Hallo….. Apa kabar sobat plantania….? Semoga selalu sehat dan jangan lupa bahagia yaa…

Adakah di antara kalian yang memiliki tanaman hias Miana (Coleus Scutellarioides) ? Tanaman dengan begitu banyak jenisnya ini, memang termasuk tanaman yang gampang hidup, cepat tumbuh dan sangat mudah perawatan maupun propagasinya. Sehingga dari satu indukan saja, bisa menghasilkan banyak anakan-anakan baru hanya dengan cara stek batang.

Saking fast growingnya Miana ini, kalau kita lupa/malas untuk melakukan pruning (pemangkasan), maka…..sudah deh…..pasti batangnya menjadi tua & keras, terus daunnyapun berguguran satu persatu. Sehingga yang tersisa hanya daun yang ada di bagian pucuknya saja, dan tentunya sangat tidak sedap dipandang mata.
Kalau sudah begini, lantas apa yang mesti kita lakukan ? Apakah langsung dibuang saja ?
No no no…..jangan dulu !!
Kita bisa membuat Miana kesayangan yang sudah tua, kembali tampil cantik lagi dalam hitungan beberapa minggu saja.


Gimana caranya ? Replant !
Iya…..tapi gimana ? Gampang banget !


Jadi, kita potong saja batang pucuk yang tersisa sekitar 10-15cm. Lalu kita bisa tanam langsung ke media tanam di pot. Media tanam yang sesuai adalah campuran tanah kompos + sekam bakar dengan perbandingan 1:1. Ingat, untuk proses awal replant ini, jangan mencampurkan kohe/pupuk kandang ya. Pun juga jangan menambahkan pupuk apapun.
Oh ya, andai kita belum menyiapkan pot + media tanamnya, maka bisa kita tanam di media air terlebih dahulu sampai akarnya tumbuh banyak. Selalu saya ingatkan untuk propagasi pada media air, jangan menggunakan air yang berkaporit.
Nggak lama koq, sekitar 5-7 hari akar biasanya sudah bermunculan, dan kemudian bisa dipindahkan ke media tanam padat.
Sudah deh, seminggu berikutnya biasanya Miana tampak lebih segar dan siap terkena matahari langsung.

Terus batang tuanya diapain ?
Ya sudah, namanya sudah tua….kalaupun bisa bertunas lagi, pasti sudah tidak sebagus sebelumnya. Jadi kita relakan saja untuk dibuang. Karena umur Miana memang nggak panjang. Menurut artikel yang pernah saya baca, dengan perawatan paripurna, Miana bisa bertahan hidup (dengan bagus) maksimal 2 tahun saja.
Nah….makanya, sebelum Miana yang kita miliki punah tak berbekas, maka kita harus rajin melakukan replant ya sobat.


Oya, just info….
Kalau kita mau menanam, tanam ulang/replant, maupun repotting, usahakan dilakukan di pagi (banget) atau sore hari. Supaya tanaman yang baru kita tanam memiliki waktu untuk beradaptasi dengan habitat barunya, sebelum akhirnya harus berhadapan dengan pantulan cahaya matahari yang sangat beresiko tanaman menjadi layu. Juga jangan meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung ataupun di bawah naungan namun udaranya sangat panas. Jadi, pilih tempat yang benar-benar teduh & suhunya rendah. Karna tempat yang sejuk, membuat Miana yang baru kita tanam, sama sekali tidak mengalami layu daun sampai dia berakar. Dan juga, nggak butuh waktu lama, yakni kurang dari seminggu, biasanya akarnya sudah lebat.



Nah sobat plantania, itu tadi cara paling mudah membuat Miana kembali tampil muda dan cantik. Intinya, jangan malas melakukan pruning dan replant. Karna memang dengan cara seperti itu, maka Miana kita akan terbebas dari “Kutilang” alias kurus tinggi langsing….hehe..
Selamat mencoba ya…


Penulis: Dina DM