Pendirian Badan Usaha
Pendirian Badan Usaha

Bisnis atau usaha adalah jenis pekerjaan yang banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari jumlah usaha mandiri yang terdapat di tanah air, tak terhitung jumlahnya. Kemudahan pendirian badan usaha menjadi salah satu alasan untuk memilih membangun bisnisnya sendiri daripada bekerja pada orang lain.

Berbisnis bukan hanya dilakukan oleh kaum pria yang notabene sebagai kepala rumah tangga atau pencari nafkah, tetapi juga kaum wanita. Pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga bahkan mereka yang sudah berstatus karyawan pun ada yang menekuni bisnis sebagai pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan.

Ada 3 skala usaha yang perlu diketahui, yakni skala kecil, menengah dan besar. Namun, tahukah Anda bahwa sebuah bisnis yang baik bukanlah hanya dipertimbangkan dari skalanya, tetapi juga adanya status hukum atau legalitas dari Menteri Hukum dan HAM.

Ketahui Hal Penting dalam Pendirian Badan Usaha Bagi Pemula!

Membuka bisnis secara profesional memang memerlukan modal yang besar dan proses yang cukup lama. Hal ini cenderung tidak mudah bagi pemula. Namun, bila Anda ingin sukses dalam sekali mencoba, maka pelajarilah hal-hal tentang membangun usaha sebelumnya. Terutama terkait perizinannya.

Membangun sebuah bisnis yang kompeten ibarat mempersiapkan kelahiran sang anak, penuh ketelatenan dan persiapan yang matang. Apa saja yang perlu Anda persiapkan dalam membuka tempat usaha? Cek daftarnya berikut ini!

  • Menentukan Jenis Usaha

Secara umum ada 5 jenis badan usaha yang paling dominan di Indonesia. Di antaranya, perusahaan perseorangan, Perseroan Terbatas (PT), Persekutuan Komanditer (Commanditaire Vennootschap/CV), Firma dan Yayasan. Kelima jenis badan usaha ini merajalela di berbagai penjuru nusantara.

Saat Anda berselancar di sosial media pun, kelima jenis usaha ini yang paling banyak iklannya. Baik iklan produk, jasa maupun lowongan kerjanya kian berseliweran di berbagai sosial media. Mengapa demikian?

Baca Juga:  Pentingnya Memilih Jasa Pendirian PT Yang Berkualitas

Hal ini karena tujuan mereka ialah mencari pelanggan atau klien sebanyak-banyaknya. Semakin masif promosi, maka semakin besar peluang produk atau jasa yang terjual. Maka sosial media pun menjadi jalan yang empuk bagi tumbuh kembangusahanya.

Berikut ini pengertian dari 5 jenis usaha tersebut.

  1. Perusahaan Perseorangan

Perusahaan perseorangan adalah jenis usaha sederhana yang mudah didirikan. Usaha jenis ini bisa dibentuk dan dijalankan secara mandiri tanpa harus membuat kesepakatan dengan pihak lain. Usaha perseorangan dapat dijalankan dengan modal seadanya maupun keterbatasan jumlah produk.

Namun, karena pendirian/pembuatan usahaperseorangan bersifat individual atau personal,maka pemilikperusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab yang lebih besar.

  1. Perseroan Terbatas

Perseroan Terbatas disingkat dengan PT merupakan jenis usaha yang didirikan di atas badan hukum dan dijalankan oleh beberapa pihak. Jenis usaha ini menggunakan modal yang disebut dengan saham.Sehingga tanggung jawab pihak yang bersangkutan hanya sebatas pada besarnya saham yang ia tanamkan.

Indonesia memiliki banyak PT mulai dari skala kecil, menengah hingga besar. Sebuah PT yang besar mampu mempekerjakan ratusan bahkan ribuan tenaga kerja. Jadi, bisa dibayangkan betapa besar peluang sebuah PT untuk meraup omzet hingga ratusan bahkan miliaran rupiah.

