Categories Plantania

Plantania #27 – Aneka Tips & Trik Bagi Kita, Pecinta Tanaman Hias (3)

Hai……sobat plantania…. apa kabar ? Masih sharing tentang tips & trik dunia pertanaman hias, langsung aja yuk disimak :

Pertama, mengurangi kadar klorin/kaporit dalam air.

Air PAM yang kita gunakan, mengandung klorin/kaporit yang terkadang tidak baik bila kita terapkan pada tanaman hias. Kalo kita jeli dan teliti dengan tanaman yang kita rawat, kita akan hafal dengan karakter masing-masing tanaman. Bisa jadi ada beberapa jenis tanaman hias yang tidak cocok bila disiram dengan air PAM. Nah, cara yang paling mudah dan tanpa biaya untuk mengurangi kadar klorin dalam air, adalah dengan mendiamkannya semalaman sebelum digunakan. Jadi, tuang air PAM dalam wadah/ember, lalu biarkan semalam, barulah kemudian digunakan untuk menyiram tanaman. Mudah bukan….?

Kedua, zat Pengatur Tumbuh (ZPT) alami.

Di tips & trik sebelumnya kita membahas tentang khasiat bawang merah sebagai ZPT organik/alami. Nah, selain bawang merah, Lidah Buaya (Aloe Vera) memiliki fungsi yang sama. Di antaranya, yakni merangsang pertumbuhan akar, terutama saat kita melakukan penanaman melalui stek batang. Jadi gini, setelah kita memotong batang (khususnya yang berbatang kayu ya ; seperti mawar, melati, bugenvil dll), kita tusukkan dulu ke dalam daun/gel lidah buaya beberapa saat. Kemudian cabut, angin-anginkan sebentar supaya lebih meresap, barulah ditanam.

Ketiga, kulit telur penyubur tanaman.

Cangkang/kulit telur mengandung kalsium bikarbonat yang sangat bermanfaat bagi tanaman. Bisa dijadikan pupuk organik yang bisa meningkatkan unsur hara pada media tanam dan juga menjaga kestabilan ph tanah.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Cuci terlebih dahulu kulit telur, lalu keringkan. Kemudian haluskan, bisa ditumbuk atau diblender. Terakhir taburkan ke media tanam.

Gimana…..jadi sayang kan kalo kulit telur dibuang begitu saja ?

Keempat, membuat pestisida alami.

Cara gampang dan murah membuat pestisida alami yaitu dengan memanfaatkan bawang putih. Bumbu dapur yang memiliki aroma menyengat ini, bisa kita gunakan untuk pestisida hama tanaman hias seperti kutu kebul (kutu putih), serangga, ulat, dll.

Caranya, ambil baput alias bawang putih 3 siung. Kemudian ulek atau haluskan. Campurkan dengan air sebanyak 1 liter, lalu aduk rata. Simpan dalam wadah tertutup selama kurang lebih 6 jam. Setelah itu saring dan masukkan ke botol spray. Siap deh disemprotkan ke tanaman hias kesayangan yang diserang hama.

Kelima, pengganti vitamin B1 cair.

Jika kita susah untuk mendapatkan vitamin B1 tanaman bentuk cair, maka kita bisa menggantinya dengan vitamin B1 bentuk pil dari IPI yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Harganya murah dan mudah mendapatkannya. Manfaatnyapun sama seperti vitamin B1 untuk tanaman.

Caranya, larutkan 3 butir vitamin B1 dengan 1 liter air. Kemudian aduk rata, barulah diaplikasikan ke tanaman. Bisa disemprotkan ke seluruh bagian tanaman, maupun dengan langsung disiramkan ke media tanam.

Ok sobat plantania, selamat mencoba ya…..

Penulis  :  Dina DM

Worker, Content Creator, Investor Receh

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like