Categories Life Style Tips & Trik

8 Tips memiliki keluarga bahagia

Pada artikel kali ini kita ingin memberikan 8 tips Memiliki keluarga bahagia bersama suami tentu menjadi dambaan semua orang. Keluarga bahagia adalah keluarga yang selalu rukun, harmonis, saling menyayangi, saling melindungi, dan sering menghabiskan waktu bersama atau quality time bersama keluarga tercinta.memiliki keluarga yang bahagia pasti membuat hati kita nyaman, berlama-lama berada di rumah,  berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya dan nyaman beraktivitas sehari-hari. memiliki keluarga harmonis juga bermanfaat untuk perkembangan anak,  dengan situasi saat  di rumah  pasti tidak mudah terjerumus kedalam aktivitas atau pergaulan negatif, membentuk keluarga kecil  dan bahagia membutuhkan usaha dari semua anggota keluarga. masing-masing harus berusaha dan berkomitmen untuk menjaga hubungan agar kita  selalu hangat dan selalu berpikir positif.

Ciri-ciri keluarga bahagia bukan hanya tampak pada sisi kondisi psikis berupa kebahagiaan batin saja, tapi juga tercermin dari sehat  jasmani dan rohani  yang baik, bagaimana rahasianya agar memiliki keluarga bahagia,simak artikel yang saya tulis  sebagai berikut:

1. Seringlah makan malam bersama keluarga

Mungkin kalau kita  dengar memang sepele, tapi jangan pernah  meremehkan  untuk manfaat makan malam bersama keluarga. anak yang sering makan malam bersama keluarga diketahui memiliki keterampilan dalam bersosial yang lebih baik. anak  menjadi lebih mudah tumbuh menjadi pribadi yang sangat  sopan apabila sedang  berbicara dengan orang yang lebih tua.

2. Bicara dengan nada lembut

Jangan biasakan berbicara dengan nada tinggi, apalagi sampai kamu berteriak-teriak. turunkan  tempo nada bicara kamu, sekalipun ketika kamu atau  sedang kesal, jangan sampai kehilangan kendali dan berteriak. Itu hanya menunjukkan bahwa keluarga tidak damai.bertutur kata dengan lemah dan lembut adalah cerminan bahwa kamu mampu mengendalikan diri meski sedang marah.

3. Jangan bekerja terlalu banyak

Memang tidak dapat kamu pungkiri anda saat bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga, termasuk anak. namun menghabiskan waktu untuk bekerja tanpa punya waktu bersama keluarga justru tidak bagus untuk dampaknya, meski kamu  sibuk bekerja, berusahalah untuk menyeimbangkan waktu bersama keluarga tercinta.

4. Saling terbuka dan komunikasi

Ciri-ciri punya keluarga bahagia adalah saling terbuka dan komunikasi , semua orang  bebas berkomunikasi tentang apa saja tanpa ada yang mereka tutup-tutupi. rasa nyaman saat kamu berbicara ini timbul karena kepercayaan diri ,percaya bahwa dengan bercerita ke keluarga, maka akan ada pihak yang membela, menguatkan, tanpa menyudutkan.dan  keluarga bahagia, semua bebas berkomunikasi tanpa mengkhawatirkan apapun, tidak ada batasan waktu  yang membuat takut atau ragu.

5. Saling mendukung untuk kebaikan

Cara memiliki keluarga bahagia berikutnya ialah saling mendukung. Apapun rencana yang akan dilaksanakan, sepanjang itu bernilai positif, pasti akan didukung sepenuhnya.

Dukungan ini bukan hanya berupa kata-kata penyemangat semata, tapi juga berupa pemenuhan kebutuhan agar cita-cita itu bisa tercapai. Misalnya, apabila anak berencana untuk mengikuti les berenang, Mom dan suami mendukung sepenuhnya, dengan cara mencarikan tempat les renang yang bagus, membelikan perlengkapan renang, atau mendampingi anak ketika les berlangsung

6. Kurangi waktu bermain gadget

Tidak dipungkiri, gadget memang sudah menjadi kebutuhan di zaman sekarang. Namun gunakanlah seperlunya saja, jangan sampai ketergantungan.

Terlalu fokus dengan gadget membuat komunikasi verbal secara langsung jadi berkurang. Padahal, salah satu kunci keluarga kecil bahagia adalah komunikasi dan keterbukaan, bahkan dalam hal yang sulit sekalipun.

Mom perlu membuat batasan bagi anggota keluarga agar mereka bersedia mengurangi intensitas penggunaan gadget ketika sudah di rumah. Alih-alih sibuk dengan ponsel, bukankah lebih seru melakukan hobi bersama keluarga?

7. Sering habiskan waktu bersama keluarga

Apabila kamu sudah punya anak,  sangatlah penting untuk menjadwalkan waktu khusus agar dapat bermain bersama anak, lengkap dengan suami tak harus berkunjung ke taman rekreasi atau tempat wisata, bermain di area rumah saja sudah cukup menyenangkan dan bahagia .bermain dengan anggota keluarga mampu menumbuhkan ikatan emosional, sering-seringlah melakukan aktivitas-aktivitas quality time bersama keluarga tercinta, misalnya berolahraga bersama, memasak bersama, atau melakukan hobi bersama-sama keluaraga.

8.Punya tabungan

Keluarga bahagia bukan hanya tampak dari keharmonis, tapi juga dari sisi financial. Ini adalah salah satu penyebab konflik rumah tangga adalah masalah financial,  perencanaan keuangan yang teratur, milikilah buku  tabungan, baik untuk dana pendidikan anak di masa depan maupun tabungan dana darurat agar keuangankamu dan  keluarga tetap stabil. menyiapkan dana untuk  pendidikan anak sejak dini penting untuk menjamin dan memberikan pendidikan terbaik.

Itulah beberapa tips 8  cara memiliki keluarga bahagia, sudah siapkah kamu untuk mewujudkan keluarga kecil  yang bahagia, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua , selamat mencoba dan terima kasih.

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like