Seorang anak tengah bersalaman dengan robot.

Perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat, makin banyak produsen teknologi dunia yang berlomba-lomba menciptakan kecerdasan buatan dalam bentuk robot untuk mempermudah kegiatan manusia. Namun, apa jadinya bila pekerjaan yang selama ini lekat dengan tangan manusia tiba-tiba berganti tangan menjadi robot?

Simak 4 tanda bahwa robot siap menggeser peran manusia:

1. Maraknya penggunaan transaksi non-tunai

Beberapa tahun belakangan ini penggunaan transaksi non-tunai bisa dibilang cukup meroket, misalnya saja pada pembayaran tol sudah menggunakan transaksi non-tunai dan wajib di tol-tol Jabodetabek. Hal ini terus terang mempemudah pembayaran menjadi lebih efektif, tetapi bila demikian akan pergi kemana mantan pegawai gerbang tol? well,  mungkin mereka telah menjadi korban dari jenis robot berbentuk mesin non-tunai.

2. Kebanyakan pabrik telah mengadopsi teknologi robot

Kamu masih membayangkan kalau proses pembuatan mobil sulit nan ribet? Sekarang kebanyakan pabrik sudah mengadopsi teknologi robot untuk membantu pengerjaan sebuah barang, tak terkecuali produsen mobil yang makin hari semakin terbantu akan kehadiran robot. Pemilihan robot mungkin dilatarbelakangi oleh kinerja dari robot itu sendiri yang minim kesalahan dibanding kinerja manusia biasa.

3. Kecanggihan buatan semakin menjadi-jadi

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan memang menjadi topik hangat beberapa tahun ini, merk-merk teknologi dunia pun berlomba untuk menciptakan sesuatu yang paling mutakhir. Google misalnya, mereka berhasil membuat sebuah alat yang diberi nama Google Home. Sesuai namanya, Google Home berfungsi untuk membantu kita di rumah seperti mengingatkan pekerjaan, memainkan musik, membawakan jokes hingga membacakan resep makanan.

4. Sampai pasangan hidup pun tersedia dalam versi robot loh!

Robot tidak hanya menguasai pada sektor industri, jasa atau sebagainya, bahkan telah merambah ke dunia pernikahan. Beberapa robot berhasil diciptakan sebagai pengganti manusia untuk pasangan hidup, robot ini layaknya manusia dapat diajak untuk berbicara atau bahkan untuk melakukan hubungan suami-istri selayaknya manusia loh!

Menarik untuk diikuti perkembangan robot ini, apakah benar-benar mampu untuk menggantikan manusia? Well, hanya waktu yang dapat menjawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here