Categories Movie Umum

The Medium (2021) : Film Horor Terbaik Tahun Ini

Sekian lama menunggu film semi found footage horror yang menarik dari Asia untuk dinikmati di bioskop, khususnya dari Asia Tenggara yang menurut saya masih relatable untuk kita masyarakat Indonesia dengan kebudayaan yang tidak berbeda jauh untuk dinikmati. Terkahir film found footage horror yang menarik dan berkesan bagi saya adalah film dari dalam negri, yaitu Keramat (2009), mungkin para pecinta film tidak asing dengan film Keramat tersebut dan akan selalu merekomendasikan ke kawan mereka yang (ngaku) movienerd, hahahah.


Wah, sebelum mereview film, saya mau sedikit cerita mengenai saat ingin menonton film the Medium ini, karena saya biasanya menonton film sendiri ke bioskop sebelumnya, kali ini saya menonton dengan teman saya, pernah juga sih dengan teman saya yang lain, tapi kali ini teman saya sama sekali seperti newbie dalam perbioskopan, atau mungkin saya yang memang terlalu focus pada film karena teman saya itu terlalu banyak nanya dan berkomentar sepanjang film ini diputar, sudahlah berisik pasangan kekasih disebelah kanan saya, ditambah lagi teman saya juga tidak kalah berisik, ingin rasanya meledak tapi saya ingat bahwa untuk menonton film ini saya dibayarin sama dia. AHAHAHAHAH

The Medium (2021) film horror semi found footage yang menyajikan sekelompok orang sedang membuat film documenter tentang perdukunan di Thailand. Mengikuti kisah Nim si dukun dari Isan daerah Utara Thailand. Nim mendapatan ilmu perdukunan tersebut dari warisan turun menurun, keluarganya menyemba dewi Ba Yan. Selama para film maker tersebut meliput kehidupan Nim sebagai seorang dukun, awalnya masih biasa saja, ya meliputi Nim yang melakukan ritual perdukunannya. Sampai suatu ketika kakak ipar Nim meninggal dunia. Mereka (kru film) dan Nim datang ke rumah kakaknya, Noi, untuk menghadiri pemakaman suaminya Noi. Di sana mereka bertemu dengan anak perempuan Noi, yaitu Mink. Prilaku Mink sangat aneh, seperti orang kerasukan.

Dimana dia suka bicara sendiri, dan pada malam setelah pemakaman ayahnya, Nim melihat Mink sedang menatap seorang wanita tua buta yang berdiri di depannya, keesokan harinya wanita itu meninggal. Awalnya, hal-hal yang dirasakan Mink itu, menurut Nim dan Noi adalah pertanda bahwa ia akan diturunkan ilmu perdukunan yang sebelumnya ditolak ibunya. Mink tidak mau menjadi dukun, tapi terus menerus kejadian aneh menerpanya, membuat Nim sebagai bibinya mencoba membantu Mink mengusir roh yang bersarang pada dirinya…. Sampai sini saya tidak ingin spoiler, apa boleh (?). Yang jelas nonton saja ke bioskop!


Film the Medium (2021) disutradari oleh Banjong Pisanthanakun yang populer dengan film-film Thailand horror yang ia buat seperti, Shutter (2004) yang dimana film tersebut dibuat versi Holywoodnya juga, Peek Ma (2013), dan Phobia seri. Selain itu, yang membuat saya penasaran adalah karena film ini kerja sama antara Thailand dan Korea Selatan, dari pihak Korea Selatan ada Na Hong Jin sebagai produser yang membuat saya terkesan dalam film The Wailling (2016) sebagai sutradara. the Medium sendiri rilis lebih awal di Korea Selatan pada bulan Juli 2021, dan menempati tiga teratas film box office di Korea Selatan tersebut.

Baik, mungkin satu jam pertama kita akan terasa bosan menurut teman saya, tapi tidak bagi saya, menurut saya diawal film, film ini seperti memberi kesempatan untuk kita bersantai-santai dengan alur yang tidak begitu mengerikan, tapi melihat cinematography yang dihadirkan membuat kita memang sedikit ngeri juga diawal dengan gaya mistis ala Thailand. Untuk jumpscare sendiri, menuurut saya tidak terlalu memorable, mungkin yang seram hanya saat kemunculan Mink di CCTV yang tiba-tiba, tapi setelah itu tidak ada kesan seperti saat saya melihat Bethesda yang nangkring di atas lemari dalam film the Conjuring (2013), membuat saya setiap malam memastikan tidak ada sosok menyeramkan di atas lemari saya sebelum saya tidur. Cerita mulai intense dan mencekam ketika para kru dalam film tersebut memutuskan untuk memasang CCTV di rumah Mink untuk mengamati aktifitas Mink yang dirasuki berbagi macam roh di tubuhnya pada saat malam hari, scence ini akan mengingatkan kita pada film Paranormal Activity yang sama sama mengambil tema film found footage.


Secara keseluruhan film sangat menarik secara cerita dimana kita akan dikenalkan dengan budaya shamanisme di Thailand. Dimana masyarakat di sana percaya akan dewa-dewi dan roh-roh yang ada, bahkan menurut kepercayaan mereka roh tidak saja pada orang yang mati tapi juga di tumbuhan dan hewan-hewan yang ada di bumi. Kita semua juga bisa menikmati film the Medium karena banyak budaya dan latar belakang yang tidak jauh berbeda antara Indonesia dan Thailand, tapi tidak seperti kebanyakan horror Asia Tenggara yang ada, mungkin film ini memberi kesan yang berbeda karena disajikan tidak hanya satu layar hantaman plot yang membuat kita ngeri dan pusing, selayaknya film the Wailing yang membuat kita mengira-ngira sebenarnya apa yang sedang terjadi pada cerita tersebut atau siapakah yang jahat dalam cerita tersebut.
ImdB sendiri memberikan rating 6.7/10 dan Rotten Tomatoes memberikan rating 83%. Saya sendiri memberi nilai 9/10 untuk film the Medium karena cerita yang sangat relatable ala ala Asia Tenggara ditambah sentuhan plot twits dari Na Hong Jin yang ciri khas seperti di film-film dia sebelumnya, tidak ada plothole . Film yang bagus memang seharusnya mengikuti kearifan lokal seperti latar belakang atau setting tempat yang ada tanpa harus membumbui sisi Holywood atau kebarat-baratannya Terlepas dari itu semua jika saya perhatikan hype yang ada di sosial media mengenai film ini juga, entah mereka melebihkan cerita atau apa, ada beberapa penonton yang merasa mual, pusing, ngeri bahkan ada yang sampai insomnia setelah menonton film ini. Saya sehabis nonton film ini justru lapar…

Kamu juga bisa melihat artikel menarik lainnya hanya di Instagram barisandepan.com

Penulis: Risa Umami

Worker, Content Creator, Investor Receh

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like