Jack Ma, Founder Of Alibaba.com

Jack Ma merupakan pengusaha revolusioner yang sukses. Namun siapa sangka, Ia lahir dari keluarga miskin dan bahkan saat remaja dulu, lamaran kerjanya selalu ditolak. Kini Ia menjadi orang terkaya di China dan pengusaha paling sukses di dunia dengan perusahaan e-commerce top dunia, AliBaba.

Jack Ma lahir pada 10 September 1964 di Provinsi Hangzhou. Ia lahir dari keluarga miskin yang telah menjadi korban dari revolusi kultural di China.

Demi mendapatkan ilmu, setiap hari Jack Ma secara sukarela mengantarkan para turis tanpa dibayar. Jack Ma sengaja mengantarkan para wisatawan agar dia bisa belajar bahasa inggris secara otodidak dari mereka.

Ketika usianya menginjak remaja, Jack Ma sebagaimana yang lainnya ia pun ingin menempuh pendidikan di universitas. Tapi kampus yang hendak ia masuki, ternyata menolaknya. Bahkan pendiri alibaba ini pernah 10 kali ditolak oleh salah satu universitas paling prestisius di dunia, Harvard University.

Tak cuma itu, perjalanan karier Jack Ma pun penuh dengan tantangan. Semua orang seperti menutup pintu untuknya.

“Selama tiga tahun, saya mencoba mencari universitas, saya juga mencoba melamar pekerjaan. 30 kali dan semuanya ditolak. Bahkan untuk menjadi pelayan di KFC saja saya ditolak. Ada 24 orang yang melamar, dan 23 orang diterima, cuma saya yang ditolak,” jelasnya.

Namun akhirnya Jack Ma menemukan tempat untuk mendapatkan penghasilan. Ia pun diterima menjadi guru sekolah dimana saat itu ia digaji USD 10 per bulan.

Kesempatan peluang tampaknya kian mendekat, terutama saat tahun 1995 internet mulai dikenal. Jack Ma punya ide revolusioner yang briliant untuk mengembangkan pasar online yang kemudian terbukti menjadi yang terbesar di China bahkan di dunia.

“Tak ada seorang pun yang percaya bahwa saya dapat berhasil. Karena semua orang berkata bahwa saya ini orang yang aneh, punya pikiran berbeda. Mereka tak percaya ketika saya mengutarakan ide untuk melakukan sesuatu hal dengan internet,” ucapnya.

“Mereka bilang, ‘ini ide bodoh kan? Kita tak pernah mendengar tentang internet dan kamu pun tak tahu apa-apa soal komputer” tambah Jack Ma menirukan ucapan teman-temannya.

Ia tak menyerah, bahkan ketika usahanya bangkrut. Jack Ma berhasil meyakinkan teman-temannya untuk berinvestasi mengembangkan bisnis itu.

Kini, prediksi Jack Ma benar. Ia berhasil mengembangkan AliBaba hingga menjadi yang paling sukses di dunia. Bahkan nilai AliBaba disebut-sebut melebihi potensi yang dimiliki facebook. Dalam perhitungan per hari, AliBaba pun disebut berhasil melampaui e-Bay dan Amazon.

“Saya cuma ingin cari kerja, tapi karena tidak dapat, maka saya yang ciptakan sendiri pekerjaan itu,” tandasnya.