Hai…..apa kabar sobat plantania?

Semoga hari ini kita senantiasa dianugerahi Tuhan kesehatan yang prima ya…. Aamiin..

Bagi para pecinta tanaman hias, tetapi terkendala lahan yang sempit, taman yang sangat mungil atau halaman yang sangat terbatas, biasanya mengakalinya dengan cara memilih jenis tanaman yang bisa digantung untuk tetap menghadirkan kesan sejuk dan asri di tempat tinggalnya. Selain menghemat tempat, tanaman hias gantung juga memiliki daya tarik tersendiri yang memikat.

Kali ini kita akan sharing tentang beberapa jenis tanaman hias gantung. Tanaman yang umumnya berjenis merambat ini, memang cocok bila disajikan dalam pot gantung. Batangnya yang lunak, panjang menjuntai ke bawah, ditambah lagi kalau daunnya sudah rimbun, duhh….. benar-benar sangat menggoda mata.

Ada begitu banyak jenis tanaman hias gantung, baik yang menyukai panas matahari langsung, maupun yang hanya menyukai pantulan cahayanya saja.

Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Tradescantia Pallida

Tanaman hias dengan dominasi warna ungu ini, termasuk tanaman yang kuat. Cukup dengan stek pada batang lalu ditanam, maka dia akan tumbuh dengan sendirinya. Sangat menyukai panas & paparan sinar matahari langsung , supaya warna ungunya tetap cerah & mencolok. Memiliki bunga berukuran mungil nan cantik, menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta tanaman hias ini. Dengan digantung, maka akan semakin menarik karena batangnya yang panjang menjuntai, seolah-olah menari mengelilingi pot.

2. Creeping Charlie

Tanaman yang daunnya mirip dengan daun mint ini, kerap disebut dengan Mint Kw.

Lebih menyukai tempat yang teduh namun terang, sehingga daunnya akan terlihat hijau & segar. Sebaliknya, jika ditempatkan di area yang panas dalam waktu yang lama, maka biasanya akan menjadi kerdil, daun mengecil dan kusam. Menanamnya di pot gantung, merupakan pilihan yang tepat.

3. Sirih Gading

Tanaman merambat yang satu ini memang banyak sekali penggemarnya. Corak daunnya yang menawan, juga manfaatnya sebagai anti polutan, kerap menjadi alasan kenapa orang suka menanam & memeliharanya. Cukup menanamnya di pot gantung, lalu diletakkan di teras rumah yang teduh, maka sangat membantu membersihkan udara di tempat tinggal kita.

4. Tradescantia Zebrina

Masih satu keluarga dengan Tradescantia Pallida, tanaman hias Tradescantia Zebrina juga tak kalah cantiknya. Daunnya yang bercorak garis-garis lembut ini , juga terlihat manis bila kita tanam di pot gantung. Jangan malas untuk memotongnya bila sudah gondrong dan lebat. Karna kalo dibiarkan memanjang terus menerus, maka daunnya semakin mengecil dan tidak menarik lagi.

5. Peperomia Scandens

Dengan nama lain Bunga Teplan atau Bunga Terang Bulan, tanaman ini juga cocok bila ditanam menggunakan pot gantung. Corak daunnya yang berwarna hijau dengan pinggiran warna putih, sangatlah cantik menarik, apalagi bila terlihat rimbun. Cukup dengan cara stek batang dan ditanam berdempetan dalam satu pot, maka akan cepat tumbuh lebat.

6. Sirih Lemon

Seperti tanaman sirih-sirihan pada umumnya, Sirih Lemon juga pas bila ditanam model gantung. Warna daunnya yang dominan kuning seperti kulit jeruk lemon, terlihat lebih mencolok bila kita letakkan berderet dengan tanaman gantung lain yang berdaun hijau. Tentu saja ini akan menghasilkan gradasi warna yang indah mempesona memanjakan mata kita.

Nah sobat plantania, itu dulu ya sekilas tentang beberapa jenis tanaman hias gantung. Next, semoga kita bisa sharing lagi tentang tanaman hias gantung lainnya yang tak kalah menarik.

Oya, satu hal yang penting diperhatikan ketika kita memilih untuk menanam dengan digantung, yakni harus rajin memeriksa media tanamnya sudah kering atau masih lembab.

Karena dengan posisi digantung, maka proses penguapan akan terjadi lebih cepat, apalagi ketika musim kemarau. Jadi jangan sampai tanaman hias gantung kita mengalami dehidrasi dan layu ya….

Oke, selamat mencoba…

“Teruslah menanam selagi masih ada kesempatan. Karena dengan menanam, kita akan turut menyumbang apa yang dibutuhkan makhluk ciptaan Tuhan di seluruh penjuru alam”.

Salam hijau,

Penulis : Dina DM