Categories Pengetahuan Umum

Inilah Beberapa Fungsi Jembatan

Jembatan merupakan salah satu bagai media transportasi yang penting dalam hal segala  aktifitas lalu lintas, pemerintah bahkan secara khusus menganggarkan dana untuk pembangunan jembatan setiap tahunnya.

Banyak sekali macam-macam jenis jembatan yang dibangun dan digunakan di seluruh dunia mulai dari  jenis Beam Bridge atau disebut juga Jembatan Grider. Jembatan Grider merupakan jembatan yang paling sangat  sederhana di dunia,  kemudian ada yang namanya Truss Bridge atau Jembatan sebagai Beam Bridge with Truss, merupakan versi lain dari Beam Bridge namun lebih  sangat kokoh.

Jenis yang ketiga yaitu Arch Bridge atau Jembatan Lengkung, disebut sebagai Jembatan Lengkung karena memiliki bentuk yang melengkung setengah lingkaran menyerupai sebuah panahan atau parabola. meskipun jembatan jenis ini terlihat lebih rumit karena membutuhkan waktu yang lebih sangat  lama, namun jembatan lengkung lebih sedikit membutuhkan jika dibandingkan dengan model jembatan yang  lainnya.

Jenis ke-empat adalah Suspension Bridge atau disebut jembatan gantung. Jembatan ini di desain mirip  seperti menara dimana terdiri dari tali, kabel, rantai serta jangkar untuk mengurangi tegangan dan kompresi.

Jenis jembatan selanjutnya dan sudah banyak orang tahu adalah The Living Bridge. Jembatan ini merupakan jembatan alami yang terbuat dari berberapa  pepohonan yang merambat guys. biasanya dari akar pepohonan yang merambat. Salah satu negara yang memiliki jembatan jenis ini adalah India.

Setelah mengetahui bebapa jenis jembatan, pernah tidak berfikir kenapa begitu banyak sekali jembatan yang dibangun di seluruh dunia,  hal tersebut karena fungsi jembatan yang sangat dibutuhkan oleh semua bagian banyak  orang.

Berikut ini beberapa fungsi dari pembangunan jembatan yang perlu kalian ketahui sebagai berikut :

1.Sebagai alat untuk  penyeberangan

2.Sebagai sarana pada  infrasutruktur

3.Sebagai penghubung dua ruas jalan yang dilalui rintangan

4.Meningkatkan perekonomian negara karena akses untuk mengangkut barang dan permintaan jasa menjadi  sangat lebih mudah

5.Meningkatkan perekonomian masyarakat karena banyak kawasan sekitar jembatan dijadikan sebagai lokasi pariwisata,  bahkan jembatan pun bisa dijadikan sebagai objek wisata.

6.Meningkatkan kelancaran pada arus lalu lintas bagi angkutan barang maupun orang serta menghemat biaya karena jarak tempuh akan  lebih pendek.

Selain 6 fungsi jembatan di atas, masih banyak manfaat membawa dampak positif bagi masyarakat baik manfaat langsung / tidak langsung.

Itulah beberapa informasi  fungsi jembatan dan manfaat banyak untuk sebagian semua orang serta bisa meningkatkan kelancaran pada arus lalu lintas serta menambah dan meningkat perekonomian masyrakat apabila jembatan di jadikan sebagai objek pariwisata, serta alat penyebrang jalan agar menjadi lebih mudah, terima kasih

 

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like