Pancasila sebagai ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berdebat mengenai dasar negara Indonesia yakni Pancasila dapat dibilang sebuah perdebatan yang sia-sia, sangat sia-sia menurut penulis. Tidaklah tepat membahas dasar negara di usia negara yang sedang menuju 100 tahun.

Pancasila bukanlah sekumpulan lima rumusan semata atau bahkan sekumpulan narasi, Pancasila merupakan bukti berdirinya sebuah negara dengan berbagai macam suku, agama dan ras. Pancasila juga sukses sebagai “perekat” bangsa selama 73 tahun bangsa Indonesia merdeka.

Aneh rasanya bila masih ada segelintir kelompok yang mempertanyakan “perekat” tersebut. Ironisnya, terdapat 19,4% ASN (Aparatur Sipil Negara) yang anti terhadap Pancasila, padahal ASN bagian dari pemerintah yang seharusnya sejalan dengan apa yang dikerjakan oleh pemerintah termasuk paham ideologi yang bangsa Indonesia anut.

Jika bangsa Indonesia masih terbelenggu oleh isu-isu klasik seperti ideologi negara, rasanya cukup konyol mengingat masih banyak pekerjaan rumah yang banyak serta berat, belum lagi kita harus mengejar ketertinggalan dari negara-negara tetangga bahkan dunia.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181119051034-20-347581/banyak-asn-antipancasila-ketua-dpr-minta-perbaikan-tes-cpns