Menjalin hubungan asmara dengan seseorang yang disayangi dan dicintai memang terasa indah dan membuat hidup lebih berwarna. Namun di sisi lain sebagai orang dewasa, usia tentu akan terus bertambah dan hal yang wajar kalau kita ingin menikah.

Sebuah hubungan baik melalui pacaran atau tidak tentunya banyak dari pasangan yang ingin melanjutkan hubungan mereka kearah yang lebih serius. Tanda keseriusan hubungan adalah melalui ikatan pernikahan.

Namun terkadang, banyak dari pasangan tersebut tak kunjung menikah. Mengapa? Kebanyakan dari pasangan tersebut terkendala masalah dari si pria. Tak sedikit pria yang cukup mantap memilih untuk segera menikah. Dibawah ini sedikitnya ada tiga alasan, kenapa pria terkesan sulit berkomitmen untuk segera menikah:

  1. Takut kehilangan kebebasan

Banyak pria yang sulit berkomitmen untuk segera menikah salah satu alasannya takut kehilangan kebebasannya. Terkadang mereka salah sangka bahwa menjalin komitmen dan terikat pernikahan akan menghilangkan kebebasannya. Padahal tidak semua kasus pernikahan seperti itu. Banyak dari mereka yang sudah menikah pun masih tetap bisa kumpul bersama teman – temannya tak selalu dengan istrinya.

Tetapi bisa juga ini menjadi tanda bahwa pria tersebut belum dewasa. Pria yang belum dewasa memang terkesan masih ingin bebas tanpa terkekang. Namun, pria dewasa tahu kalau dia bisa tetap memegang kemandirian dan kebebasannya meski sudah menikah. Sayangnya, itu hanya ketakutannya belaka karena dia belum memahami dan mengalaminya sendiri.

  1. Takut kehilangan identitas diri

Pria takut bahwa kepentingan bersama, ‘aku’ menjadi ‘kita’ akan mengubah dirinya menjadi orang lain. Dia takut bahwa pandangannya terhadap sesuatu akan berubah karena dia buta karena cinta dan adanya tuntutan dari berbagai pihak. Bagi mereka, menikah menjadi hal menakutkan baginya karena dia takut tak lagi jadi dirinya sendiri.

  1. Tidak Serius Menjalin Hubungan
Baca Juga:  Menikah? Kamu Yakin Sudah Siap Menjalani Hal-Hal Ini Bersama Si Dia?!

Alasan utama pria tak ingin segera berkomitmen dengan pasangannya, tentu saja karena dia memang tak niat menjalin hubungan serius. Bisa saja dia hanya main-main atau hanya ingin sekedar pacaran. Dia mungkin mencintai pasangannya tapi menggantungkan hubungan tanpa kejelasan. Pria tersebut hanya mengikuti kata hatinya tapi belum ada niatan serius untuk menikah.

Pria yang tidak serius menjalin hubungan kemungkinan pula masih sibuk dengan dunia kerjanya, atau masih keadaan menabung uang guna pernikahannya. Karena ketika pria sudah sibuk dengan kerjaannya barangkali dia belum sempat memikirkan waktu untuk menikah.

Berita sebelumyaMembuat Steak Tempe Yuk, Makanan Sehat yang Ngga Kelihatan Murahan
Berita berikutnyaIni Dia Daftar Peralatan yang Wajib Kamu Bawa Saat Mendaki Gunung!
Jemmy Rizaldi
"Kecil Terbina, Remaja Terjaga, Muda Berkarya, Keluarga Bahagia, Tua Bersahaja"