Categories Tips & Trik Umum

7 cara mudah mengusir tikus di rumah

Kehadiran tikus di dalam rumah kalian  selain mengganggu juga sangat menjijikkan,  hewan pengerat ini pun kerap menggerogoti  pada perabotan rumah  sehingga menjadi rusak.
Parahnya lagi, tikus yangsering  berseliweran biasanya meninggalkan kotorannya di dalam rumah yang dapat mengundang  bau dan penyakit, kalian  seringkali memilih bahan kimia seperti racun untuk membunuh atau mengusir pada  tikus,  namun dalam banyak kasus, tikus yang memakan racun akan mati di tempat yang sulit dijangkau dan menjadi bau  bangkai, dengan menggunakan bahan kimia atau obat tikus, ada cara alternatif lain dengan menggunakan bahan yang  alami, bahan alami ini diklaim ampuh mengusir tikus ketimbang bahan kimia yang lain nya.

Ada berbagai cara mudah untuk mengusir tikus dengan mudah sebagai berikut :

1. Minyak esensial peppermint

Tikus disebut memiliki penciuman yang sangat  tajam dan tidak menyukai  pada aroma wangi yang kuat, bagi manusia aroma peppermint sangat  menyegarkan, tapi berbeda bagi penciuman pada  tikus, bau peppermint yang kuat dan menyengat sangat tidak disukai oleh tikus, cara mengusir tikus dengan peppermint sebagai berikut,
Siapkan kapas dan basahi dengan minyak pada  peppermint
Letakkan bola kapas dalam jumlah  yang banyak di jalur yang sering dilewati oleh tikus
kalian bisa membeli daun mint atau tanaman mint untuk ditaruh di dekat pintu masuk, pintu dapur, atau area bercelah lainnya.

2. Cengkih

Selain peppermint, kalian juga bisa menggunakan pada minyak esensial cengkih atau cengkih utuh yang juga memiliki aroma bau yang sangat  menyengat.
lakukan cara yang sama seperti peppermint untuk membasmi pada  tikus.

3. Cuka apel

Campurkan pada  cuka apel dan air ke dalam botol semprot lalu Semprotkan area sembunyi dan yang sering dilewati oleh tikus, semprot sesering mungkin hingga tikus merasa tidak nyaman dan keluar dari  dalam rumah.

4. Sabut besi cuci piring

Steel wool atau sabut besi ini biasanya digunakan sebagai alat untuk cuci piring pengganti pada sebuah spon, tikus dikenal gemar  dan suka mengunyah namun tidak bisa mengunyah gulungan besi itu, sehingga dapat menghambat aksesnya masuk ke dalam rumah,beli sabut besi steel wool dalam jumlah yang sangat  cukup, lalu potong menjadi beberapa bagian dan tutup celah-celah yang mungkin dilalui oleh  tikus.

5. Bersihkan sisa makanan di dapur

Tikus sangat senang pada tempat yang tidak bersih dan banyak sisa makanan untuk  di dapur, agar tidak mengundang mereka datang, cobalah untuk selalu membereskan semua sisa makanan dari dapur rumah kalian , Cuci semua sisa piring kotor, serta sapu dan pel dapur sebelum kalian  tidur, masukkan sisa makanan ke dalam kotak lalu simpan dalam lemari pada pendingin, selain itu  buang sampah setiap hari di luar rumah dan tutup rapat tempat sampah yang ada di dapur kalian  supaya tidak digigit oleh  tikus.

6. Pasang perangkap tikus

Cara tercepat menangkap tikus yang bersarang di rumah adalah memasang perangkap atau jebakan pada tikus, perangkap tikus dari kawat yang berupa kandang ataupun lem cukup ampuh menargetkan sebuah  tikus, tips agar tikus cepat tertangkap yakni menggunakan umpan kesukaan tikus, seperti buah, cokelat, daging ayam, ikan,  kemudian letakkan perangkap di tempatnya berlalu lalang dan tunggu sampai  pada keesokan harinya.
Pasang beberapa jebakan sekaligus jika memang  sangat diperlukan.

7. Pelihara kucing

Kucing merupakan musuh alami tikus dan bisa menjadi solusi bagaimana  cara mengusir tikus di rumah, Kucing merupakan predator bagi tikus, kalian  bisa memelihara kucing jenis apa pun, namun akan lebih baik jika memilih ras atau breed yang punya dorongan berburu.
Namun, penting pula selalu membersihkan sisa pada makanan kucing yang tumpah agar tidak mengundang tikus dan serangga masuk ke rumah kalian.

semoga bermanfaat uraian dan tips diatasa bagaimana cara mengusir tikus di rumah kalian, selamat mencoba , terima kasih.

 

 

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like