Lari Pagi
Lari Pagi

Hai pembaca Barisan Depan, semoga selalu dalam keadaan sehat yah. Nah pagi hari adalah waktu dimana kita pastinya akan memulai segala rutinitas dan aktivitas kita yah pastinya. Nah tetapi, karena saking sibuk atau padatnya rutinitas kita setiap hari membuat kita seakan lupa untuk melakukan, yaitu berolahraga, terutama untuk lari pagi.

Karena sekalipun banyaknya rutinitas yang kalian lakukan, menjaga kesehatan tubuh itu juga sangat penting lho. Salah satunya dengan berolahraga, karena dengan menyisihkan waktu untuk berolahraga, senantiasa tubuh dan badan kita akan selalu terasa segar. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah dengan lari pagi. Karena banyak sekali manfaat dari lari pagi yang sayang banget buat kalian lewatkan.

Nah berikut merupakan 5 manfaat rutin lari pagi untuk kesehatan tubuh seperti yang dikutip dari Rexona berikut ini.

1. Membantu Kesehatan Jantung

Manfaat pertama dari lari pagi adalah bisa membantu menjaga kesehatan jantung nih teman-teman. Jadi semakin cepat kita lari maka akan semakin banyak oksigen yang dibutuhkan tubuh kita lho. Karena itulah akan membuat jantung akan memompa darah agar bisa mengalirkan darah tersebut yang memiliki kandungan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh kita lho.

Nah apabila kalian lari pagi serutin mungkin, pastinya juga akan membuat jantung jadi lebih kuat lho. Dan juga yang paling penting adalah kamu paling tidak bisa terhindar dari berbagai penyakit jantung seperti stroke, kanker, maupun penyakit yang bisa menyerang sistem kardiovaskuler juga lho.

2. Menyehatakan Saluran Pernafasan Tubuh

Manfaat lainnya dari berolahraga lari di pagi hari adalah bisa menyehatkan saluran pernafasan tubuh yang kita miliki lho. Karena pada saat kita berlari kapasitas paru-paru akan membesar dan juga otot pernafasan akan menjadi lebih kuat lho. Dan juga dengan kita rutin lari pagi juga akan mengurangi resiko terkena penyakit yang berkaitan dengan pernafasan seperti asma, bronkitis, paru, maupun penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Baca Juga:  Kenali 5 Tanda Bahwa Kamu Sudah Berlebihan Berolahraga

3. Meningkatkan Energi Tubuh

Nah untuk yang satu ini pastinya akan kalian rasakan juga lho. Karena dengan rajin dan rutin lari pagi bisa membuat energi yang ada ditubuh kita bisa bertambah lho. Karena dengan aktivitas fisik seperti berolahraga, terutama berlari di pagi hari membuat jantung dan paru-paru kita akan bekerja maksimal dan mengeluarkan energi maksimalnya. Nah pasokanm energi yang kita keluarkan inilah yang nantinya akan mendukung segala kegiatan dan aktivitas kita sehari-hari dan selalu bersemangat gak ada rasa lemas atau loyo tentunya.

4. Menguatkan Tulang Dan Sistem Kekebalan Tubuh Kita

Banyak yang gak menyadari tentang hal yang satu tapi pada faktanya, dengan berolahrga bisa membuat otot tulang kita akan kuat lho. Selain itu juga sistem kekebalan yang ada ditubuh kita juga akan semakin kuat dan paling tidak bisa mengurangi resiko terkena beberapa penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan imun kita. Apalagi dijaman pandemi Covid-19 seperti sekarang yang rawan dengan virus yang bisa menyerang sistem imun kita, berlari dipagi hari sebelum beraktivitas adalah salah satu kegiatan yang wajib kalian coba nih.

5. Membantu Mengurangi Stress

Nah yang terakhir ini banyak yang gak disadari oleh semua orang lho. Karena dengan kita berolahraga di pagi hari bisa mengurangi dampak stress karena rutinitas kita sehari-hari lho. Karena pada saat kita berlari tersebut, tubuh akan melepaskan endofrin yang bisa membuat kalian jadi lebih rileks dan gak terlalu stress. Dan bisa dibilang jadi salah satu obat mujarab sebelum kalian menghadapi kerasnya dan heaticnya rutinitas kalian sehari-hari nih.

Nah jadi itulah 5 manfaat rutin berolahraga lari pagi yang perlu kalian ketahui dan kalian bisa coba sebelum memulai aktivitas kalian. Jangan lupa untuk selalu membiasakan bangun dipagi hari serta sediakan waktu untuk berolahraga minimal dipagi hari sebelum menjalani rutinitas kalian yah.

Baca Juga:  Bahaya, Ini 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Usai Berolahraga