Kangkung merupakan salah satu sayuran populer yang ada di Indonesia. Kangkung seringkali dikonsumsi karena memiliki rasanya yang khas dan nikmat. Hal tersebut membuat sayuran ini bisa diolah menjadi berbagai makanan pendamping nasi, seperti tumis kangkung, cah kangkung, pecel, dan sebagainya.

Mengonsumsi kangkung secara rutin ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari mengurangi kolesterol hingga mencegah penyakit kanker, berikut enam manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh :

1. Mengurangi Kolesterol

Manfaat pertama dari kangkung adalah mengurangi kolesterol. Kandungan trigliserida dalam kangkung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh secara efektif.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cara alami, mengonsumsi Kangkung bisa menjadi opsi karena kangkung juga kaya akan serat alami. Kadar air yang tinggi pada kangkung bisa memberikan tambahan cairan pada tubuh.

2. Mengatasi Insomnia

Kangkung bisa mencegah insomnia atau kesulitan tidur. Karena kangkung menjadi unsur penenang bagi seseorang sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Kandungan selenium dan seng pada kangkung dapat membuat saraf kendur dan rileks. Selain itu, kandungan karbohidrat dan lemak dalam kangkung juga bisa memicu otak untuk merasakan kantuk.

3. Meredakan Penyakit Hati

Penyakit hati seperti penyakit kuning dan sejenisnya dapat diobati dengan mengonsumsi kangkung. Kangkung dapat memicu produksi enzim yang akan membersihkan (detoksifikasi) hati dari racun dan zat sisa yang dapat menyebabkan kerusakan fungsi hati.

Ekstrak dari kangkung dapat digunakan sebagai pengobatan ayurvedic untuk berbagai masalah hati. Anda dapat mengonsumsi kangkung untuk menjadi lauk pelengkap makan seperti dijadikan tumis kangkung atau pecel kangkung.

4. Mengobati Gangguan Pencernaan dan Sembelit

Kangkung kaya akan serat sehingga membantu gangguan pencernaan. Kangkung dapat membantu penderita sembelit untuk mengatasi masalah perutnya secara alami.

Selain itu, kangkung juga berguna untuk menghilangkan rasa sakit bagi penderita maag. Anda dapat merebus kangkung lalu dimakan sebagai lalapan. Sayuran ini juga digunakan dalam pengobatan infestasi cacing usus.

5. Mengatasi Anemia

Anemia terjadi pada seseorang akibat faktor kekurangan zat besi di dalam tubuh. Kangkung bisa membantu menyediakan cukup zat besi dari mineral yang terkandung di dalamnya sehingga mengatasi gejala anemia.

Zat besi mampu meningkatkan produksi sel darah merah (hemoglobin) di dalam tubuh seseorang. Sel darah merah sangat diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel dan organ tubuh Anda, salah satunya jantung dan otak.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Kangkung memiliki kandungan dari 13 jenis senyawa antioksidan. Jadi, kangkung sangat baik dikonsumsi sebagai pencegahan kanker usus besar dan lambung serta kanker kulit dan payudara.

Antioksidan di dalam kangkung dipercaya mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Zat ini juga bisa membantu mengurangi perkembangan sel kanker yang berlipat ganda dan memperkuat sel di dalam tubuh.