Mengantuk adalah hal lumrah yang bisa terjadi kepada siapa saja. Namun, di bulan puasa rasa kantuk menjadi semakin besar. Hal tersebut tentunya tidak baik terutama bagi pekerja kantoran untuk mengantuk di kantor. Ini disebabkan Pola tidur tentunya berubah ketika memasuki bulan puasa. Sebelum memulai aktivitas yang padat di kantor, Anda diharuskan sahur terlebih dahulu, mempersiapkan beragam hal di rumah, hingga akhirnya kembali ke tempat bekerja.

Kondisi ini tidak dapat dipungkiri membuat rasa kantuk sulit untuk ditahan meski pekerjaan sedang menumpuk. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kantuk saat di kantor.

Apa saja cara tersebut? Berikut 5 cara mencegah kantuk di kantor selama puasa :

  1. Tidur Lebih Awal

Cara yang pertama untuk mencegah kantuk di kantor adalah dengan tidur lebih awal. Anda harus bisa mengatur waktu yang tepat untuk jam tidur anda. Gunakan waktumu ketika dirumah untuk beristirahat. Jangan minum kafein dan main gadget berlebihan supaya Anda dapat cepat mengantuk dan tidur lebih awal.

  1. ‘Mencuri’ Waktu Tidur

Cara yang kedua adalah mencuri waktu tidur. Maksudnya adalah di setiap waktu senggang bisa kamu gunakan untuk tidur. Seperti, Usai sahur atau ketika tengah di perjalanan memakai kendaraan umum, kamu bisa manfaatkan waktu tersebut untuk tidur. Saat istirahat atau waktu shalat di kantor, Anda juga dapat memanfaatkan waktu untuk power nap.

  1. Jangan Makan Terlalu Banyak

Yang biasa dilakukan orang pada umumnya yaitu makan terlalu banyak. Makan yang terlalu banyak dapat membuat Anda cepat mengantuk, jadi lebih baik makanlah secukupnya. Tetapi Jangan lupa untuk memastikan nutrisi Anda telah terpenuhi. Jadi anda bisa tetap kenyang namun tidak makan terlalu banyak.

  1. Tetap Bekerja
Baca Juga:  6 Makanan Yang Bisa Bikin Orang Mudah Ngantuk

Ketika anda sedang bekerja janganlah menunda pekerjaan anda. Dengan menunda pekerjaan, akan membuat pekerjaan menumpuk dan membuat anda kian lelah. Sibukkan diri dan tetap produktif agar rasa kantuk dapat teralihkan dan hilang.

  1. Cuci Muka

Cuci muka adalah cara umum yang bisa anda lakukan ketika mengantuk di kantor. Anda dapat cuci muka saat bersiap salat. Sambil wudhu sekaligus menghilangkan kantuk. Cara ini dapat membantu mencegah kantuk berlebih datang.