Categories Demokrasi Politik Umum

Menyesal Percaya Amerika Serikat, Hubungan Arab Saudi dan AS merenggang

Hubungan Arab Saudi dan Amerika Serikat sedang tidak dalam kondisi baik-baik saja. Pemerintah Arab Saudi menyatakan kecewa telah percaya kepada Amerika Serikat (AS) mengenai perdamaian negara-negara teluk. Hal ini terjadi lantaran Washington yang menghapus status teroris pemberontak Houthi Yaman.

Mantan Duta Besar Saudi untuk Inggris yang juga ahli intelijen, Pangeran Turki Al Faisal mengatakan bahwa Houthi masih merupakan ancaman regional yang berbahaya. Pemberontak yang didukung Iran itu bahkan disebutnya telah membawa ancaman bagi dalam negeri Saudi.

“Saudi menganggap hubungan ini strategis, tetapi mereka kecewa pada saat kami percaya bahwa Amerika Serikat dan Arab Saudi harus Bersama dalam menghadapi apa yang kami lihat sebagai ancaman Bersama terhadap stabilitas dan keamanan Kawasan,” ujarnya kepada Arab News, Senin (2/5/2022).

“Hubungan Arab Saudi dan AS telah mencapai titik terendah dalam beberapa decade,”tulis Wall Street Journal dikutip Selasa (26/4/2022).

“Putra Mahkota MBS meneriaki penasihat keamanan nasional Jake Sullivan selama pertemuan tahun lalu, Ketika pejabat AS membahas pembunuhan kolumnis Jamal Khashoggi,”tambah media tersebut.

Bukan hanya itu, kemarahan MBS juga menyasar minyak. Ia meminta agar AS berhenti meminta negaranya memompa lebih banyak minyak. Meski demikian, Gedung Putih membantah laporan Wall Street Journal.

Bagaimana sobat barisandepan.com? Apakah kekecewaan kepada AS hanya dirasakan oleh Arab Saudi saja? Atau kalian merasakan hal yang sama seperti Arab Saudi? Comment dibawah ya!

Sumber : cnbc Indonesia

Follow @barisandepan_com

#minyakdunia #hubungan #hubungannegara #hubunganinternational #minyak #amerika #amerikaserikat #arabsaudi #politik #politikinternational #pangeranarab #biden #joebiden#presiden #presidenukraina #Presidenrusia #putin #zelensky #perang #perangukraina #perangrusia #eropa #perangeropa #perangdunia #Perangdunia3 #perangnuklir #berita #beritaperangrusia

Worker, Content Creator, Investor Receh

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like