Categories Umum

Bergonta-Ganti Pasangan? Siap-Siap Penyakit Menular Seksual Akan Mengancam

Angka penderita penyakit menular seksual (PMS) di Indonesia masih tinggi. Hal ini dapat disebabkan oleh tingkat pengetahuan yang rendah mengenai penyakit menular seksual (PMS) ini.

Banyak yang mengatakan bahwa yang akan terkena penyakit menular seksual (PMS) hanyalah pekerja seks komersial (PSK), namun nyatanya tidak. Siapapun memiliki resiko dapat terkena penyaki menular seksual (PMS) ini.

Seseorang yang aktif secara seksual memiliki resiko dapat terkena penyakit menular seksual (PMS) ini. Apabila salah satu dari pasangan yang dahulunya memiliki riwayat berganti-ganti pasangan seks, maka akan berkemungkinan dapat terkena penyakit menular seksual ini.

Penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri dapat menyerang tanpa berhubungan seksual sebelumnya.

Infeksi ini dapat menyerang pria atau wanita yang tidak menjaga kebersihan alat kelaminnya ataupun terkena penyakit tambahan yang melemahkan sistem imunnya, seperti diabetes.

Penggunaaan kondom dianggap sebagai salah satu solusi untuk berhubungan seksual bagi penderita penyakit menular seksual (PMS). Kondom memang efektif untuk mencegah terkenanya penyakit menular seksual ini.

Namun kondom kurang efektif dalam mencegahnya terkena HIV, yang juga menjadi salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS).

Hal ini disebabkan oleh pori-pori kondom yang lebih besar dari pada ukuran virus HIV itu s/endiri.

(source: drbagus.com)

Dilansir dari Kompas.com, Peneliti dari National Institutes of Health menguji butiran polystyrene bercahaya yang berukuran 110 nano meter (seukuran virus HIV) untuk dilewatkan pada kondom. Hasilnya terdeteksi bahwa adanya bocoran-bocoran yang bisa dilalui butiran tersebut pada 29 dari 89 kondom yang diuji.

Namun, tetap saja kondom memeberikan perlindungan sepuluh kali lipat lebih baik dari pada berhubugan tidak menggunakan kondom.

Tidak hanya HIV banyak sekali jenis penyakit menular seksual (PMS) yang mengancam anda apabila anda memiliki hobi bergonta-ganti pasangan seksual. Seperti penyakit Sifilis, Gonorhea, Klamidia, Herpes, Hepatitis dan masih banyak lainnya.

Bagi anda yang tidak mau terkena penyakit menular seksual maka anda harus setia pada satu pasangan saja, tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah dan juga apabila anda ingin melakukan sesuatu aktifitas dengan jarum suntik.

Pastikan jarum suntik yang digunakan adalah baru dan steril, yang masih bersegel resmi. Karena penggunaan jarum yang bersamaan dapat memudahkan berpindahnya virus dari penderita kepada anda melalui darah.

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like