Ilustrasi pembayaran menggunakan smartphone.

Berbagai perubahan di bidang teknologi informasi telah berkembang sangat cepat, seperti fintech (financial technology) yang baru-baru ini sedang naik daun sampai-sampai mengancam kondisi perbankan konvensional.

Bukan hanya fintech yang merasakan dampak dari perkembangan teknologi, melainkan terdapat e-Wallet di dalamnya. Apa itu e-Wallet?

Singkatnya, e-Wallet merupakan platform pembayaran digital yang memungkinkan pengguna memindahkan dompet fisik ke dompet digital atau smartphone. e-Wallet sendiri memiliki mekanisme yang mirip seperti rekening bank pada umumnya.

Di Indonesia sendiri semakin banyak bermunculan e-Wallet seperti Gopay, T-Cash, OVO atau Sakuku. Menurut riset yang dilakukan oleh MDI Ventures dan Mandiri Sekuritas Research, posisi Gopay berada pada peringkat wahid diikuti oleh T-Cash dan Paypro pada tahun 2017.

Tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan e-Wallet dapat memperlancar transaksi yang ada sekarang ini seperti tagihan bulanan, belanja hingga jajan. Poin penting dari adanya e-Wallet ini adalah menciptakan suasana aman dalam melakukan kegiatan transaksi online, dengan demikian fraud yang selama mengancam dapat diminimalisir dengan adanya e-Wallet.

Sumber Pendukung: https://id.techinasia.com/laporan-mdi-ventures-pembayaran-mobile

Baca Juga:  5 Robot Inovatif Buatan Boston Dynamics. Nomor 5 Paling Canggih!