Setiap orang terkadang pernah mengalami gejala dehidrasi. Bayi, anak-anak, bahkan orang tua sekalipun dapat mengalami dehidrasi dan tanda serta gejalanya bervariasi, tergantung tingkat keparahannya.

Tanpa disadari, dehidrasi dapat membahayakan tubuh. Kehilangan air tubuh tanpa menggantikannya menyebabkan darah Anda menjadi lebih terkonsentrasi. Ketika dehidrasi terjadi, umumnya ditandai dengan rasa haus, mudah lelah, kepala pusing, kulit kering.

Namun tahukah Anda, dehidrasi juga dapat menyebabkan tanda penurunan mental dan fisik. Berikut tanda dehidrasi yang jarang orang ketahui :

  1. Detak Jantung dan Pernapasan Cepat

Wajar jika detak jantung meningkat dan pernapasan cepat saat berolahraga. Tetapi jika gejala tersebut tidak hilang usai berolahraga atau bahkan Anda tak melakukan aktivitas fisik tersebut, itu tanda dehidrasi.

Ya, artinya Anda mengalami dehidrasi parah karena jumlah elektrolit yang terkuras dapat memengaruhi kemampuan jantung untuk memompa darah.

Solusi: Agar fungsi jantung, hati, ginjal, dan paru-paru berfungsi baik perlu asupan cairan yang cukup. Jika tanda pertama ini dirasakan, Anda bisa segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan menyeluruh.

Dokter kemungkinan akan memberikan cairan intravena yang mengandung larutan rehidrasi konsentrat (air dengan garam dan gula seperti natrium klorida dan kalium), untuk pengiriman cepat cairan ke bagian yang paling haus dari tubuh Anda.

  1. Kebingungan

Tahukah Anda bahwa otak terdiri dari 73 persen air? Itu sebabnya minum air dan makan makanan yang penuh air dapat membantu otak Anda bekerja lebih baik.

Di sisi lain, jika Anda tidak mendapatkan cukup cairan, dapat berdampak buruk, seperti merasa bingung mengapa Anda bisa sampai di suatu tempat atau tentang apa yang dilakukan. Dampak lainnya sering pingsan yang artinya Anda mengalami dehidrasi parah.

Baca Juga:  3 Gejala Anak Terinfeksi Virus Covid-19

Solusi: Lakukan rehidrasi dengan benar dengan memperlambat minum air dan mengonsumsi makanan yang kaya air, seperti mentimun, semangka, tomat, stroberi, apel, dan anggur.

  1. Demam dan Mengigil

Demam dan mengigil erat dikaitkan dengan flu atau infeksi telinga. Namun jangan sampai keliru ya karena bisa jadi tanda berbahaya, yaitu dehidrasi parah.

Ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup cairan, sulit untuk mempertahankan suhu tubuh yang teratur. Kondisi itu juga dapat menyebabkan hipertermia dan gejala seperti demam termasuk kedinginan.

Solusi: Segara hentikan olahraga apa pun atau aktivitas berat. Jika kondisi itu terjadi di rumah, kompres wajah dengan air dingin.

informasi kesehatan lainnya bisa kamu dapatkan lebih lengkap dengan mengunjungi website sariasih.com