Ilustrasi nasi sebagai sumber makanan utama.

Data Riset Kesehatan Nasional (Riskesnas) tahun 2016 menunjukkan penduduk dewasa berusia diatas 18 tahun yang mengalami kegemukan atau obesitas sebesar 20,7 persen, hal ini tentu menjadi perhatian khusus untuk mulai hidup sehat. Nasi putih yang kita kenal sebagai sajian pokok masyarakat Indonesia justru terindikasi sebagai penyebab masalah berat badan itu sendiri. Sebenarnya benarkah nasi putih penyebab mutlak masalah berat badan? Mari kita kupas satu persatu.

Sumber: cnnindonesia.com

1. Stereotipe dalam memakan nasi

Tidak kenyang bila belum mengkonsumsi nasi, itulah stereotipe yang berkembang di masyarakat Indonesia. Jika kita mengkonsumsi mie instan dan dianggap belum komplit maka hal yang akan kita lakukan dengan menambahkan nasi dengan mie, hal ini lah yang dapat memicu masalah berat badan karena seperti yang kita ketahui bahwa mie mengandung karbohidrat dan nasi juga demikian.

2. Nasi sumber makanan utama

Nasi putih merupakan sajian wajib bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, hampir di setiap rumah makan atau restoran pasti menyediakan nasi putih sebagai sajian utama. Padahal nasi putih memiliki kalori yang lebih tinggi serta serat yang lebih rendah dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya, sebut saja nasi merah yang dapat menjadi alternatif karena memiliki serat yang lebih tinggi sehingga tidak perlu mengkonsumi dalam jumlah yang besar akan merasa kenyang ataupun kentang yang memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih.

Sumber: hellosehat.com

3. Pemilihan jenis nasi itu sendiri

Bila disadari dengan seksama, mengkonsumsi nasi putih akan menghasilkan rasa agak manis bila dikunyah terus menerus, hal ini karena nasi putih mengandung gula yang membuatnya manis. Bila dibandingkan dengan nasi merah maka rasa nasi merah akan berbeda drastis karena terasa lebih hambar dan kurang nikmat, namun di balik hal itu terdapat kelebihan nasi merah yaitu lebih sehat daripada nasi putih karena memiliki serat yang lebih tinggi.

Baca Juga:  6 Makanan Yang Bisa Bikin Orang Mudah Ngantuk