Categories Umum

PPN Naik jadi 11% Mulai April 2022, ini daftar barang yang makin mahal!

Pemerintah akan menaikkan PPN menjadi 11% pada bulan April 2022. Kebijakan itu tertuang dalam UU Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP). Dalam beleid itu ditetapkan PPN naik dari 10% menjadi 11% mulai bulan depan dan menjadi 12% mulai 1 Januari 2025.

Kenaikan tarif pajak PPN ini tentunya akan berdampak kepada naiknya sejumlah barang yang biasa ditemui oleh masyarakat. Contohnya seperti makan di restoran yang terkena tarif pajak PPN 11% yang akan berdampak pada makanan itu sendiri.

Ekonom CORE Piter Abdullah mengatakan, saat ini bukan waktu yang tepat untuk menaikkan PPN yang akan menambah beban bagi masyarakat. Ia menilai sebaiknya kenaikan PPN dilakukan paling cepat tahun depan. “ Menurt saya begitu (ditunda dulu kenaikan PPN). Paling cepat tahun depan (dinaikan),” ujarnya kepada CNBC Indonesia (16/3/2022).

Beberapa barang yang dekat dengan masyarakat dan dipastikan naik karena PPN ini adalah :
1. Baju atau pakaian
2. Sabun
3. Tas
4. Sepatu
5. Pulsa
6. Rumah
7. Motor dan barang lainnya yang dikenakan PPN

Bagaimana menurut sobat barisandepan? Apakah kenaikan PPN ini sudah tepat dilakukan pemerintah? Comment dibawah ya!

Sumber : CNBC Indonesia

Follow @barisandepan_com

#PPN #naik #harganaik #susah #makinsusah #barangmahal #mahal #ppnnaik #april #pemerintah #berita #beritaekonomi #sulit #masasulit #covid #pandemi #masa #masasusah

Worker, Content Creator, Investor Receh

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like