Categories Binatang Umum

Ketahui, 7 Tanda Ikan Cupang yang Sehat Sebelum Membelinya

Ikan cupang telah menjadi  sebuah hobi bagi sebagian masyarakat pada umum nya yg suka memilhara ikan cupang , peliharaan yang begitu populer di kalangan pecinta ikan hias saat ini, sehingga tak heran kalau mulai banyak penjual ikan cupang di kios-kios maupun secara online, memelihara ikan cupang telah menjadi salah satu kegiatan yang diyakini mampu mengusir kebosanan dan menghilangkan stres bagi kaum  penikmatnya. Keindahan warna dan siripnya dikatakan menjadi daya tarik yang paling  utama yang mampu memberikan kesenangan tersendiri bagi setiap  seseorang, di luar perilaku ikan cupang yang sangat agresif. bagi kalian  yang baru berencana membeli ikan cupang untuk dipelihara di rumah, kalian harus bisa memastikan bahwa ikan cupang yang kalian  pilih itu benar-benar sehat,  dan apabila kalian  tidak tahu tanda-tanda ikan cupang yang sehat, maka jangan khawatir karena pada artikel kali ini saya  akan membahasnya. Dilansir dari beberapa nara sumber, tanda-tanda ikan cupang yang sehat adalah sebagai berikut.

1. Warna cerah

Cupang yang sehat akan memiliki beberapa  warna yang cerah, kecuali kalian memilih ikan cupang yang berwarna putih, Warna cupang yang pucat merupakan indikasi bahwa mereka tidak terlalu sehat.

Warna ikan cupang yang pucat juga menunjukkan bahwa mereka juga tidak diberi makan dengan cara yang  benar.

2. Aktif

Apabila kalian melihat ikan cupang aktif bergerak serta merespon baik saat kalian  melihat atau mendekatinya, itu merupakan tanda kalau mereka sehat dan mempunyai kualitas yang secara  baik.

3. Tidak ada luka

Untuk mengetahui ikan cupang sehat adalah dengan memastikan ikan cupang yang hendak kalian beli tidak memiliki ada nya luka.
Jika kalian  melihat sirip cupang robek atau koyak, itu sering kali merupakan tanda busuk sirip (fin rot). Dan jika bukan busuk sirip, itu karena mereka menggigit ekornya sendiri,  Luka pada ikan cupang dapat terinfeksi dengan cepat, apalagi jika cupang sedang stres. Dan jika kalian membeli ikan cupang dalam keadaan stres dan membawanya pulang, hal itu dapat meningkatkan tingkat stres pada  mereka.

4. Mata jernih

Tanda lain yang menujukkan seekor ikan cupang sehat adalah dengan memastikan mata ikan cupang yang kalian  pilih itu jernih dan tidak keruh atau melotot. Jika warnanya keruh atau menonjol, itu pertanda masalah mata, serta infeksi bakteri. Jadi, pastikan cupang yang akan kalian  beli memiliki mata yang bagus dan sangat  jernih.
tidak ada noda jamur saat hendak membeli ikan cupang, kalian  perlu memerhatikan dengan baik kondisi seluruh badannya. Ikan cupang yang sehat tidak memiliki noda jamur atau beludru pada badannya.

5. Mereka tidak bersembunyi

Ikan cupang yang  begitu sehat tidak akan bersembunyi dari ikan lain. Jika mereka bersembunyi, maka ini sering kali merupakan pertanda bahwa ikan cupang sakit atau lemah. Karena mereka tahu mereka lemah, mereka mencoba menjauh dari ikan lain karena mereka merasa  diri nya terancam. Ikan cupang yang bertingkah seperti ini sebaiknya tidak kalian  pilih.

6. Mereka akan menanggapi kamu

Meskipun tidak semua ikan cupang akan melakukan hal seperti  ini, ini adalah pertanda yang sangat baik jika cupang bereaksi saat kalian meletakkan tangan atau jarimu di dekat akuariumnya. Jika mereka sadar dan menabrakkan dirinya ke tanganmu yang menempel di akurium biasanya itu pertanda mereka sehat.

7. Hindari membeli ikan cupang yang diletakkan di gelas cup plastik

Terakhir, pastikan kalian  menghindari membeli ikan cupang yang diletakkan di dalam cup gelas plastik. meskipun banyak penjual yang menyimpan ikan cupang miliknya di tempat seperti ini, tetapi itu sangat kejam. Jika mereka memperlakukan ikan cupang mereka seperti ini secara terang-terangan, bayangkan apalagi yang mungkin mereka lakukan tanpa sepengetahuan orang. sebagai gantinya, beli cupang yang ada di dalam akuarium besar bersama ikan lain, dan pastikan semua ikan di dalam akuarium terlihat akan sehat.

Itulah beberapa atau sebagaian tips dalam memilih ikan cupang pada saat kalian membeli atau memilahara ikan cupang, semoga artikel di atas bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba.

 

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like