Hai….jumpa lagi sobat plantania.. Semoga kalian semua dalam keadaan fresh dan selalu semangat ya.

Sharing kita kali ini adalah tentang tanaman yang banyak sekali kita jumpai di sekitar kita. Tanaman yang tak lekang oleh waktu, baik lagi ngetrend atau tidak, tanaman ini tetap mendominasi dunia pertanaman hias dan banyak digemari.

Selain karena bentuknya yang simpel, karakternya yang bandel & mudah perawatan, tanaman ini juga memiliki manfaat yang luar biasa.

Ya, Sanseviera atau Snake Plant atau Lidah Mertua. Tanaman ini bersifat anti polutan dan sangat bermanfaat untuk membersihkan, sekaligus memproduksi udara. Karena dia mampu menyerap racun dan karbondioksida, kemudian melepaskannya menjadi oksigen. Sehingga udara menjadi bersih, sehat & segar.

Inilah alasan kenapa kita banyak menjumpai tanaman ini sering berada di dalam ruangan, baik di rumah-rumah, gedung maupun perkantoran. Karena selain manfaatnya bagi kesehatan, meletakkan Sanseviera di sudut ruangan juga semakin mempercantik dekorasinya.

Sanseviera memiliki kemampuan mudah beradaptasi dengan lingkungan tempat dia tumbuh. Pada kondisi lembab maupun kering/panas, dia mampu bertahan meski beberapa waktu tidak disiram.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan sharing bagaimana sih cara memperbanyaknya? Tentu saja berdasarkan pengalaman yang sudah saya praktekkan ya…

Memperbanyak Sanseviera bisa dengan cara stek daun dan cara pemisahan anakan.

1. Cara stek daun.

Sanseviera merupakan tanaman yang tidak berbatang seperti tanaman-tanaman lainnya. Karena daunnya adalah sekaligus juga batangnya.

Dengan teksturnya yang keras, maka daun sekaligus batang ini bisa tegak dan kuat berdiri. Ketika daun sudah rimbun dan kita ingin memperbanyaknya, maka tinggal potong saja salah satu daun yang bagus & sudah dewasa. Kemudian kita potong lagi menjadi beberapa bagian, masing-masing panjangnya kurang lebih 10-15cm. Jangan terlalu pendek ya, supaya resiko kegagalan bisa diminimalisir ( satu lembar daun bisa menjadi 2 atau 3 potongan ). Jangan lupa untuk memperhatikan mana bagian atas dan mana bagian bawah. Karena nanti saat menancapkan ke media tanah, jangan sampai posisinya terbalik.

Supaya lebih gampang, potong runcing bagian bawahnya, agar lebih mudah ketika menancapkan ke media tanah.

Siapkan wadah untuk persemaian beserta media tanahnya. Siram hingga media lembab, lalu tancapkan potongan daun-daun tadi.

Letakkan di tempat teduh, lakukan penyiraman secukupnya. Beberapa minggu kemudian, muncullah anakan-anakan baru.

Oiya, selain di media tanah, kita juga bisa melakukan propagasi di media air. Tinggal masukkan potongan-potongan daun Sanseviera tadi ke dalam air hingga terendam seperempatnya, lalu tunggu sampai keluar akar dan anakannya.

Ketika anakan-anakan tersebut sudah besar dan akar juga sudah banyak, maka saatnya untuk ditanam secara mandiri dengan cara memotong akar/rimpang penghubung antara daun dan anakan.

Perlu diketahui, bahwa cara perbanyakan seperti ini membutuhkan waktu yang agak lama. Karena betul-betul memulainya dari nol. Jadi harus sabar ya..

Tapi keuntungannya, kita bisa memperbanyak dengan jumlah yang sesuai dengan keinginan kita.

2. Cara pemisahan anakan

Ketika kita membiarkan tanaman Sanseviera ini bebas begitu saja, maka dia akan terus beranak pinak. Bahkan dalam satu pot, bisa tumbuh banyak berdesak-desakan. Hal ini tentu sangat berefek buruk bagi tanaman tersebut. Yakni kurangnya asupan nutrisi yang bisa menyebabkan tanaman tumbuh menjadi tidak normal.

Nah, kita bisa melakukan pemisahan satu persatu anakannya. Tapi ingat ya, tunggu sampai anakannya tumbuh agak besar dulu, baru dilakukan pemisahan. Karena kalau masih terlalu kecil, kemungkinan yang terjadi adalah gagal tumbuh.

Caranya, kita bongkar media tanamnya. Lalu kita potong dengan hati-hati masing-masing akar/rimpang penghubung anakan & indukan. Terus kita tanam di pot-pot terpisah. Sudah deeh… Tinggal kita merawatnya dengan baik.

Propagasi seperti ini lebih cepat dibanding yang pertama tadi. Karena kita langsung menanam anakan yang sudah siap dan sudah jadi.

Oke sobat plantania…

Begitulah cara perbanyakan Sanseviera yang gampang & simpel. Kalau kalian memiliki tanaman ini, terutama jenis yang berdaun tinggi (Trifasciata), silakan dicoba cara yang pertama ya…

Sedangkan cara yang ke dua, bisa diaplikasikan untuk semua jenis Sanseviera, baik yang jenis tinggi maupun pendek.

Jangan biarkan Sanseviera kalian tumbuh berdesak-desakan dalam satu pot. Kasihan kan….

Selamat mencoba..

Bunga merah Kembang Sepatu
Ditanam ibu dekat jendela
Ayo lihatlah Sansevieraku
Hijau ranum memikat mata

Penulis : Dina DM