate diberi saus. Saus ini bisa berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau yang lainnya, biasanya disertai acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit. Sate biasa dimakan dengan nasi hangat atau lontong atau ketupat.

Baca Juga:  5 Makanan Bagi Anda yang Sering Merasa Lelah dan Ingin Kembali Bugar

5. Sop Kambing

Sop Kambing adalah masakan daging kambing yang banyak dimasak saat Idul Adha. Tradisinya, sop kambing bersama dengan sate kambing dan gulai, lazim dimasak rakyat Indonesia ketika Hari Raya Idul Adha. Sop ini disajikan dengan kaldu yang gurih dan diperkaya dengan bumbu rempah. Belum lagi tomat, seledri, daun bawang, jahe, kemiri dan daun jeruk, menambah kenikmatannya. Pada umumnya sup kambing menggunakan daging kambing, termasuk daging bagian iganya

Nah, demikian tadi lima makanan favorit yang biasa dimasak di rumah saat hari raya Idul Adha. Silahkan mencoba.

"Kecil Terbina, Remaja Terjaga, Muda Berkarya, Keluarga Bahagia, Tua Bersahaja"

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like