Categories Festival Kompetisi Pensi

Seminar Nasional Kefarmasian Dan Training Skill

Kefarmasian adalah salah satu bidang studi yang terus berinovasi demi Kesehatan umat manusia. Sama dengan Ilmu Kedokteran, Kefarmasian membuat gebrakan dalam menemukan dan membuat obat salah satunya penyakit Tuberkulosis (TB). Kira-kira event apakah itu? So people, let’s talk about it!

Tuberkulosis (TB) Adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dari Mycobacterium tuberculosis, yang mempengaruhi fungsi paru-paru. Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit tertua yang diketahui mempengaruhi manusia menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Seseorang yang terinfeksi kuman Tuberkulosis tidak selalu menjadi sakit.

Beberapa minggu (2-12 minggu) setelah terinfeksi kuman akan menimbulkan respons imunitas selular yang dapat ditunjukan dengan uji tuberculin. Tuberkulosis juga dapat ditularkan kebagian tubuh lainnya, termasuk meninges, ginjal, tulang dan nodus limfa. Penyakit Tuberkulosis harus diwaspadai, tidak hanya pada orang dewasa tetapi juga anak-anak, terutama pada balita yang masih memiliki sistem imun rendah.

Respon terhadap pandemi Covid-19 ini mengharuskan adanya penyesuaian terhadap pelayanan Program Kesehatan lainnya termasuk Pelayanan Tuberkulosis yang dijalankan pada fasilitas pelayann Kesehatan. Indonesia menjadi negara dengan Kasus Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara. Dimana penderita Covid-19 dan Tuberkulosis dapat menunjukkan gejala yang sama seperti batuk, demam, dan kesulitan bernafas. Kedua penyakit ini menyerang terutama paru-paru dan kedua agen biologis tersebut menular melalui kontak erat atau kontak fisik. Dalam hal ini Kementerian Kesehatan juga menekankan Pelayanan Kesehatan untuk Pasien Tuberkulosis tidak boleh dihentikan ditengah pandemi Covid-19, karena jika terputus obat akan menjadi resisten dan terjadi penularan kepada orang lain.

Maka dari itu Himpunan Mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka mengadakan webinar Seminar Nasional dan Training Skill,”Dampak Era Pandemi Covid-19 terhadap Penderita Tuberkulosis serta Peran Farmasis dalam Penanganannya”.

Webinar ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 26 Maret 2022 dan dapat di ikuti lewat streaming via online dengan streaming via Zoom. Pengisi acara ini sendiri memiliki empat narasumber pembicara. Yang pertama ada Alibbirwin, SKM., M.Epid Dosen FIKES UHAMKA yang akan membawakan materi “Epiderniologi Tuberkulosis dalam Situasi Covid-19” yang kedua da Dr. apt. Lusi Noviani, M.M Wasekjen PP IAI dan Praktisi Farmasi RS yang akan membawakan materi “Tatalaksana Terapi dalam Farmakologi Obat Tuberkulosis”, Ketiga ada apt Lilik Yusuf Indrajaya, SE., S.Si, MBA Wasekjen PP IAI dan KOPI TB IAI yang akan membawakan “Peran dan strategi Farmasis dalam Meningkatkan Kepatuhan Obat pada Penderita Tuberkulosis” lalu terakhir ada apt. Ari Widayanti, M.Farm Dosen FFS UHAMKA yang akan membawakan materi “Back to Nature in Medicine”.

Pendaftaran webinar ini akan dibagi 2 gelombang. Gelombang pertama di buka dari tanggal 18 Maret 2022 sampai dengan 21 Maret 2022 lalu dilanjutkan ke gelombang kedua dari tanggal 22 Maret 2022 sampai dengan 25 Maret 2022. Gelombang pertama dikenakan biaya pendaftaran sebesar 35k untuk mahasiswa UHAMKA dan umum dikenakan biaya sebesar 40k. Gelombang kedua dikenakan biaya sebesar 45k untuk mahasiswa UHAMKA dan 50k untuk umum.

Pendaftaran bisa kalian lakukan dengan cara . Pembayaran bisa melalui bank BRI di nomor 008401148107500 atas nama Alya Raihani atau DANA di nomor 0895 3841 54111 atas nama Faza Fauzia. Info lebih lanjut bisa menghubungi Alya Raihani (Klik Disini) atau Faza Fauzia (Klik Disini).

Yuk Pahami Penyakit Tuberkulosis dan mencari tahu bagaimana mencegah dan menanggulanginya di webinar Seminar Nasional Kefarmasian dan Training Skill!

Bagi kalian yang ingin mendaftarkan event, pensi atau webinar di barisandepan.com, bisa banget nih! Kalian tinggal DM di Instagram kita di @barisandepan_com atau email di [email protected]. Kalian bisa menghubungi di (Klik disni). Segera daftarkan event kalian disini yaa! Karena event kalian berkesempatan untuk dibaca ratusan pembaca setiap harinya!

Kita jumpa di edisi event selanjutnya yaa! Tetap pakai masker, tetap Jaga jarak, dan tetap rajin cuci tangan sesering mungkin! Sampai jumpa!

Worker, Content Creator, Investor Receh

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like