Membuka usaha kini menjadi impian setiap orang untuk menjadi seorang pebisnis atau pengusaha. Dan tak perlu khawatir, kini banyak usaha bisa dibuka dengan modal kecil. Banyak nya usaha – usaha yang dijalankan tidak boleh membuatmu ragu dan takut untuk memulai. Rezeki setiap orang sudah diatur oleh Allah SWT, kita cukup berani memulai, berusaha, dan banyak doa. Membuka usaha rumahan bisa jadi awal bisnismu, lalu bisa kamu kembangkan sesuai kebutuhan. Berikut 3 jenis usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa kamu pilih :

  1. Waralaba makanan

Membuka sebuah usaha waralaba makanan bisa dijadikan sebagai pilihan usaha. Dengan modal kisaran Rp 5-10 juta saja kamu sudah bisa menjadi pengusaha waralaba makanan. Setelah itu kamu bisa gunakan sejumlah sisa modal untuk menyewa tempat atau kebutuhan yang lainnya. Caranya adalah pilih jenis waralaba yang banyak diminati oleh lingkungan sekitar dan selalu ramai pembeli. Dan untuk memaksimalkan keuntungan, Kamu bisa memadukan satu waralaba dengan waralaba lainnya, misalnya makanan dengan minuman.

  1. Laundry

Jenis usaha rumahan dengan modal kecil selanjutnya adalah usaha Laundry. Dengan modal Rp 5-10 juta, kamu sudah bisa membuka usaha ini dengan skala yang cukup besar. Kamu bisa memulainya dengan membeli beberapa mesin cuci dan juga peralatan menyetrika dan sabun cuci lainnya. Dengan hal itu saja, Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah dan nyaman. Potensi bisnis ini sangat besar. Terutama jika anda pandai memilih lokasi yang strategis dan menjanjikan, seperti dekat wilayah yang banyak kos-kosan, kampus, sekolah, atau bahkan perkantoran. Bisnis laundry tidak pernah sepi. Terutama jika kamu bisa memberikan pelayanan yang baik dan juga pemasaran yang tepat untuk usaha tersebut.

  1. Cuci sepatu
Baca Juga:  3 Jenis Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Yang Bisa Jadi Pilihanmu (1)

Jenis usaha rumahan dengan modal kecil ini tidaklah jauh berbeda dengan bisnis laundry. Bedanya, kamu hanya perlu mengeluarkan modal kecil yaitu kurang dari Rp 1 juta saja. Modal tersebut Cukup untuk membeli sikat sepatu, cairan pembersih sepatu, dan lainnya. Namun, kamu harus menentukan terlebih dahulu target konsumennya. Jangan sampai, bisnis kamu bangkrut karena pelanggan di lingkungan kamu memilih untuk mencuci sepatu sendiri oleh karena itu strategi marketing perlu dilakukan.

 

editor by @wahyu