Jembatan di sejumlah daerah di Indonesia bisa dibilang menawan dan unik. Selain digunakan sebagai penghubung antara satu daratan ke daratan lain, jembatan juga dijadikan sebagai ikon dari sebuah daerah. Desain jembatan yang menarik dan megah membuat banyak orang tertarik untuk berfoto dan mengunjunginya.

Namun, tahukah Anda jembatan mana saja yang dapat dijadikan destinasi wisata untuk berfoto dan dikunjungi?

  1. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu merupakan singkatan Surabaya Madura. Jembatan ini melintasi Selat Madura penghubung antara Pulau Jawa dan Madura. Jembatan ini memiliki panjang mencapai 5,438 kilometer dan lebar jembatan 30 meter.

Selain sebagai penghubung dua pulau, jembatan ini bisa jadi opsi destinasi wisata Anda di akhir pekan. Jembatan ini memiliki desain yang menarik sehingga Anda bisa jadikan spot foto. Di Jembatan ini pula Anda bisa menghabiskan waktu melihat matahari terbit dan tenggelam yang indah.

Jembatan ini bisa Anda kunjungi kapan saja karena buka selama 24 jam. Saat malam, Anda bisa menikmati pemandangan laut dengan ditemani berbagai cahaya lampu yang indah.

  1. Jembatan Barito

Jembatan Barito berada di Banjarmasin tepatnya di atas Sungai Barito, Kalimantan Selatan. Jembatan ini menghubungkan Jalan Trans Kalimantan dari Banjarmasin menuju ke Palangkaraya dan sebaliknya.

Jembatan ini memiliki panjang mencapai 1,0 kilometer dengan lebar 10,37 meter. Jembatan Barito bisa dijadikan destinasi wisata karena berbagai kuliner mudah ditemui di sekitarnya.

Kerap dijadikan spot foto panorama matahari terbit dan terbenam ditambah pemandangan Sungai Barito memang menjadi daya tarik tersendiri.

  1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera sangat terkenal dibanding jembatan lainnya di Indonesia. Jembatan ini terbentang luas di atas Sungai Musi dan menjadi ikon kota Palembang. Jembatan Ampera Dibangun dengan biaya yang diambil dari perampasan perang Jepang dan merupakan bukti kemenangan Indonesia atas Jepang.

Baca Juga:  Mengenal Lan Fang, Republik Pertama Yang Ada di Wilayah Indonesia

Saat malam, Jembatan Ampera jadi daya tarik bagi para wisatawan. Hal tersebut karena Jembatan ini dihiasi warna-warni lampu unik yang dapat berubah setiap beberapa detik sekali.

Di sudut Hilir dan sudut Hulu ada pula taman yang menghiasi kedua sudut Jembatan Ampera. Hal tersebut membuat jembatan ini semakin ramai dikunjungi sebagai destinasi wisata untuk bersantai dan berfoto.

  1. Jembatan Merah Putih

Jembatan Merah Putih berada di Teluk Dalam Ambon, Maluku. Jembatan ini memiliki panjang 1.140 meter di atas Telok Ambon dan jadi yang terpanjang di Indonesia bagian timur.

Jembatan ini menghubungkan antara Ambon Utara dan Ambon Selatan. Jembatan ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memukau mata. Menjelang malam, lampu-lampu perkotaan menambah pesona jembatan merah putih.

  1. Jembatan Barelang

Jembatan Tengku Fisabilillah (Jembatan Barelang) menjelma sebagai ikon Batam. Jembatan ini memiliki panjang 2.264 meter dan memiliki desain yang megah. Sepintas mirip dengan Golden Gate di San Fransisco, Amerika, jembatan ini ramai dikunjungi.

Magnet utama jembatan ini adalah panorama alam serta hamparan laut yang luas. Pemandangan matahari terbenam di jembatan ini juga menakjubkan.