sari asih

Definisi dari kulit yang cantik adalah kulit yang sehat, terawat, dan dapat membuat seseorang merasa nyaman dan percaya diri. Bebas dari permasalahan kulit, seperti jerawat, komedo, keriput, dan lain-lain. Tak hanya kulit yang cantik, namun juga kulit yang sehat dan terawat. Memiliki kulit yang sehat dan terawat dapat mencegah Anda terjangkit berbagai penyakit dan menunjang penampilan Anda sehingga lebih percaya diri.

Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara menjaga kesehatan kulit dengan benar, sebagian orang bahkan dengan sengaja mengabaikannya. Sebenarnya apa yang perlu kita lakukan sebagai cara menjaga kesehatan kulit?

  1. Perawatan Rutin yang Teliti

Bersihkanlah kulit dua kali sehari. Jangan terlalu sering karena dapat mengganggu lapisan minyak alami kulit, namun juga jangan terlalu jarang karena dapat membuat kulit kotor dan kusam. Pastikan agar semua riasan, tabir surya, pelembap, dan bahan apa pun yang diaplikasikan pada kulit pada pagi atau siang hari dibersihkan sebelum tidur malam.

  1. Penggunaan Sabun yang Lembut

Hindari pemakaian sabun yang mengandung pewangi berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Lebih baik menggunakan sabun yang lembut, dan mengandung pelembap cukup untuk kulit.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Kulit kita, 80 persennya terdiri dari air. Jika kita kurang minum, kulit kita akan menjadi kusam dan kurang segar. Dengan kita minum cukup air sekitar 2-2,5 liter sehari. Kulit kita akan terhidrasi dengan baik, sehingga wajah kelihatan lebih muda dan segar.

  1. Tentukan Nutrisi yang Seimbang

Menentukan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi penting karena makanan yang kita makan banyak berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Makanan tinggi antioksidan dapat mencegah penuaan. Makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti sayur dan buah dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Makanan kaya vitamin A seperti wortel, pepaya, buah naga, pisang, apel  dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Makanan dengan kandungan lemak asal tidak berlebihan,  juga tetap dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kenyal.

  1. Rajin Berolahraga
Baca Juga:  3 Gejala Anak Terinfeksi Virus Covid-19

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga dapat membersihkan wajah. Sirkulasi peredaran darah termasuk ke kulit menjadi lebih baik.  dengan berolahraga rutin kita memiliki kulit yang lebih lentur, sehat, dan awet muda.

  1. Tabir Surya

Gunakanlah tabir surya dengan tepat. Meskipun Anda lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, namun jika ruangan Anda memiliki kaca-kaca yang tembus sinar matahari (sinar ultraviolet), baik itu ruangan kantor, ruangan di dalam mobil atau ruangan dapur, maka Anda tetap membutuhkan tabir surya.

Kesahatan kulit ditandai dengan tidak ada penyakit kulit, dan kecantikan kulit ditandai dengan kulitnya LICIN (mulus) , KENCANG(tidak kendor), dan CERAH(tidak kusam).

Informasi kesehatan lainnya bisa anda dapatkan di web www.sariasih.com