Categories Pengetahuan

Sederet Vaksin Penting Sebelum Menikah yang Wajib Kamu Tahu!

Vaksin sebelum menikah mungkin dianggap tidak penting, namun ini menjadi salah satu cara pencegahan untuk penyakit menular atau sebagai proteksi diri kamu dan pasangan.

Vaksin yang mungkin wajib bagi kamu lakukan namun tidak kamu lakukan, akan berakibat pada masa yang akan datang pada keturunannya.

Apa saja vaksin yang mungkin kamu perlu lakukan?

  1. Vaksin TT (Tetanus-Toksoid)

Vaksin TT ini biasanya sangat di wiajibkan bagi setiap KUA karena akan menjadi sebuah persyaratan untuk menikah. Biasanya KUA akan memberikan surat pengantar ke  puskesmas untuk vaksin TT ini, atau biasa yang disebut juga vaksin ‘catin’ atau calon pengantin.

2. Vaksin HPV (Human Papilloma Virus)

Vaksin ini dilakukan untuk perempuan agar perempuan memiliki benteng diri resiko terkenanya penyakit kanker serviks.

3. Vaksin Hepatitis B

Vaksin Hepatitis B ini dilakukan untuk membentengi diri agar tidak terkena hepatitis B yang dapat menular melalui hubungan seksual salah satunya. Sebagai pasangan suami istri tentunya hubungan seksual akan menjadi aktif dan ini akan menjadi benteng bagi perempuan.

4. Vaksin Varicella Zoster Virus (VZV)

Varicella zoster adalah virus yang menyebabkan cacar. Cacar akan sangat berbahaya bagi ibu yang hamil, karena akan berdampak pada janinya kelak yang akan dilahirkan nanti, salah satunya adalah berakibat keterbelakangan mental pada anak.

5. Vaksin Mumps, Measles dan Rubella (MMR)

Vaksin MMR ini untuk membentengi diri dari penyakit gondongan dan campak. Bagi perempuan yang sedang hamil dan terkena campak, maka bayi yang dilahirkan bisa terkena cacat fisik, gangguan pendengaran, kerusakan otak dan lainnya.

Mungkin terdengar ribet dan banyak ya, serta mengeluarkan banyak biaya. Namun, vaksin-vaksin ini bisa menjadi sangat penting bagi kalian yang memiliki faktor resiko atau ingin membentengi diri dari penyakit-penyakit yang akan diturunkan kepada anak-anak kalian nanti.

 

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like