Manfaat dari Berjalan Tanpa Alas
Manfaat dari Berjalan Tanpa Alas

Mungkin pernah anda pernah mendengar bahwa jalan tanpa alas kaki itu menyehatkan. Beberapa dari anda merasakan sakit dan perih ketika mencoba untuk melakukannya. Dan sebagian lain mungkin sudah terbiasa berjalan tanpa alas kaki sehingga tidak merasa sakit atau risih ketika melakukannya.

Sebagian besar orang mendengar anjuran berjalan tanpa alas kaki dari orang-orang tua dahulu. Bahwa lebih menyehatkan berjalan tanpa alas kaki dibanding berjalan dengan kaki yang beralas seperti sandal atau sepatu. Namun seiring praktisnya zaman membuat sebagian dari kita enggan untuk melakukannya karena sakit, perih, risih, kotor, dan lain-lain. Terkadang kita juga khawatir kaki akan terluka karena menginjak bebatuan yang tajam. Atau juga terkadang kita khawatir bakteri-bakteri kotor di jalanan akan membuat kaki kita iritasi ataupun masalah-masalah lainnya.

Mudah bagi kita untuk mengetahui dampak-dampak buruk dari berjalan tanpa alas kaki. Sampai-sampai kita juga menghiraukan dampak-dampak baik yang akan kita peroleh dari berjalan tanpa alas kaki. Karena mungkin dampak-dampak buruk adalah hal pertama yang terpikir di benak kita ketika berjalan tanpa alas kaki.

Maka tahukah kita apa saja dampak-dampak baik yang akan  kita dapat dari berjalan tanpa alas kaki?

Berikut adalah beberapa manfaat dari berjalan tanpa menggunakan alas kaki:

  1. Membantu Mengurangi Resiko Peradangan

Berjalan tanpa menggunakan alas kaki dapat membantu mengurangi resiko peradangan. Karena berjalan tanpa mengguanakan alas kaki dapat membantu mengilangkan penyebab utama terjadinya peradangan atau inflamasi pada tubuh yaitu radikal bebas.

Terdapat elektron-elektron bebas di dalam bumi yang akan mengalir ke tubuh manusia ketika berjalan tanpa alas kaki. Kemudian elektron-elektron tersebut menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan bekerja sebagai antioksidan alami.

  1. Membantu Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Berjalan tanpa menggunakan alas kaki (Grounding) dapat menghindari pembekuan dan pengentalan darah pada sel darah merah. Pembekuan darah adalah penyebab utama yang memicu penyakit jantung dalam tubuh seseorang. Maka, dengan berjalan tanpa alas kaki anda akan mendapat salah satu manfaatnya yaitu meminimalisir resiko terjadinya penyakit jantung.

  1. Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Sama halnya seperti berolahraga yang menggunakan otot tambahan, berjalan tanpa alas kaki pun menggunakan otot tambahan juga. Ketika seseorang berjalan tanpa alas kaki, ia ototmatis menggunakan otot tambahan pada kaki dan tungkai yang berfungsi mengirimkan sinyal ke otak dan juga membantu menjaga keseimbangan tubuh. Menggunakan otot tambahan ketika berjalan tanpa alas kaki dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Baca Juga:  Ini 6 Dia Alasan Anda Harus Memilih RS Sari Asih

Info tentang kesehatan lainnya bisa anda cek dengan mengunjungi website sariasih.com

Baca juga :

Manfaat Dari Pahitnya Pare