Categories Olahraga Tips & Trik

Strategi Mudah Cara Bermain Catur Bagi Pemula

Di zaman moderen saat ini terkadang kita melupakan permainan catur dengan cara berpikir orang masing  masing , karena permainan catur adalah permainan dengan cara berpikir dan bagaimana cara memenangkan dan mengalahkan ,karena permainan catur banyak di sukai berbagai  kalangan dari anak anak sampai  dengan orang dewasa , sebab  permainan catur adalah permainan dimana saat menyerang atau bertahan ,  oleh karena itu Kalau kalian mau melakukan olahraga yang tidak membutuhkan banyak gerak, pilihlah catur dengan cara berpikir dan  Permainan catur adalah olahraga otak yang membutuhkan strategi  dalam menyerang dan bertahan dengan fokus serta  konsentrasi yang sangat  tinggi untuk membaca pergerakan lawan.

Catur dimainkan oleh dua orang , pada suatu  papan kotak-kotak berwarna hitam dan putih yang berjumlah 64. Sedangkan buah catur terdiri dari 8 pion dan 8 perwira (2 kuda, 2 gajah, 2 benteng, 1 menteri atau ratu, serta 1 raja).Cara bermain catur sangatlah mudah dan  bisa kamu pelajari secara perlahan-lahan untuk seluruh istilah dan strategi dalam permainan catur itu sendiri bisa kamu kuasai. jangan perlu khawatir, meski kamu atau kalian  pemula.

Sebelum kita memulai dan  mengetahui permainan catur alangkah baik nya kita simak yuk  panduan mudah permainan catur sebagai berikut :

Istilah Permainan Catur 

Dalam permainan catur, terdapat beberapa  istilah-istilah penggunaan taktik yang harus dimengerti dan dikuasai oleh para pemain catur. Sebelum mengetahui  beberapa cara main catur, kenali terlebih dahulu istilah untuk  permainan catur yang harus kamu ketahui.

  Double attacks. Merupakan serangan ganda, yang dilakukan pemain dengan melangkahkan beberapa  buah catur serta mengancam lebih dari satu buah catur.

  Pin. Atau bisa juga disebut ikatan, adalah kondisi  kalian saat buah catur lawan tidak bisa bergerak dengan secara terpaksa, karena mengancam buah catur lain.

  Fork. Dalam bahasa Indonesia artinya garpu, yaitu trik langkah  garpuan yang dilakukan dengan melangkahkan buah catur dengan langkah kuda, dan mengancam lebih dari dua buah catur lawan.

  Skewer. Artinya tusuk sate, yakni pemain  dapat melangkahkan buah catur sehingga mengancam lebih dari satu buah catur lawan secara vertikal, horizontal, maupun diagonal.

  Discovered attack. Taktik ini merupakan ancaman bagi  semua lawan, yang dilakukan dengan melangkahkan buah catur untuk keuntungan,  buah catur itu sendiri dan buah catur yang lainnya.

  Zugzwang. Kondisi ini terjadi ketika anda dan  pemain mau tidak mau harus melangkahkan buah catur dengan pola tertentu, meski akhirnya dapat  merugikan.

  Back rank. Menggambarkan kondisi ketika raja kalian  berada di baris belakang dan pion yang melindunginya tidak perlu  digerakkan, sehingga rawan dimatikan  untuk lawan.

  Clearance. Atau pembersihan terjadi ketika kalian pemain menggerakkan suatu buah catur sebagai persiapan  untuk melangkah buah catur lainnya. Taktik ini juga bisa dilakukan sebagai pancingan agar sebuah catur tertentu milik lawan, bergerak dari petaknya.

  Combination. Taktik kombinasi ini dilakukan untuk membuat lawan menjadi  dilema antara bereaksi terhadap langkah buat pengorbanan atau mengabaikannya. Kedua pilihan tersebut tidak menguntungkan lawan.

  En passant. Yakni menggerakkan  anatara pion dua langkah ke depan dan ada pion lawan di satu petak dalam baris tujuan. Akibatnya pion lawan bisa menangkap pion yang baru melaluinya, dan  juga menempati petak tersebut. Gerakan ini hanya dapat dilakukan setelah pion maju dua petak dan  ketika lawan kehilangan hak en passant.

  Promosi. Kondisi ini terjadi ketika pion kamu  bergerak maju hingga ke baris terakhir, pion pun ditukar dengan gajah, benteng, kuda, atau ratu.

  Skak. Skak terjadi ketika raja diserang oleh satu atau lebih beberapa  buah catur lawan. Pada keadaan saat itu  raja harus digerakkan ke posisi aman. Cara lainnya adalah menggerakkan buah catur lain di petak kosong dekat raja agar raja  benar benar aman dari serangan lawan.

  Skak Mat. Yaitu ketika posisi raja kamu sudah ‘terkunci’, sehingga setiap gerakan yang akan dilakukan, tetap akan membahayakan diri sendiri dan Permainan dianggap berakhir jika telah terjadi skak mat.

  Remis. Yang termaksud remis adalah kondisi seri ketika kedua pemain tidak mencapai tujuan menang atau skak mat.

Cara Mudah Bermain Catur

  1. Susun Papan Catur

Menyusun papan catur merupakan langkah  dalam permulaan cara bermain catur yang harus kalian  kuasai. Berikut ini beberapa  langkah-langkah menyusun papan catur yang benar:

Hadapkan  untuk papan catur dengan kotak putih di bagian ujung kanan

Susun beberapa  delapan  Pion pada kotak barisan kedua

Letakkan dua buah Benteng di sudut kiri dan kanan barisan pertama

Tempatkan untuk  dua  Kuda di sebelah benteng

Posisikan beberapa dua Gajah di sebelah kuda

Tempatkan satu  Ratu/Menteri sesuai warnanya pada kotak yang tersisa

Kotak terakhir diisi oleh satu  Raja

  1. Ketahui Pergerakan Buah Catur

Setiap buah catur memiliki beberapa  aturan dan caranya bergerak yang berbeda-beda. Pergerakan bidak catur ini juga wajib diketahui oleh para pemain catur.

