Jam tangan merupakan salah satu aksesoris wajib bagi pria. Sangatlah penting bagi pria untuk mengenakan jam tangan sebagai aksesoris karena minim aksesoris pada pria dibanding wanita. Jam tangan yang digunakan pria biasanya lebih mahal. Selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, jam tangan pria juga dapat menunjukkan karakter, identitas dan status sosial.

Namun faktanya, masih banyak yang belum memahami betul dalam menggunakan jam tangan.

  1. Penggunaan Tidak Sesuai Acara

Jam tangan dibuat hingga beragam model dan bahan. Namun tidak semua jam tangan cocok digunakan di semua acara. Untuk cara mudahnya perhatikan bahan dari strap (tali pengikat jam) jam tersebut. Apakah terbuat dari canvas, leather, atau stainless?

  • Cocok sekali untuk aktifitas heavy duty, aktifitas outdoor, sport dan juga casual. Bahannya lentur dan tidak mudah menyerap keringat.
  • Strap dari bahan ini, cocok digunakan pada acara-acara kasual.
  • NATO / ZULU / Nylon. Kebanyakan terbuat dari bahan nylon, penggunaan hampir sama seperti canvas, pada acara-acara kasual.
  • Pada dasarnya, ini cocok digunakan pada acara formal, semi formal, namun tidak salah juga jika anda mencoba pada acara casual.
  • Stainless steel. Wajib sekali untuk acara formal. Namun uniknya, strap dari bahan ini bisa dikenakan pada acara formal atapun casual. Hanya aktifitas outdoor atau sport yang kurang baik. Aktifitas outdoor, olahraga/sport menuntut Anda untuk bergerak bebas dan cepat. Stainless steel kurang lentur, tidak seperti bahan rubber (karet). Kemungkinan terjadinya cedera, luka dan rasa tidak nyaman akan lebih besar.
  1. Terlalu Banyak Kombinasi Aksesoris

Tidak masalah jika Anda sudah mengenakan jam tangan ditambah dengan aksesoris lain, seperti gelang pada tangan yang sama. Hal penting yang menjadi perhatian adalah kuantitasnya. Jika terlalu banyak, kurang baik bagi Anda penganut ideologi simple style. Penggunaan 1 hingga 2 gelang dengan jam tangan bersamaan sudah lebih dari cukup.

  1. Terlalu Longgar
Baca Juga:  3 Kepribadian Wanita yang di Idamkan Para Pria

Perlu diingat jam tangan bukanlah gelang. Pastikan jam tangan pas pada pergelangan. Tidak ketat dan juga tidak terlalu longgar.

Mengenakan jam tangan yang longgar, biasanya akibat dari strap terlalu panjang, atau lubang pada strap tidak cukup. Bawalah ke tempat/tukang servis jam tangan untuk disesuaikan dengan lengan Anda.

  1. Ukuran Tidak Sesuai Pergelangan Tangan

Kesalahan dalam penggunaan jam tangan pria lainnya adalah masalah ukuran. Jika lengan Anda besar, maka jangan gunakan bagian kepala jam yang kecil. Begitu pula sebaliknya. Jika lengan Anda kecil, jangan gunakan bagian kepala jam yang besar. Sesuaikan dengan proporsi pergelangan tangan Anda.