Nokia 106

Sekarang semua orang pasti memiliki ponsel pintar atau smartphone. Dari orang tua sampai anak-anak, semuanya sudah masing-masing memegang ponsel pintarnya dimanapun mereka berada. Ponsel pintar sudah seperti komputer berjalan, dimana kita bisa berkomunikasi, internetan, bermain games, mendengar lagu dan menonton video dalam satu perangkat. Tetapi bukan berarti ponsel pintar hanya menjadi satu-satunya pilihan ponsel yang digemari masyarakat. Ponsel lainnya yang digemari adalah ponsel yang dijuluki ponsel fiture atau feature phone. Ponsel fitur merupakan ponsel yang tidak sepintar ponsel pintar, tetapi sudah memiliki kemampuan untuk mengakses internet dan memainkan musik dan sebagainya. Produk yang menandakan popularitas ponsel fitur masih ada adalah dengan dirilisnya Nokia 3310 Dual Sim tahun 2017 kemarin. Kehadirannya sangat ditunggu-tunggu karena bisa dibilang seperti comeback-nya Nokia dalam produksi ponsel fitur. Lantas, mengapa ponsel fitur ini masih digemari masyarakat, padahal sudah ada ponsel pintar yang jauh lebih baik?

  1. Nostalgia
Salahs satu contoh meme yang tersebar mengenai Nokia 3310

Jika anda adalah generasi yang sudah lahir dari tahun 90-an, anda sudah pasti tidak asing dengan model-model ponsel yang sudah ada sejak lama itu. Layar kecil dan masih memiliki tombol untuk mengetik. Dengan kemunculan ponsel pintar yang menggunakan teknologi layar sentuh, tentu saja model tersebut sudah ditinggalkan. Tetapi, bukan berarti  orang-orang tidak menginginkan lagi model ponsel lama yang memiliki kecanggihan seperti ponsel pintar. Salah satu ponsel fitur yang paling membuat nostalgia adalah ponsel Nokia 3310 yang November 2017 kemarin dirilis, terlebih Nokia 3310 terkenal berkat meme  yang membuat Nokia 3310 seolah-olah jauh lebih kuat dibanding apapun.

  1. Harga yang sangat murah
Nokia 106

Selain karena modelnya yang mengingatkan kita akan masa kecil atau masa muda kita, ternyata ponsel fitur juga  dibanderol dengan harga yang tidak terlalu tinggi dan sangat terjangkau. Untuk Nokia 106 kemarin, Nokia membanderolnya dengan harga Rp. 300.000.  Meskipun ada beberapa ponsel fitur yang memiliki harga yang mendekati satu juta, tetapi harga tersebut tidak pernah melebihi atau sama dengan harga ponsel pintar pada umumnya. Harga tersebut sangat cocok bagi mereka yang menginginkan ponsel yang sudah memiliki fitur lebih advance dari ponsel biasa  tetapi tidak serumit ponsel pintar.

  1. Ponsel Kedua
Samsung Guru Plus B110E

Sebagian besar orang yang tertarik untuk menggunakan ponsel fitur ini rata-rata sudah memiliki ponsel pintar sebagai ponsel utama mereka. Mereka ingin mencicipi kembali bagaimana ponsel fitur ini bekerja dengan teknologi yang sudah lebih baik. Biasanya mereka menggunakan ponsel fitur untuk ponsel kedua mereka atau gantinya apabila ponsel utama mereka baterainya habis. Hal ini juga dikarenakan ponsel fitur yang dikarenakan memiliki fitur tidak secanggih ponsel pintar, sehingga baterainya menjadi lebih tahan lama dibanding ponsel pintar. Sangat jarang para penggila teknologi menggunakan ponsel fitur sebagai ponsel utama mereka.

  1. Basis Pengguna

Ponsel fitur menggunakan model ponsel lawas yang popular di tahun 90-an, yang pasar nya dikuasai oleh Nokia. Kebanyakan penggunanya dari dulu adalah orang yang kebanyakan sudah berkeluarga, dan mereka biasanya tidak terlalu mengerti soal teknologi sehingga mereka lebih menyukai ponsel yang simpel dibanding fitur yang rumit yang dimiliki oleh ponsel pintar. Fitur yang dimiliki ponsel fitur ini tidak jauh berbeda dengan ponsel lawas, begitupun juga tampilan interfacenya, sehingga orang-orang sangat familiar dengannya. Kebanyakan pengguna ponsel fitur ini adalah bapak-bapak atau ibu-ibu yang usianya sudah 50 atau sudah diatas 50.

Berita sebelumyaMagnet Trap, Alat yang Sangat Dibutuhkan Oleh Industri Makanan & Minuman
Berita berikutnyaPentingnya Magnet Trap Untuk Dunia Industri