Pendirian CV
Pendirian CV

Apapun bidang bisnisnya, mungkin akan lebih menguntungkan jika bisnismu dikembangkan menjadi badan usaha. Di Indonesia sendiri badan usaha dibagi menjadi dua, yakni Perseroan Terbatas (PT) dan Commanditaire Vennootschap (CV).

CV sendiri merupakan sebuah Persekutuan Komplementer dan Komanditer, yang bisa didirikan dengan modal yang terbatas. Itu artinya, untuk mendirikan sebuah CV, sang pendiri juga tidak memiliki batas minimal modal, berbeda dengan PT. Di mana PT memiliki syarat minimal modal Rp50 juta, dengan setoran minimal 25 persen.

Seperti yang sudah dikatakan di atas, CV juga merupakan sebuah persekutuan komplementer dan komanditer, yang didirikan oleh satu orang atau lebih, yang lebih mempercayakan uang atau barangnya kepada pihak lain yang menjalankan perusahaannya sebagai pemimpin.

Tidak sembarangan, dalam mengurus pendirian CV, karena kamu juga harus melampirkan persyaratan. Berdasarkan Pasal 16-35 dalam Undang-undang Hukum Perdata.

Kelebihan dan Kekurangan CV Kelebihan Persekutuan Komanditer (CV)

  1. Modal yang dikumpulkan lebih besar, dengan adanya pemasukan modal dari sekutu komanditer;
  2. Persekutuan komanditer cenderung lebih mudah memperoleh kredit karena lebih dipercaya perbankan
  3. Dari segi manajemen dan kepemimpinannya relatif lebih baik karena pengurus diduduki oleh sekutu komplementer yang memang memiliki keahlian
  4. Jika perusahaan mengalami kerugian maka tanggung jawab sekutu komanditer hanya sebatas modal yang diserahkan.

Kekurangan Persekutuan Komanditer (CV)

  1. Sekutu komplementer memiliki tanggung jawab tidak terbatas
  2. Apabila perusahaan berutang/merugi, maka harta kekayaan pribadi sekutu komplementer bisa disita
  3. Kelangsungan hidup perusahan tidak menentu, karena bergantung sekutu komplementer yang menjadi pengurus. Tanggung jawab sekutu komanditer yang terbatas tidak membuat mereka semangat untuk memajukan perusahaan
  4. Sulitnya mencairkan investasi dikarenakan sudah digunakan sebagai modal.

Mendirikan CV, bisa menjadi sebuah jalan bagi para pengusaha, baik pengusaha kecil, menengah, hingga atas, yang ingin mendirikannya sebagai badan usaha.

Baca Juga:  QuickLe Permit, Tawarkan Harga Pendirian Badan Usaha Murah Berkualitas

Seperti yang sudah dibahas di atas, untuk mendirikan CV kamu harus membutuhkan berbagai syarat, dan tentunya modal usaha. Perlu diketahui juga, bahwa syarat modal awal pendiri CV saat ini cukup tinggi.

QuickLe Permit adalah perusahaan jasa dan agensi hukum di bidang korporasi yang menyediakan jasa pendirian, pengurusan legalitas perijinan dan perpajakan perusahaan, institusi maupun perkumpulan serta jasa korporasi lainnya secara berkualitas, cepat dan biaya murah.

QuickLe Permit siap membantu Anda melakukan pengurusan jasa Pendirian, Perijinan dan/atau Pembuatan CV untuk Perusahaan Anda. Mulai dari persiapan pemilihan bentuk badan usaha (badan hukum/non badan hukum) serta konsultasi hukum terkait aspek korporasi untuk mengantisipasi dan meminimalisir risiko serta perubahan yang mungkin timbul di kemudian hari.

Sebelum mendirikan CV yang kalian inginkan dan mempercayakan layanan pembuatan CV bersama QuikLe Permit, kalian persiapkan Fotokopi KTP, NPWP, Kartu Keluarga Direksi (Sekutu Aktif) dan Dewan Komisaris (Sekutu Pasif) CV. Kemudian yang harus diperhatikan lagi sebelum membuat CV dan mempercatatkan proses pembuatan CV kepada kami, maka kalian harus menyiapkan lagi tentang tempat dan kedudukan CV yang kalian bangun. Kemudian mengetahui maksud dan tujuan kalian membangun CV kalian. Lalu Pembuatan Struktur Permodalan dan Pemegang Saham. Setelah itu menyusun direksi dan dewan komisaris. Dan yang terakhir yaitu barulah mendaftar dan memproses pembuatan CV kalian. Untuk itulah QuickLe Permit akan siap membantu anda dalam proses pendirian CV kalian.

Baca Juga :

Pentingnya Memilih Jasa Pendirian PT Yang Berkualitas