Categories Tips & Trik Umum

6 tahap pembuatan sepatu kulit

Sepatu kulit adalah sepatu yang sudah dikenal sejak sekian  lama sebagai alas kaki yang tidak hanya mempunyai bahan yang sangat  kuat, tetapi juga memiliki nilai dengan  fashion tersendiri, sepatu kulit adalah sepatu yang sudah  dibuat dari kulit hewan dan sepatu dengan  jenis ini sudah digunakan sejak manusia pertama kali bisa memanfaatkan dari  kulit hewan. sehingga dengan demikian, sepatu ini mempunyai nilai  yang sangat penting dalam perjalanan peradaban dan teknik pembuatan sepatu ini menjadi hal yang hal penting,  pada perkembangannya, sepatu kulit mempunyai banyak berbagai ragam dan kegunaan mulai dari untuk saat  berolahraga, bekerja, sekolah, dan acara santai lain sebagainya , pasti penasaran bagaimana proses pembuatan sepatu kulit ini.

Berikut ini adalah beberapa poin-poin bagaimana para pengrajin sepatu, tepatnya pengrajin sepatu kulit, membuat sepatu kulit secara  dengan bertahap antara lain:

1. Hal yang harus  dapat dilakukan pertama kali adalah memilih jenis kulit yang cocok bagi sepatu yang akan dibuat, setiap kulit hewan tentu mempunyai sifat yang sangat berbeda-beda sehingga kita harus benar-benar  dapat memilihnya dengan baik dan melalui riset secukupnya, kenyataannya, tidak semua jenis kulit dapat dengan cocok dibuat untuk sepatu. Selain ketahanannya  yang sangat  berbeda, proses pengerjaannya pun akan sangat berbeda.

2 . Berikutnya, pengrajin sepatu kulit akan membuat pola dengan model   sepatu,  menggambar pola sepatu ini tentu berbeda dengan menggambar sepatu, karena memerlukan akurasi terutama dalam hal  dengan ukuran-ukurannya, dan kemudian membayangkan bentuknya nantinya akan seperti apa saat sudah dipotong dan akan  dilem.

3.  Pola yang telah dibuat tersebut kemudian ditempelkan oleh pengrajin sepatu kulit pada kulit hewan yang telah atau  dipilih,  setelah itu, pengrajin sepatu kulit menggambari kulit tersebut sesuai dengan pola yang telah dibuat sebelum kemudian dipotong berdasarkan  dengan gambar nya.

4.  Proses berikutnya ialah  penjahitan kulit yang ditambahi dengan bahan kain empuk atau spons agar sepatu nantinya nyaman digunakan dan tidak teralu  keras.

5.  Langkah kelima, adalah pemasangan sol sepatu dan bagian atas yang sebelumnya sudah dijahit, pada bagian ini, pengrajin sepatu kulit harus ekstra hati-hati karena dengan  perbedaan sedikit saja akan menimbulkan hasil yang tidak rapi.

6. Terakhir, adalah proses dengan  finishing seperti misalnya memasangkan tali sepatu atau membersihkan sisa-sisa lem yang menempel pada sebuah sepatu, pada dasarnya, pembuatan sepatu kulit ini tidak banyak berbeda dengan pembuatan sepatu jenis lainnya,  hal yang membedakannya adalah pada proses pembuatan sepatu kulit, ada tahapan meriset kulit mana yang cocok digunakan untuk pembuatan sepatu, pastikan bahwa kulit yang digunakan adalah kulit yang asli dan bukan imitasi,  Kulit asli biasanya memiliki sejumlah kelebihan antara lain anti air, ramah lingkungan, dan sangat  mudah dibersihkan.

Demikian lah artikel untuk  mengenai pembuatan sepatu kulit ini,  penting kiranya bagi para pembeli sepatu kulit untuk memilih sepatu kulit yang bermutu yang dibuat oleh para pengrajin sepatu kulit yang sangat  berpengalaman ,selebihnya, kita tinggal tampil gaya dengan sepatu kulit yang cocok digunakan di berbagai setiap  aktivitas, semoga bermanfaat.

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like