Kolonel Harland Sanders - Pendiri KFC

Kolonel Harland Sanders adalah seorang pengusaha Amerika yang mendirikan Restoran waralaba, Kentucky Fried Chicken atau disingkat KFC. KFC juga dikenal sebagai restoran cepat saji pertama di Amerika yang menu ayam gorengnya sudah terkenal di seluruh dunia.

Kolonel Harland Sanders lahir pada tanggal 9 September 1890 di Henryville, Amerika Serikat. Pada usia 6 tahun, ayahnya meninggal dan Ibunya sudah tidak mampu bekerja lagi sehingga Harland harus menjaga adik – adiknya . Dengan kondisi ini ia harus memasak untuk keluarganya. Usia 7 tahun ia sudah pandai memasak di beberapa tempat memasak. Usia 10 tahun ia mendapatkan pekerjaan pertamanya di dekat pertanian dengan gaji 2 dolar sebulan. Selepas itu, ia berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun. Pertama, sebagai tukang parkir dan terakhir menjadi tentara yang dikirim ke Kuba.

Setelah menjadi pensiunan Angkatan Darat Amerika, pendiri KFC tersebut hanya hidup dari tunjangan hari tuanya. Hari demi hari, uang tunjangan itu semakin menipis. Ia lalu berpikir tentang apa yang dapat Ia lakukan untuk orang lain. Suatu ketika Harland Sanders membeli sebuah stasiun Makanan di Kentucky. Kemudian, ia mulai menjual makanan kepada pengunjung. Saat itu Harland cuma menyajikan menu ayam dan makanan lainnya seperti daging ham dan steak. Dengan cepat stasiun makanan miliknya menjadi terkenal, kemudian ia beri nama “Kentucky Fried Chicken of Harland Sanders”. Para pengunjung terkesan dan sejak itu kehidupan Sanders pun berubah.

Tahun 1949, Sanders diberi penghargaan sebagai “Kolonel Kentucky” oleh gubernur Lawrence Weatherby. Setelah mendapat gelar Kolonel, Harland Sanders mulai merubah penampilannya. Dengan mengenakan setelan berwarna putih plus dasi kupu-kupu hitam dilehernya ini potret dirinya yang menjadi logo resmi KFC. Image tersebut dengan cepat disukai oleh warga Amerika. Saat itu, jumlah pelanggan dan jaringannya sangat banyak. Boleh dikatakan, Sanders saat itu telah berhasil.

Tentu saja, yang namanya usaha pasti ada hambatannya. Usaha Sanders pernah merugi dan harus menjual propertinya senilai 75.000 USD guna membayar hutang. Belajar dari peristiwa tersebut, Sanders lalu memutuskan menjual resep rahasia yang dimilikinya ke restoran lain. Ia berjuang selama 2 tahun untuk menjelajahi Amerika dengan mobil tuanya. Dan akhirnya, idenya diterima setelah ia mendengar 1009 kata “Tidak” sebelum akhirnya Harland mendengar kata “Ya”. Namun, Sanders Cuma mendapat bagian 5 sen per potong ayam yang berhasil terjual. Pada 1980, Harland Sanders meninggal dunia di usia 90 tahun.

Saat ini,KFC telah memiliki lebih dari 18.000 outlet. KFC tersebar di 120 negara dengan penghasilan 15 miliar dollar Amerika setiap tahunnya.