Categories Life Style Tips & Trik

Cara Merawat Tanaman Dengan Benar Bagi Pemula pada saat ditengah pendemi.

Tanaman seringkali digunakan untuk mempercantik dan memperindah rumah dan membuat rumah tampak lebih asri,indah serta sejuk. Namun mungkin banyak juga dari kita dan semua orang yang memelihara tanaman karena suka atau hobi memelihara tanaman. Kira-kira bagaimana cara merawat tanaman dengan benar?

Dizaman modern , saat ini memang telah banyak orang yang mengalihkan untuk hobinya pada bercocok tanam. Mengingat di situasi pandemi seperti saat ini membuat kita banyak menghabiskan waktu di rumah.

Merawat tanaman tidak pernah membosankan jika kamu terus berinovasi mengeksplorasi tanaman dan cara merawatnya.dengan baik secara teratur, Tetapi merawat tanaman tidak semudah itu ,Banyak sekali jenis tanaman yang memerlukan perlakuan khusus.dan teratur

Bagi semua orang yang tertarik dengan merawat tanaman dan ingin mulai mencobanya,berikut tips cara merawat tanaman dengan benar sebagai berikut :

Contents

Siram Tanaman Secara Rutin

Merawat tanaman sama dengan merawat mahluk hidup lain yang membutuhkan air dan makanan. hal yang sering dilupakan adalah memberi tanaman air secara rutin. Kita sering lupa menyiram tanaman karena aktivitas yang padat. Padahal tanaman sangat membutuhkan air untuk bertahan hidup.dan berkembang

Selain itu tidak semua tanaman menggunakan teknik penyiraman air yang sama. Jika kamu belum tahu bagaimana cara merawat tanaman dan tumbuhan, penting untuk mengetahui jenis dan metode penyiraman tanaman yang kamu miliki. Pastikan kamu benar-benar memahami jumlah kebutuhan air yang dibutuhkan oleh tanaman. Jangan sampai untuk hanya mengira-ngira atau bahkan asal-asalan menyiramnya. Karena tumbuhan memiliki kebutuhan airnya masing-masing sesuai dengan jenisnya. Lalu bagaimana metode penyiraman tanaman yang tepat? Ini dia caranya.

  • Usahakan menyiram tanaman pada pagi atau malam hari. Hal ini supaya membuat tanaman memiliki suplai air yang cukup disaat siang hari saat matahari sedang terik.
  • Siram tanaman dengan air secukupnya. Jangan menyiram tanaman dengan air berlebihan karena dapat menutup jalur oksigen tanaman.yang akan disiram
  • Jangan siram tanaman mulai dari batang atau daun terlebih dahulu. Siram tanaman mulai dari akar agar mencegah terjadinya penyakit pada daun tanaman tersebut.

Berikan Sinar Matahari

Hal lain yang perlu diperhatikan pada cara merawat tanaman dengan benar adalah dengan memberikan tanaman sinar matahari yang cukup. Kenapa ? Karena tanaman membutuhkan sinar matahari untuk membantunya melakukan fotosintesis. Dengan melakukan fotosintesis tanaman akan memasak makanannya. Selain itu dengan cahaya matahari akan membuat daun tanaman berwarna hijau dan tidak layu.

Umumnya tanaman hias membutuhkan sinar matahari 3-4 jam sehari. Namun terdapat beberapa tanaman yang membutuhkan sinar matahari lebih sebentar atau bahkan tidak membutuhkannya sama sekali. Beberapa  tanaman yang hanya membutuhkan sinar matahari dengan waktu singkat adalah kaktus, yaitu 2 jam per hari.

Jika kamu memiliki tanaman yang membutuhkan penyinaran 4-6 jam per hari, usahakan meletakkan tanaman ini di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung selama 4-6 jam sehari. Namun jika kamu memiliki tanaman yang hanya membutuhkan paparan sinar matahari 1-2 jam per hari, letakkan tanaman ini di tempat yang teduh namun masih bisa mendapat paparan sinar matahari.

