Categories Pengetahuan Umum

Mengenal arti warna lampu lalu lintas

Pada artikel saya kali ini ingin mengulas dan mengetahui arti warna lampu lalu lintas, sebagian banyak orang atau lapisan masyarakat ada yg belum mengetahui fungsi ada nya lampu lintas karena  Setiap lampu lalu lintas di berbagai persimpangan jalan pasti memiliki warna yang sama, yaitu merah, kuning, dan hijau, sebenarnya ada sejarah panjang dan arti khusus untuk masing-masing warna lampu lintas tersebut,  tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita  simak penjelasan selengkapnya Arti Warna Lampu Lalu Lintas, menurut UU No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan umum atau  Jalan, lampu lalu lintas adalah lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki (zebra cross), dan tempat arus lalu lintas lainnya, lampu lalu lintas memberikan penanda kepada para pengendara untuk kapan waktunya berhenti dan berjalan secara bergantian dari berbagai macam arah, seluruh dunia pasti menggunakan lampu lalu lintas yang sama dari segi warna, yaitu merah, kuning, dan hijau, secara universal, warna merah menandakan berhenti, warna kuning untuk berhati-hati, dan warna hijau menjadi persetujuan agar pengendara dapat melakukan berjalan, Ya, penjelasan itu adalah arti warna lampu lalu lintas yang sudah pasti dipahami oleh setiap semua orang, namun masih ada penjelasan lebih rinci lagi tentang mengapa menggunakan warna merah, kuning, dan hijau.

Mari kita simak dibawah ini arti warna pada lampu lintas sebagai berikut:

  1. Arti Warna Merah pada  Lampu Lalu Lintas

Warna merah pada lampu lalu lintas diambil dari zaman saat  peperangan,  benar sekali, pada saat itu, warna merah memberikan arti  untuk berhenti, Itulah mengapa ketika lampu merah menyala, para pengendara pada jalur tersebut wajib untuk berhenti untuk memberikan kesempatan kendaraan dari arah lain melaju secara bersamaan.

Baca Juga:  Tugas Wasit Sepak Bola

2. Arti Warna Kuning pada  Lampu Lalu Lintas

Untuk warna kuning itu sendiri dalam lampu lalu lintas, artinya diambil dari warna api. Ketika api tersebut  akan menyala, maka para prajurit harus bersiap-siap dalam menghadapi setiap  musuh. dengan filosofi ini, maka warna kuning dalam lampu lalu lintas membuat para pengendara harus mulai siap-siap melaju atau berhenti.

 

3. Arti Warna Hijau pada  Lampu Lalu Lintas

Bagaimana dengan arti warna hijau sendiri,  Hijau identik sebagai warna yang membawa kesan pada saat ketenangan, Arti itu pula yang digunakan dalam lampu lalu lintas. Hijau dalam lampu lalu lintas diambil dari warna daun yang menggambarkan ketenangan,  dengan begitu, lampu warna hijau memberikan arti bahwa para pengendara sudah aman jika pada saat berjalan.

Untuk arti Penyusunan Warna Lampu Lalu Lintas ialah

Sekarang kalian  telah mengerti filosofi dari arti masing-masing warna lampu lalu lintas. dan bagaimana dengan arti penyusunan warna itu  sendiri,  Seluruh lampu lalu lintas pasti menggunakan penyusunan vertikal warna merah, kuning, dan merah dari atas hingga ke bawah, sebenarnya ada tujuan tersendiri mengapa penyusunannya seperti itu,  tujuan utamanya adalah memudahkan bagi  pengguna jalan yang memang buta warna, Warna merah yang memiliki kandungan corak jingga serta hijau mengandung corak biru tetap dengan mudah dilihat oleh orang buta warna,  mereka tetap mampu membedakan kedua warna lampu tersebut ketika akan  menyala, Inilah mengapa penyusunan warna lampu lalu lintas tetap seperti itu di manapun kalian  melihatnya.

Itulah beberapa penjelasan di atas arti warna pada lampu lintas, semoga bermanfaat dan kalian akan dapat mengetahui tentang fungsi pada saat kalian melakukan perjalanan apabila melihat lampu merah pada saat ada  persimpangan jalan.

Baca Juga:  Contoh Surat Kuasa, Jenis-Jenis dan Lengkap dengan Cara Membuatnya

 

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like