Raja (King)

Buah catur Raja hanya bisa bergerak satu kotak ke segala arah dan  baik naik, turun, serta ke samping, maupun diagonal. Raja sangat berharga dan harus dilindungi, karena termasuk salah satu buah catur yang sangat lemah.

Ratu (Queen) atau Menteri

Ratu atau Menteri merupakan  beberapa buah catur terkuat dan  yang paling berguna untuk melindungi beberapa  buah, dan sering digunakan untuk serangan berganda. Ratu atau menteri mengombinasikan kekuatan gajah dan benteng, sehingga dianggap paling berharga, selain Raja dalam permainan catur.

Kuda (Knight)

Kuda merupakan beberapa buah  catur yang paling rumit, namun satu-satunya buah yang bisa melompati buah lain nya dan  Kuda unggul untuk serangan tiba-tiba dan fork.

Kuda bergerak dengan bentuk “L” yang terdiri dua kotak horizontal lalu satu kotak vertikal, atau satu kotak horizontal dan dua kotak vertikal, ke arah manapun gerakannya.

Gajah (Bishop)

Gajah biasanya unggul pada posisi terbuka. Buah catur ini hanya dapat bergerak secara diagonal, namun bisa bergerak sejauh mungkin hingga menyerang dan dapat menyulitkan.

Benteng (Rook)

Benteng memiliki bentuk seperti menara istana. untuk Buah catur yang satu ini dapat melangkah sejauh yang diinginkannya, tetapi hanya maju, mundur, dan ke samping. Benteng bisa menyerang buah yang berada di jalurnya dengan cara menyerang.

Pion (Pawn) atau Bidak

Meski Pion merupakan anak  buah catur paling dasar, namun Pion juga sangat bagus dan ideal  untuk memerangkap atau menjebak lawan – lawan, bahkan bisa menciptakan skak mat pada Raja, Pion hanya dapat melangkah satu kotak dengan langkah  ke depan, kecuali pada langkah pertama yang dapat melangkah ke depan dua kotak. Pion tidak dapat bergerak dengan langkah mundur dalam permainan catur, Pion hanya memukul buah catur lain yang ada di depannya satu petak secara diagonal. Jika ada  beberapa buah catur lain tepat di depannya, Pion tak bisa melewatinya dan  memukulnya.

  1. Lindungi Raja

Strategi pertama yang harus kamu tanamkan saat kalian  bermain catur yakni berkewajiban melindungi Raja. Tempatkan Raja ke sudut papan agar lebih aman dari serangan lawan atau musuh, Lakukan untuk  rokade secepat mungkin dan bangun benteng menggunakan beberapa  buah catur untuk mengelilinginya Raja, Pastikan juga kalian menyediakan kotak untuk melarikan diri, sebagai persiapan jika lawan kamu melakukan skak dalam melakukan penyerangan, Namun jika pada  akhirnya  permainan hanya tersisa beberapa buah catur dan pion maka kalian  pusatkanlah perlawanan dari Raja.

  1. Dominasi untuk  Bagian Pusat PapanStrategiselanjutnya yang harus kamu ingat adalah bagaimana bermain di bagian tengah atau pusat papan. Hindari dan  terlalu fokus bergerak pada bagian pinggir atau sisi papan catur .Saat kamu mendominasi bagian pusat, maka beberapa buah catur akan lebih mudah bergerak ke segala penjuru, dan lawan pun kesulitan menemukan kotak yang baik untuk buah  permainan caturnya.
    1. Jangan ‘Membuang’ Buah Catur

    Setiap buah catur memiliki beberapa  nilai masing-masing, itulah mengapa kamu tidak boleh mengorbankan sebuah catur begitu saja. Jangan pernah melepaskan buah catur secara cuma-cuma, karena semua buah catur  itu sangat berharga.

    1. Gunakan Seluruh Buah Catur

    Dalam permainan catur, kamu sebaiknya dapat menggunakan seluruh buah catur. Meski buah catur tertentu punya beberapa  kekuasaan dalam melakukan banyak skak, bukan berarti kamu mengabaikan buah catur lainnya dan Usahakan untuk menggerakkan semua perwira sehingga ada banyak sumber daya yang dapat digunakan untuk menyerang terutama melawan musuh yang mumpuni dan sangat kuat.

    1. Prediksi Langkah Lawan

    Cara permainan  catur yang sering diabaikan kalian  yaitu memprediksi langkah lawan berikutnya. Dengan begitu, kesempatan lawan untuk mengalahkan kamu makin kecil.Pergerakan setiap  langkah dan buah catur sangat berarti, karena bisa memengaruhi buah catur yang lain. Jika kamu tidak memikirkan kemungkinan yang bakal terjadi, maka lawan bisa saja menyerang kapan pun serta  buah catur yang tidak kamu lindungi.Pastikan juga kamu memiliki gerakan serangan balik. Misalnya, kamu harus menyerahkan Pion ke Gajah lawan, yang berarti kamu bisa mengambil Gajah tersebut dengan Kuda milikmu. Pengorbanan inilah yang harus direncanakan dengan tepat dan benar.

Nah Itulah beberapa  startegi dan  cara mudah bermain catur yang bisa dicoba bagi pemula. Makin banyak kamu berlatih, maka makin bertambah ilmu dan keahlianmu membaca pergerakan lawan. Kamu bisa bermain catur secara langsung atau melalui  papan permainan catur. Selamat bermain serta mencoba  dan semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like