Foto Artikel Robot

Tak dipungkiri, perkembangan teknologi saat ini memberikan banyak terobosan-terobosan baru. Salah satu terobosan terbaru tersebut adalah dengan adanya robot. Jika anda sering mengunjungi situs seperti 9gag.com, anda pasti sering melihat beberapa video mengenai robot yang berjalan atau melompat layaknya manusia asli. Perusahaan yang berada dibalik pembuatan robot-robot tersebut adalah Boston Dynamics. Ternyata Boston Dynamics merupakan pemain lama dalam industri mekanik dan robotic. Beberapa robot yang mereka hasilkan merupakan hasil kerjasama antara DARPA, agensi dari departemen pertahanan Amerika Serikat yang bertanggung jawab dalam pengembangan teknologi militer.

1. BigDog

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Boston Dynamics membuat robot ini karena mereka memiliki kontrak dengan DARPA. Robot dengan berat 109 kilogram ini mampu membawa barang-barang berat yang biasanya dibawa oleh para tentara. Beban sebesar 45 kg bisa dibawa oleh robot ini. BigDog mampu mengatur bagaimana dia harus bergerak di segala kondisi jalur (bersalju, licin dan terjal) dan berjalan dengan kecepatan 45 kilometer per jam.

2. Spot dan SpotMini

Spot dan SpotMini adalah robot berkaki empat lainnya yang dibuat oleh Boston Dynamics. Ukurannya tidak sebesar dan mungkin tidak sekuat BigDog, tetapi kecepatannya lebih dari BigDog. Perbedaan SpotMini dengan saudaranya Spot adalah SpotMini ukurannya lebih kecil dan didesain untuk kantor atau rumah. Kita bahkan bisa menambahkan lengannya untuk membuat robot ini melakukan pekerjaan manusia seperti mencuci piring.

3. RHEX

Rhex adalah robot berkaki 6 yang dapat bergerak di segala bidang dan berbentuk layaknya seekor serangga. Rhex memiliki kamera pada bagian depan dan belakang tubuhnya sehingga saat terbalik, robot ini tetap dapat berjalan seperti biasa tanpa perlu membalikkan tubuhnya, itu semua juga bentuk kakinya yang melengkung seperti lingkaran.. Pembuatan robot ini didanai oleh DARPA, sama seperti BigDog.

Baca Juga:  4 Tanda Bahwa Robot Siap Menggeser Peran Manusia

4. SandFlea

Dari Namanya, kita sudah tahu robot ini pasti bentuknya kecil, layaknya kutu. Tetapi kemampuan kutu untuk melompat juga ada di dalam robot ini. Berbeda dengan robot lainnya yang dibahas di artikel ini, kaki SandFlea bukanlah berbentuk kaki melainkan roda . Robot dengan tinggi 15 cm dan berat 5 kg ini mampu mengatur sudut lompatan yang diinginkan penggunanya. Kemampuan lompatnya juga terbilang cukup tinggi, karena dia mampu melompati bangunan sebesar Alfamart!

5. Atlas

Atlas merupakan sebuah robot yang sedang dikembang Boston Dynamics sekarang ini. Canggihnya, ini adalah robot  bipedal yang menyerupai manusia dalam hal tangan dan kaki.Meskipun masih dalam tahap pengembangan, tetapi Atlas sudah menunjukkan pergerakan-pererakan yang sudah sangat alami layaknya gerakan yang dilakukan manusia. Atlas sudah dapat menghindari rintangan-rintangan yang diberikan dan dapat melakukan parkour kecil dengan gerakan yang cepat. Atlas juga dapat kembali berdiri apabila jatuh, dengan menggunakan kedua tangannya, dan apabila didorong, maka Atlas tetap bertahan untuk berdiri dengan kedua kakinya layaknya manusia. Semua itu berkat komponennya yang bekerja berdasarkan 3D Printing. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, tetapi Atlas sudah menunjukkan bahwa hasil akhirnya dapat berupa robot yang bergerak seperti manusia sungguhan.

 

Nah itulah kelima robot inovatif dan canggih buatan Boston Dynamics. Bagaimana pendapat anda?