8 Tips Merawat Motor Matik Agar Awet Dan Tidak Gampang Rusak

Pada zaman modern saat ini sepeda motor matik sudah menjadi idola di berbagai lapisan masyarakat di Indonesia, bahkan saat ini pangsa pasar motor matik di Indonesia sudah melebihi motor bebek dan motor sport. Dengan adanya fenomena ini hampir semua pabrik motor berlomba-lomba mengeluarkan produk motor matik dengan keunggulan dan pasar masing-masing. Sebagai contoh Honda mengeluarkan motor matik jenis Vario dalam beberapa macam tipe, seperti Vario 110, Vario Techno 125, hingga Vario 150 yang memiliki keunggulan masing-masing.

Daya tarik utama motor matik adalah cara penggunaannya yang sangat mudah. Yang tidak diketahui banyak orang ternyata perawatan motor matik ini tidak segampang pemakaiannya. Itulah sebabnya kondisi motor matik bekas yang banyak ditemui di pasaran pada umumnya dalam kondisi yang tidak baik. Hal ini tentu saja dikarenakan minimnya pengetahuan pemilik dan pengendara tentang cara perawatan motor matik dengan benar.

Berikut saya kirim kan 8 tips merawat motor matik agara awet dan tidak gampang rusak :

Contents

Tips dan Cara Merawat Motor Matik

Sebenarnya secara umum perawatan motor matik dengan motor bebek atau motor sport kurang lebih sama. Motor matik yang menggunakan sistem pembakaran karbulator ataupun injeksi akan membutuhkan beberapa perawatan tambahan. Berikut adalah cara perawatan motor matik agar mesin lebih awet dan lebih nyaman digunakan:

1. Biasakan Memanaskan Motor Saat Pagi Hari Sebelum Digunakan

Memanaskan motor bertujuan agar mesin memanas dan oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin itu lebih maksimal. Tidak perlu terlalu lama, motor cukup dipanaskan selama 5 – 10 menit tiap pagi dan gunakan kick starter untuk menyalakannya agar motor tetap terawat.

2. Selalu Gunakan Bensin Berkualitas dan Jangan Sampai Kehabisan Bahan Bakar

Jika anda perhatikan di tanki motor matik anda akan tampak tulisan standar bensin yang baik digunakan, selalu gunakan bensin yang sesuai dan standar  serta  isilah di tempat terpecaya. Isilah bensin sebelum benar-benar habis, kehabisan bensin terutama untuk motor berteknologi injeksi akan membuat mesin cepat rusak.

3. Menstabilkan Kecepatan dan Bukaan Tuas Gas

Penggunaan motor matik yang hanya dengan memutar tuas gas menjadikan para pengendara cenderung lebih ceroboh. Hal yang sering dilakukan adalah merubah kecepatan motor secara tiba-tiba, yaitu tiba-tiba menurunkan kecepatan secar drastis dari kecepatan tinggi, atau sebaliknya. Perlakuan semacam ini akan merusak masa umur mesin bahkan merusak vanbelt motor matik Anda.

4. Melakukan Servis Berkala Tepat Waktu

Perawatan yang dilakukan saat servis berkala motor matik adalah penggantian oli, membersihkan karburator dan seting motor. Lakukan servis sekitar 3 bulan sekali atau sesuai KM yang dianjurkan, dan jangan lupa biasakan servis di bengkel resmi agar jika memerlukan penggantian suku cadang sudah dipastikan merupakan suku cadang asli.

5. Ganti Oli Secara Berkala

Penggantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1000 km, sedangkan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) ketika motor sudah mencapai 5000 km. Selalu gunakan oli sesuai dengan spesifikasi motor matik Anda.

6. Pastikan Vanbelt dan Roler dalam Kondisi Baik

Vanbelt dan roller adalah dua komponen yang membuat motor matik Anda dapat melaju. Pastikan vanbelt motor Anda dalam kondisi baik, karena vanbelt yang terbuat dari karet dan saat kondisinya buruk atau terlalu tua bisa saja putus di tengah jalan dan membuat motor tidak bisa berjalan lagi.

7. Jangan Lupakan Perawatan AKI

Mengetahui kondisi AKI motor matik adalah hal yang cukup sulit. Tetapi jangan sampai AKI motor matik anda mati karena jika AKI motor matik anda mati untuk menyalakan motor andah harus menggunakan kick starter. Untuk motor matik penggantian AKI sebaiknya dilakukan dalam 7 – 8 bulan sekali.

8. Ganti Oli Shockbreaker

Tak hanya oli mesin, oli pada shockbreaker juga sebaiknya diganti secara berkala. Jadwal penggantian oli shockbreaker umumnya setelah melewati 10.000 KM.

Setelah mengetahui berbagai tips  yang di sampakan , diatas ternyata cara perawatan motor matik juga tidak terlalu sulit bukan? Anda hanya perlu menjadi lebih teliti dan telaten untuk mengikuti apa yang di sampai kan 8 tips di atas agar dapat melakukan perwatan tepat waktu untuk mendapatkan performa mesin motor matik lebih baik dan juga motor akan lebih awet.

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like