Mencari pekerjaan semakin hari semakin sulit. Dimana banyak orang yang menganggur akibat kurangnya kesempatan dan lapangan kerja yang tersedia. Oleh karena itu orang lebih banyak berpikir untuk menjalankan sebuah usaha. Mereka berpikir menjalankan sebuah usaha bisa menjadikan mereka bos dan berkesempatan mencari peluang untuk mendulang banyak keuntungan. Dan Salah satu jenis usaha yang menarik untuk dikerjakan adalah usaha rumahan.

Tiap orang yang akan yang akan membuka sebuah usaha selalu memikirkan modal sebagai poin pertama. Namun tak perlu khawatir, usaha rumahan merupakan bisnis kelas menengah dengan modal kecil atau pas-pasan. Melalui usaha rumahan, siapapun yang ingin berbisnis bisa mewujudkan impiannya bahkan hanya dengan modal kurang dari Rp 5 juta. Jangan salah, meski bermodal kecil, jenis usaha rumahan ini bisa kamu kembangkan menjadi besar dengan keuntungan besar. Berikut 3 jenis usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa jadi pilihanmu :
  1. Handmade

Bagi kamu yang memiliki hobi atau keahlian dalam membuat kerajinan tangan, maka ini bisa jadi pilihanmu. Tas lukis, menjahit, kalung dan gelang sederhana, bisa dijadikan salah satu jenis usaha rumahan yang mudah dan gampang. Jenis usaha rumahan dengan membuat kerajinan tangan merupakan usaha dengan modal kecil. Jenis usaha rumahan ini merupakan bisnis kreatif yang memiliki peluang untuk bertahan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran. Bila produk buatan tanganmu menarik, orang tidak akan segan untuk membayar mahal.

  1. Warkop Alias Warung Kopi

Sudah dapat kita ketahui bersama bahwa hampir setiap orang suka minum kopi. Segala usia dan segala profesi tak sungkan meluangkan waktu untuk minum kopi. Dan membuka usaha warung kopi bisa jadi pilihanmu selanjutnya. Jenis usaha rumahan ini merupakan usaha dengan modal kecil yang bisa kamu jajaki. Kamu tinggal ekplorasi target pasar yang dituju dan menggunakan kreativitasmu untuk membuat warkopmu bisa bersaing dengan warkop lainnya. Siapa tahu, warkop milik kamu nanti akan diserbu oleh tetangga dan kenalan sebelum mereka pergi bekerja.

  1. Cemilan dan Minuman

Bisnis yang tidak ada matinya adalah membuka usaha bisnis makanan dan minuman karena setiap orang pasti membutuhkan dua hal ini. Usaha rumahan ini bermodal kecil dengan hanya uang Rp 50 ribu – 100 ribu saja.

Cukup dengan membeli makanan ringan di grosiran lalu dikemas sesuai dengan kreasi kamu. Selain itu, menjual minuman segar seperti ice bubble atau jus juga bisa menjadi pilihan berbisnis. Kamu juga bisa membeli paket franchise untuk menjualnya kembali. Membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang bisa kamu dapatkan di pasar dengan modal Rp 5 juta juga bisa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here