  1. Persekutuan Komanditer (Commanditaire Vennootschap/CV)

Persekutuan Komanditer atau CV ialah persekutuan usaha dari 2 orang atau lebih atas dasar saling percaya. Ada dua jenis sekutu di dalamnya yakni sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif adalah pihak yang memiliki tanggung jawab penuh terhadapoperasional perusahaan. Beserta dengan risiko yang mungkin ditimbulkannya.

Sedangkan sekutu pasif adalah pihak yang menanam modal namun tak turun langsung ke lapangan. Atau yang lazim disebut dengan investor. Sekutu pasif hanya bertanggung jawab terhadap risiko sebesar modal yang ditanamkannyapada pendirian badan usaha.

  1. Firma

Seperti halnya PT dan CV, pendirian Firma dilakukan oleh dua orang atau lebih. Tetapiperizinannya bisa hanya dengan menggunakan akta bertanda tangan, bukan akta formal seperti yang lainnya.

Baca Juga:  Pendirian CV, Yuk Kenali Disini

Modal yang digunakan berasal dari para pendirinya. Nantinya, keuntungan yang diperoleh akan dibagi sesuai dengan isi dalam akta kesepakatan.

  1. Yayasan

Yayasan merupakan salah satu jenis usaha berbadan hukum yang menangani kasus kemanusiaan atau sosial. Indonesia merupakan negara yang kadang tertimpa berbagai bencana, seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi dan lain sebagainya. Sehingga kehadiran yayasan amat sangat berarti bagi negeri ini.

Program-program yang diadakan oleh yayasan bertujuan untuk membantu para korban terdampak bencana alam dari segi ekonomi, kesehatan maupun psikologi dengan cara menjaring donasi sebanyak-banyaknya. Dari situ pula, yayasan akan mendapatkan keuntungan untuk memperbesar usahanya.

Setelah menentukan jenis usaha yang akan Anda jalankan, selanjutnya kumpulkan modal dan partner untuk merealisasikan perusahaan impian Anda. Khusus untuk perusahaan perorangan, Anda bisa memulai dengan modal seadanya tanpa partner bisnis.

Bagi pemula tentunya baru memikirkan jenis usaha saja sudah cukup merumitkan pikiran. Apalagi jika itu Anda lakukan tanpa bimbingan atau arahan dari pihak yang lebih ahli di bidangnya. Oleh karena itu, QuickLePermit hadir untuk membantu merealisasikan pendirian badan usaha Anda.

Kami menyediakan paket pendirian berbagai usaha dengan harga yang super hemat. Ini akan sangat membantu Anda yang menginginkan pengadaan dengan budget minimalis dan proses cepat. Berikut ini rinciannya.

  • Paket Pendirian dan Perizinan PT

Harga Rp 5.000.000,-

Fasilitas yang Anda peroleh antara lain:

  1. Pengecekan & Pemesanan Nama PT
  2. Akta Pendirian Notariil
  3. SK Pengesahan Badan Hukum dari Menteri Hukum & HAM RI
  4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  5. Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Pajak
  6. Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)
  7. Nomor Induk Berusaha (NIB)
  8. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  9. Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Paket Pendirian dan Perijinan CV

Harga Rp 4.500.000,-

Baca Juga:  QuickLe Permit, Tawarkan Harga Pendirian Badan Usaha Murah Berkualitas

Fasilitas yang Anda peroleh antara lain:

  1. Pengecekan & Pemesanan Nama CV
  2. Akta Pendirian Notariil
  3. Surat Keterangan Terdaftar dari Menteri Hukum & HAM RI
  4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  5. Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Pajak
  6. Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)
  7. Nomor Induk Berusaha (NIB)
  8. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  9. Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Paket Pendirian dan Perijinan Firma

Harga Rp 5.000.000,-

Fasilitas yang Anda peroleh antara lain:

  1. Pengecekan & Pemesanan Nama Firma
  2. Akta Pendirian Notariil
  3. Surat Keterangan Terdaftar dari Menteri Hukum & HAM RI
  4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  5. Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Pajak
  6. Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)
  7. Nomor Induk Berusaha (NIB)
  8. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  9. Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)

Itulah rincian paket hemat pendirian badan usaha dari kami untuk Anda calon pengusaha sukses. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan pendirian dan perizinanusaha secara cepat, berkualitas dan terpercaya.