Categories Umum

Ide Bermain Untuk Bayi Usia 0-4 Bulan

Banyak yang mengira bahwa bayi baru lahir atau usia 0 bulan belum bisa bermain. Kalau ibu mendefinisikan main seperti mainnya anak-anak yang sudah memiliki kemampuan duduk atau berjalan memang berbeda ya bu.

Bermain ala anak 0-4 bulan itu seperti mainan yang mengasah kemampuan motorik dan sensorik sang bayi. Lalu apa saja ide bermain untuk bayi usia 0-4 bulan? Ini kita rangkum untuk ibu dan bisa ibu coba dirumah ya.

1. Mainan yang Memiliki Bunyi

Bayi usia 0 bulan memang belum bisa melihat dengan jelas, namun sejak dalam kandungan ia sudah bisa mendengar, termasuk mendengar suara merdu ibu. Seiring berjalan usianya bertambah, bayi mulai bisa melihat dan mengenali orang disekitarnya.

Banyak sekali mainan yang menghasilkan bunyi, ibu bisa mencoba dengan menggerakan mainan berbunyi tersebut berpindah posisi, agar sang bayi dapat mencari sumber suara tersebut.

2. Gambar Dengan Kontras yang Tinggi

Gambar dengan pola yang unik dan dipadukan dengan warna hitam, putih dan merah akan membuat di kecil tertarik. Karena belum banyak warna yang bisa ia lihat, gambar dengan warna dan bentuk kontras yang unik inilah akan mengasah kemampuan penglihatannya.

3. Teether

Bayi memasuki usia 3 bulan senang sekali memasukan jarinya ke dalam mulut, karena ia mulai memasuki fase oral. Ibu tidak perlu khawatir dan tidak perlu melarangnya, hanya saja perlu diawasi agar tidak berlebihan dan menyebabkan bayi muntah. Ibu sudah bisa memperkenalkan teether untuk ia gigit.

4. Senam

Senam ini banyak sekali caranya ya bu. Salah satunya ibu bisa menggerakan secara lembut kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda. Cara ini juga bertujuan untuk menyembuhkan bayi ibu dari kolik yang mengganggu.

5. Tummy Time

Tummy time sudah banyak sekali dilakukan oleh ibu. Tujuannya adalah menstimulasi dan menguatkan otot lehernya. Rajin lakukan tummy time dari bayi usia 1 bulan, jangan terlalu lama ya bu, sekitar 5 menit saja sudah cukup atau perhatikan saja kenyamanan si bayi.

Itu beberapa ide bermain di rumah yang bisa ibu lakukan bersama si kecil. Ide bermain ini sebagai sarana untuk menstimulasi kemampuannya ya bu, Selamat mencoba.

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like