Categories Plantania Umum

Plantania #25 – Kreasi Menanam Sirih Gading di Pot

Hai…..hallo sobat plantania, apa kabar ? Semoga sehat selalu dan jangan lupa bahagia ya…


Kali ini kita akan ngobrolin tentang Sirih Gading. Tanaman daun berjuta umat ini memang banyak sekali penggemarnya. Karna memang cantik, simpel dan nggak neko-neko. Pun juga, bisa dikreasikan dengan aneka model penanaman menyesuaikan sikon tempat tinggal kita masing-masing. Itulah kenapa saya sangat suka ghibah tanaman satu ini, again n again….hehe…
Nah, ini dia di antaranya :


Pertama, menanam di pot gantung/tempel.
Sirih Gading merupakan jenis tanaman merambat. Karakternya, ketika tak ada pijakan untuk merambat, maka batangnya akan lunglai menjuntai ke bawah. Inilah yang menjadi alasan kalau Sirih Gading sangat cocok ditanam di pot gantung/tempel. Karna banyak penggemar yang sengaja memanjangkannya menjuntai ke bawah, bahkan hingga beberapa meter. Nah lho !



Kedua, menanam menggunakan tiang sulur/turus.
Jika kita menginginkan Sirih Gading terus tumbuh tinggi dan tegak, maka kita bisa memasang turus/tiang sulur di tengah pot. Fungsinya sebagai pijakan tempat tanaman merambat. Batang yang sudah memanjang bisa kita arahkan melingkar mengelilingi turus dengan cara kita ikat terlebih dahulu. Kelak akarnya akan menancap kuat pada turus, sehingga tali ikatannya bisa kita lepaskan.

Ketiga, menanam cara ‘WP’
Sirih Gading termasuk salah satu jenis tanaman anti polutan. Manfaatnya sebagai pembersih udara sekaligus penghasil oksigen, maka sangat cocok bila kita letakkan di dalam ruangan. Dia akan menyerap partikel-partikel racun di udara yang ada di sekeliling kita.

Cara yang mudah menanamnya tanpa berkotor-kotoran dengan tanah, maka kita gunakan metode ‘water propagation’. Cukup kita potong batang di antara ruas daun, lalu kita masukkan ke dalam air. Pakai air yang tidak mengandung kaporit (bisa air hujan, air sumur, air minum kemasan). Air tidak perlu sering diganti, tapi cukup menambahkannya saja jika mulai berkurang. Untuk menghindari nyamuk bersarang di situ, bisa kita masukkan bubuk abate sedikit saja. Jangan lupa juga, beberapa hari sekali untuk menaruhnya di luar ruangan supaya mendapatkan cahaya matahari.
Selain bisa mempercantik ruangan, metode WP bisa menjadi alternatif propagasi tanaman. Jadi, bila akar sudah tumbuh banyak, kita bisa pindahkan ke media tanam padat (tanah).


Keempat, menanam di pot biasa.
Intinya, ditanam di mana saja Sirih Gading ini akan tetap cantik, termasuk di pot biasa. Apalagi bila daunnya selalu segar dan rimbun. Cara paling cepat supaya terlihat rimbun, kita bisa menanam langsung beberapa anakan (dari stek batang) di dalam satu pot. Ketika tunas-tunas baru tumbuh semakin tinggi hingga melebihi lingkar pot, maka kita bisa langsung potong saja. Dengan demikian, tunas-tunas baru berikutnya akan segera bermunculan di setiap ketiak daunnya. Nah, jadilah Sirih Gading kita rimbun sesuai yang kita harapkan.


Oke sobat plantania, itu tadi ya aneka rupa penanaman Sirih Gading di pot. Kalian suka yang mana…..??

Penulis : Dina DM

Worker, Content Creator, Investor Receh

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like