Categories Bisnis

Tips Kredit Multiguna Jaminan SHGB Tangerang

Kredit multiguna atau biasa yang disebut dengan pinjam dengan jaminan sekarang ini sudah menjadi jalan tengah yang diambil ketika seseorang membutuhkan dana cepat dalam jumlah yang banyak. Aset jaminan yang dipinjamkan pun ada banyak bentuknya mulai dari BPKB hingga sertifikat rumah. Salah satu alasan kredit multiguna banyak digunakan dikarenakan plafon atau limit pinjamannya yang tinggi. Umumnya, jumlah limit yang ditawarkan kisaran Rp. 2.000.000 – Rp. 1.000.000.000.

Salah satu jenis kredit multiguna yang bisa diajukan adalah Kredit Multiguna Jaminan SHGB Tangerang. Sesuai dengan namanya, SHGB adalah suatu hak yang didapatkan untuk menggunakan bangunan di atas sebuah lahan yang bukan miliknya sendiri dalam jangka waktu tertentu. Dalam artian, pemegang sertifikat SHGB tidak memiliki lahan melainkan hanya memiliki bangunan yang dibuat di atas lahan pinjaman tersebut.

Bagi anda yang tidak berniat tinggal di suatu tempat dalam jangka periode yang lama, bisnis properti SHGB ini sangat tepat dikarenakan jangka waktu penggunaan lahan memang panjang. Bisa 5, 10, 15, 20, hingga maksimal 30 tahun. Dan jika anda masih mau menggunakannya setelah hak guna bangunan berakhir maka sertifikat ini harus diperpanjang secara berkala.

  • Prosedur Mendapatkan SHGB
  • Setelah mengetahui pengertian SHGB, berikut tahapan-tahapan pembuatan SHGB :
  • Siapkan dokumen yang diperlukan (fotokopi identitas diri, sertifikat, girik, surat kavling, surat bukti pelepasan hak dan pelunasan tanah yang telah dibeli, PPAT, akta pelepasan hak, putusan pengadilan, surat ukur, gambar situasi dan IMB jika ada.
  • Buat permohonan, anda bisa mengajukan permohonan secara tertulis ang ditujukan kepada pihak berwenang, antara lain Kepala Kantor Pertanahan/Kepala Kanwil BPN/Kepala BPN sambil membawa dokumen yang diperlukan.
  • Pemeriksaan kelengkapan, pihak berwenang akan memerintahkan Kepala Seksi Pengukuran dan Pendaftaran Tanah untuk melakukan pengukuran jika Anda belum memiliki surat ukur.
  • Pembuatan risalah pemeriksaan tanah
  • Penerbitan surat keputusan
  • Membayar uang pemasukan
  • Pembukuan HGB
  • Penerbitan sertifikat
  • Penandatanganan sertifikat
  • Penyerahan sertifikat

Contents

Tips Mengajukan Pinjaman Kredit Multiguna

 

Mengajukan pinjaman sesuai kemampuan

Sebelum anda mengajukan kredit multiguna, ada baiknya anda melakukan simulasi pinjaman yang akan anda ajukan. Hal ini bertujuan agar anda bisa mengestimasi jumlah dana yang harus dipinjam dan waktu untuk melunasinya. Sebisa mungkin, anda gunakan dana pinjaan untuk hal yang positif seperti modal usaha yang keuntungannya bisa anda pakai untuk bayar cicilan.

Memahami syarat dan ketentuan yang berlaku

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah anda harus memahami fitur apa saja yang menjadi persyaratan dari pinjaman yang anda pilih. Anda bisa mulai belajar memahami mengenai bunga, tenor, hingga denda yang harus dibayar apabila anda telat mengembalikan cicilan. Memahami persyaratan yang berlaku artinya anda mengetahui risiko dan fasilitas yang akan anda terima sehingga nantinya anda tidak akan kaget apabila tidak berjalan sesuai dengan keinginan anda.

Memilih lembaga keuangan yang terpercaya

Yang terakhir pastikan anda memilih pinjaman melalui lembaga keuangan yang terpercaya. Hal ini bertujuan agar aset yang anda pinjamkan pun tetap terjamin keamanannya. Jadi, sebelum anda mengajukan pinjaman pastikan untuk mencari tahu apakah lembaga keuangan yang akan anda pinjam telah terdaftar di OJK atau belum.

Biaya-Biaya yang Diterapkan pada Pengajuan KMG

  • Biaya materai, yaitu biaya yang dibebankan untuk membeli materai untuk menandatangani perjanjian pinjaman sebelum dana dicairkan.
  • Biaya provisi, yaitu biaya ‘balas jasa’ yang akan dibebankan pada pemohon apabila pinjaman KMG disetujui nantinya. Biaya ini hanya dibebankan satu kali dengan kisaran nilai 1-3%. Meski demikian, terkadang ada lembaga yang tidak mengenakan biaya ini.
  • Biaya penalti, yaitu biaya yang ditagihkan kepada kreditur apabila melunasi kredit lebih cepat daripada waktu jatuh tempo.
  • Biaya asuransi, yaitu biaya yang ditagihkan kepada kreditur untuk memberikan perlindungan pada aset milik kreditur. Biaya ini tidak dibebankan kepada seluruh kreditur, melainkan hanya pada kreditur dengan nominal kredit multiguna yang besar.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Sertifikat Hak Guna Bangunan atau SHGB. Bagi anda yang ingin invetasi dalam bidang properti, jangan ragu untuk menghubungi kami. Karena kami merupakan penyedia jasa Kredit Multiguna Jaminan SHGB Tangerang yang aman dan terpercaya.

Anda akan mendapatkan kemudahan akan kebutuhan anda jika menghubungi kami, untuk itu jika anda sedang membutuhkan pinjaman dana dengan jaminan sertifikat rumah sesuai dengan kebutuhan anda, segera hubungi 0858-9268-2443, kami siap melayani 24 jam support online.

Baca Juga :

5 Tempat Pinjaman Uang Yang Mudah Dan Cepat

"Kecil Terbina, Remaja Terjaga, Muda Berkarya, Keluarga Bahagia, Tua Bersahaja"

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like