Berikan Pupuk Secara Rutin

Tips selanjutnya yang perlu kamu ketahui dalam bagaimana cara merawat tanaman dengan benar adalah memberikan pupuk dengan nutrisi tinggi pada tanaman. Pupuk bisa menjadi bahan makanan dengan nutrisi tinggi yang membuat tanaman tumbuh subur dan cantik. Kamu dapat membelinya di toko tanaman hias. Jenis pupuk pun bervariasi sesuai dengan kandungan dan jenis tanaman yang kamu miliki. kamu dapat menggunakan pupuk dengan perbandingan 10-10-10 atau 6-12-6 yang umumnya cocok untuk kebanyakan jenis tanaman.

Pemberiannya sendiri dapat dilakukan dengan menyemprotkan pupuk atau menyebarkannya ke permukaan tanah tanaman. Sebarkan pupuk secara merata pada permukaan tanah tanaman agar tanaman sehat dan dapat tumbuh dengan subur.

Bersihkan Debu Pada Tanaman

Bagi kamu atau pemula yang masih penasaran tentang bagaimana cara merawat tumbuhan, langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah rutin membersihkan debu pada tanaman. Biasanya banyak debu-debu yang menempel pada permukaan daun atau batang tanaman. Hal ini disebabkan debu yang dibawa angin karena tanaman yang diletakkan di luar rumah. Debu-debu yang menempel ini harus dibersihkan karena dapat menyumbat pori-pori daun sehingga dapat merusak tanaman. Pins dapat membersihkan permukaan daun dan batang yang ditutupi debu dengan lap basah. Lakukanlah dengan hati-hati agar tidak merusak daun atau tangkai tanaman.tersebut.

Potong Tangkai atau Daun Kering

Seiring berjalannya waktu, tanaman akan beregenerasi. Biasanya terdapat daun atau tangkai yang kering dan mati. Nah, jangan sampai kamu abai kan dengan kondisi yang satu ini ya! Karena tangkai atau daun yang kering ini harus segera dipotong. Bisa jadi tangkai atau daun kering ini mati akibat penyakit, oleh karena itu pemotongan harus dilakukan agar tidak menyebar ke tangkai lainnya.

Cegah Hama dan Penyakit

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan dalam bagaimana cara merawat tumbuhan adalah dengan melakukan pencegahan terhadap hama dan penyakit yang dapat menyerang tanamanmu. Yang dapat melakukan beberapa cara agar tanaman terhindar dari hama dan penyakit, yaitu :

  • Mencabut rumput liar yang berada di sekitar tanaman
  • Menjaga kualitas tanah dengan memberikan pupuk alami dan air yang cukup
  • Memberikan sinar matahari yang cukup
  • Merotasi tanaman secara rutin

Bagaimana Memilih dan Merawat Tanaman Di Dalam Ruangan?

Menanam tanaman di dalam rumah adalah sebagai salah satu hobi yang menarik. Selain bisa menjadikan lingkungan interior tampak asri dan indah dengan adanya tumbuhan, sekaligus juga akan meningkatkan kualitas lingkungan di dalam rumah itu sendiri. Namun menanam tanaman di dalam rumah perlu cara yang khusus dan spesifik, ini agar tanaman yang dirawat tetap dapat tumbuh sebaik bila di tanam di luar ruangan. Artikel kali ini sajikan cara merawat tanaman di dalam rumah khusus untuk anda penghobi indoor gardening.

Pemilihan Tanaman Yang Benar

Menanam tanaman di dalam ruangan jelas sangat berbeda dengan menanam di luar ruangan. Hal yang membedakan diantaranya yaitu suhu dan kelembaban, pencahayaan, serta intensitas penyiraman. Media yang dipakai juga bisa jadi berbeda, tetapi bisa diakali dengan tips berikut yang bertujuan untuk menanam tanaman agar tetap sehat dan indah meski di dalam ruangan.

Pilih Jenis Tanaman Daun Bukan Bunga

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum bertanam untuk keperluan di dalam ruangan adalah jenis tanaman yang akan ditanam. Pilih jenis tanaman daun-daunan seperti misalnya, anthurium, puring atau jenis tumbuhan perdu yang tidak berbunga lainnya. Hal ini perlu sebab jenis tanaman berdaun dapat lebih mudah beradaptasi dengan teknik penanaman indoor ketimbang dengan jenis bunga-bungaan seperti misalnya chrysantemum, seruni maupun tanaman bunga lainnya.

