Categories Review Umum

Seberapa Pentingnya Kantin di Sekolah

Saat ketika kalian atau siapapun  lapar disekolahan apa yang harus kita lakukan ? biasanya kalian akan membeli makanan di kantin. pernah nggak kalian membeli jajanan di kantin sekolahan ? jawabannya sudah pasti, pernah dong. Karena di sekolahan pasti terdapat kantin, entah itu di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas  sampai kita kuliah pun juga masih terdapat sebuah  kantin. Kelihatannya  kantin itu nggak bisa jauh dari sekolahan,  Kebayang nggak bagaimana jika tidak ada kantin di sekolahan ataupun di tempat kuliah atau kampus ? terus apa akibatnya jika tidak ada kantin disekolah

Kantin memiliki peran yang sangat  penting bagi sekolahan, oleh  karena itu , jika sekolahan tidak ada kantin bagaimanakah siswa bisa membeli makanan dan minuman saat jam istirahat, bahkan para guru pun juga sebalik nya  begitu. jadinya banyak yang keluar sekolahan lantaran untuk membeli makanan dan minuman. Kalau banyak  sebagian masyarakat sekolah yang keluar karena membeli jajanan, maka itu juga nggak baik bagi nama untuk instansi sekolah tersebut.

Kantin juga merupakan salah satu sarana dan prasarana bagi sebuah  sekolahan, sebentar, pasti banyak yang berfikir kata sarana dan prasarana selalu di hubungkan dengan tempat belajar dan fasilitas seperti alat tulis, buku, bangku, dan lain sebagainya , Kantin juga merupakan salah satu penunjang sebuah proses dalam  belajar. Ketika kalian  saat posisi lapar apakah kalian  bisa fokus dalam hal  pembelajaran, tentu tidak. oleh sebab itu di butuhkan kantin yang menjual makan dan minuman  untuk sebagai sumber tenaga kita, supaya kita bisa berkonsentrasi dan fokus dalam hal  pembelajaran lagi.

Kantin memiliki banyak dari segi macam  manfaat, antara lain. selain tempat untuk membeli makanan dan minuman, kantin bisa dibuat tempat untuk berkumpul bersama teman-taman saat jam waktu  istirahat sekolah. sehingga terciptanya rasa kekeluargaan antara warga sekolah contohnya saja sesama siswa, sesama guru, bahkan siswa dengan guru. dengan cara mengajak makan bersama di kantin, itu juga bisa mempererat tali hubungan  silaturahmi bahkan hubungan sesama warga sekolah selain itu kantin bisa di jadikan tempat hal nya diskusi. Contohnya saja diskusi antara kelompok, bahkan diskusi membahas berbagai masalahpun bisa terjadi di tempat kantin tersebut,  ada juga yang membuat kantin sebagai tempat mencari inspirasi, ketika pikiran sudah mentok akan mencari inspirasi kadang-kadang inspirasi tersebut bisa muncul ketika kita membeli jajan atau membeli air dingin untuk menyegarkan sebuah  pikiran. dan masih banyak lagi contoh manfaat sebuah  kantin.

dari sekian banyak manfaat kantin pasti ada yang menyalah gunakan kantin. Contohnya saja sebagai ajang untuk bolos sekolah pada saat pelajaran berlangsung ,  biasanya itu terjadi karena meraka nggak suka akan pelajaran yang akan  disampaikan, atau bahkan materi yang membosankan pun bisa menjadi salah satu alasan untuk membolos. ada juga yang memanfaatkan kantin sebagai tempat untuk hal nya  pacaran, duduk berdua sambil makan bareng. ada lagi biasanya kalau ada razia pasti ada yang ngumpetin hp nya dikantin. bahkan banyak siswa yang kurang baik yang menyalah gunakan kantin untuk nongkrong saat jam kosong. Karena mereka lebih suka duduk santai dan menikmati jajanan di kantin, dari pada di kelas nggak ada kerjaan. dan lebih parahnya lagi kantin di jadikan tempat pembullyan. Karena banyak kakak tingkat yang merasa dirinya harus di segani  dan di hormati , karena memiliki adek tingkat, bahkan meraka merasa hal nya  arogan dan menang sendiri dan biasanya sampai di jadikan tempat suatu  pemalakan. dan masih banyak contoh penyalahgunaan kantin. Kalau bisa jangan ditiru yaa penyalahgunaan kantin tersebut. Sekolah seharus lebih bisa memperhatikan lagi peranan kantin dengan secara  baik dan benar ,  supaya manfaat dan peranan kantin bagi sekolah bisa berkembang dan berjalan dengan hal  semestinya. Kalau bisa sekolah juga harus cepat dalam menindak lanjuti penyalah gunaan kantin dengan cara meminimalisir penyebab-penyebab penyalahgunaan kantin tersebut. Karena kantin juga merupakan sebagian dari salah satu serana dan prasarana disekolahan dan itu merupakan hal yang terpenting bagi sekolahan.

Demikian lah pengertian dan seberapa penting nya sebuah kantin di sekolah , semoga bermnafaat .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like