Pilih Yang Tahan Terhadap Lingkungan Kering

Bertanam untuk keperluan dalam ruangan perlu juga memperhatikan faktor lain seperti misalnya adalah kebersihan ruangan itu sendiri. Oleh karenanya media tanam yang biasa dipergunakan adalah jenis kering, seperti misalnya sekam atau media tanam kering lainnya. Tumbuhan yang ditanam juga sebaiknya yang membutuhkan penyiraman dengan intensitas jarang, kaktus misalnya bisa juga dipilih selain tentu jenis tumbuhan daun-daunan.

Perhatikan Pencahayaan, Keluarkan Setidaknya Sekali Seminggu

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam bertanam di dalam ruangan adalah aspek pencahayaan. Intensitas cahaya saat bertanam dalam ruangan tentu tidak semelimpah bila dilakukan di luar ruangan. Hal ini sering menjadikan tanaman tidak bisa tumbuh dengan maksimal, sebagai tips untuk mengatasinya pemilik bisa

mengeluarkan pot tanaman untuk ditempatkan di luar ruangan selama beberapa lama setidaknya sekali dalam seminggu. Hal ini akan menjadikan tanaman tetap mendapatkan asupan sinar matahari langsung.

Perhatikan Cara Penyiramannya

Penanaman tanaman di dalam ruangan biasanya ditanam pada media tanam yang hanya sedikit menyerap air agar media tanam tidak becek dan basah. Agar tetap lembab, maka dibutuhkan media tanam yang berkarakter porous yang berisi cocopeat, sekam bakar, pakis yang dicacah serta ditambah dengan pupuk kandang dan humus yang telah diolah terlebih dahulu.Agar air yang disiram pada media tanam tidak tergenang, maka pastikan wadah atau pot yang digunakan untuk menanam tanaman hias memiliki lubang-lubang kecil di bawahnya.

Waspada Hama Tanaman

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam bertanam di dalam ruangan adalah aspek pencahayaan. Intensitas cahaya saat bertanam dalam ruangan tentu tidak semelimpah bila dilakukan di luar ruangan. Hal ini sering menjadikan tanaman tidak bisa tumbuh dengan maksimal, sebagai tips untuk mengatasinya pemilik bisa mengeluarkan pot tanaman untuk ditempatkan di luar ruangan selama beberapa lama setidaknya sekali dalam seminggu. Hal ini akan menjadikan tanaman tetap mendapatkan asupan sinar matahari langsung.

Merawat Tanaman Luar Ruangan

Pada dasarnya, tanaman yang tumbuh dan ada di luar atau di alam terbuka memiliki daya jangkau hidup yang berbeda dengan tanaman hias indoor. Tanaman luar ruangan juga memerlukan cara merawat tanaman dengan benar?  Berikut informasinya.

Menjaga Suhu dan Kelembaban yang Tepat

Apapun jenis tanaman Pins, sayur, buah- buahan, bunga atau tanaman hias semuanya pasti membutuhkan suhu dan tingkat kelembaban yang pas. Sebagai rutinitas cara merawat tanaman yang baik, Pins harus rajin mencari tahu suhu dan kelembaban yang sesuai dengan jenis tanaman yang kamu miliki supaya tanaman tidak tumbuh pada cuaca yang salah apalagi jika diletakkan di luar ruangan. Memilih tanaman harus dimulai dari pemilihan jenis tanaman yang hanya sesuai dengan iklim dan kondisi tanah yang Pins miliki.

Menjaga Kualitas Tanah

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah tanaman terserang hama dan penyakit adalah dengan menjaga kualitas tanah. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan nutrisi organik, seperti kotoran hewan atau kompos alami secara rutin. Juga jangan lupa lakukanlah penyiraman tanah secara rutin agar kualitas tanah tanaman di luar ruangan tetap terjaga dan tidak kering.

Memangkas Rumput Liar

Tanaman yang ditaruh secara outdoor atau di luar ruangan perlu dipastikan agar terbebas dari rumput liar. Untuk membuat tanaman Pins terhindar dari serangan hama dan penyakit, rajinlah membersihkan ilalang atau rumput liar yang tumbuh secara rutin.

Itulah tips cara merawat tanaman dengan benar. Semoga dengan ulasan di atas, membuat anda  lebih mengerti lagi dan semakin tertarik dalam memelihara tanaman. Namun sebelum memeliharanya, pastikan kamu sudah mencari tahu jenis dan perawatan yang diberikan untuk tanamanmu yang cocok Semoga tips yg direkomendasi bermanfaat!

 

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like